Pengaruh Dukungan Keluarga, Konsep Diri Akademik dan Regulasi Diri terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa UPPJB-UT Makassar (Studi Pada Mahasiswa Pendas Pokjar Tana Toraja)

  • Burhan Burhan Universitas Terbuka
  • Ahmad Sigit Universitas Terbuka
  • Muh. Alwi Universitas Terbuka
Keywords: Family support, Self concept, Self regulation, Achievment motivation, ex post facto

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh dukungan keluarga, konsep diri akademik dan regulasi diri terhadap motivasi berprestasi mahasiswa di Pokjar Tana Toraja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto dengan Teknik pengumpulan data melalui angket. Populasinya adalah mahasiswa PGSD Pokjar Tana Toraja berjumlah 457 mahasiswa. Teknik penyampelan yang digunakan adalah random sampling sehingga diperoleh sebanyak 164 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis dan uji inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dukungan keluarga memberikan pengaruh sebesar 2,9% terhadap motivasi berprestasi mahasiswa; (2) konsep diri akademik memberikan pengaruh sebesar 20,5% terhadap motivasi berprestasi mahasiswa; (3) regulasi diri memberikan pengaruh sebesar 55,6% terhadap motivasi berprestasi mahasiswa; (4) dukungan keluarga, konsep diri akademik, dan regulasi diri secara simultan memberikan pengaruh sebesar 62,2% terhadap motivasi berprestasi dan sisanya 37,8%

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Blood, Rebecca A.C. 2012. The Relationship among Self-Regulation, executive functioning, coping resources and symtomatology following a traumatic event. Dissertation: The College of Education Georgia State University.

Fadilah, A. N., Tayeb, T., Nur, F., Suharti, S., & Sriyanti, A. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Regulasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. JIPMat, 6(1), 100-115.

Friedman, M. 2010. Buku Ajar Keperawatan keluarga: Riset, Teori, dan Praktek. Edisi ke-5. Jakarta: EGC.

Ghufron, M. Nur, dan Rini Risnawita S. 2010. Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hurlock, Elizabeth B. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Kusmaladewi, K., & Zaidin, M. A. (2021). Kompetensi Profesional dan Keterampilan Dasar Tutorial Tutor. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(1), 60-67.

Lince, R., & Zaidin, M. A. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Daya Tahan Kuliah Di Universitas Terbuka. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(3), 692-706.

Lisya, Chairan, dan Subandi. 2010. Psikologi Santri Penghafal Al-Qur‟an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muti’ah, Nur. 2013. “Peran Belajar Berdasar Regulasi Diri, Dukungan Sosial Keluarga Dan Efikasi Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik.”

Nurillah, A. H., & Chusairi, A. (2018). Pengaruh Regulasi Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Penerima Bantuan Bidikmisi di Universitas Airlangga. INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental, 3(2), 62-72.

Santrock, Jhon. W. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Setiadi. 2008. Diktat Psikologi Abnormal. Yogyakarta: Nuha Medika.

Slavin, Robert E. 2011. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Wati, L. (2021). Regulasi Diri dan Konformitas Terhadap Prokrastinasi Akademik. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(3), 608-615.

Zaidin, M. A., Lince, R., Halim, P., & Kusmaladewi, K. (2021). Kualitas Tutorial Tatap Muka Mahasiswa Non Pendidikan Dasar Universitas Terbuka. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(2), 144-154.

Zaidin, M. A., & Karumpa, A. (2021). The Tutor and Tutor Competency with Students Writing Skills. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(3), 156-164.

Published
14-03-2022
How to Cite
Burhan, B., Sigit, A., & Alwi, M. (2022). Pengaruh Dukungan Keluarga, Konsep Diri Akademik dan Regulasi Diri terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa UPPJB-UT Makassar (Studi Pada Mahasiswa Pendas Pokjar Tana Toraja). Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(1), 69-83. https://doi.org/10.30605/cjpe.512022.1591
Section
Articles