Pengaruh Self Regulation Learning dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Melalui Fasilitas Belajar di UPBJJ Univesitas Terbuka Makassar Pokjar Kabupaten Wajo
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh self regulation learning terhadap hasil belajar di UPBJJ-UT Pokjar Kabupaten Wajo. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenisnya adalah penelitian korelasional dengan rancangan ex-post facto. Teknik pengumpulan data yaitu melalui angket. Populasinya adalah mahasiswa Universitas Terbuka Pokjar Wajo yang terdaftar tahun ajaran 2019.2/2020.1 yang berjumlah 280 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah random sampling sehingga diperoleh sebanyak 132 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji persyaratan adalah analisis jalur dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) self regulation learning berpengaruh terhadap hasil belajar Mahasiswa; (2) self regulation learning berpengaruh terhadap hasil belajar melalui fasilitas belajar Mahasiswa; (3) efikasi diri berpengaruh terhadap hasil belajar Mahasiswa; (4) Efikasi diri berpengaruh terhadap hasil belajar melalui fasilitas belajar Mahasiswa; (5) fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar Mahasiswa di UPBJJ-UT Pokjar Kabupaten Wajo.
Downloads
Metrics
References
Adicondro, Nobelina, & Alfi Purnamasari. (2011). Efikasi diri, dukungan sosial keluarga dan self regulated learning pada siswa kelas VIII. Universitas Ahmad Dahlan.
Azmi, Shofiyatul. (2016). “Self Regulated Learning Salah Satu Modal Kesuksesan Belajar dan Mengajar.” dalam Vol. 18.
Bandura, Albert. (2010). “Self‐efficacy.” The Corsini encyclopedia of psychology 1–3.
Çetin, Barış. (2017). “Metacognition and self-regulated learning in predicting university students’ academic achievement in Turkey.” Journal of Education and Training Studies 5(4):132–38.
Dalyono M,. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta, Rineka Cipta.
Fasikhah, Siti Suminarti dan Siti Fatimah. (2013). “Self-regulated learning (SRL) dalam meningkatkan prestasi akademik pada mahasiswa.” Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan 1(1):145–55.
Ghufron, M. Nur, & Rini, Risnawita. (2010). “Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Arruz Media. Handayani, SriWiroro Retno Indah dan Suharman. 2012. Konsep Diri, Stress, dan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa.” Jurnal Psikologi Indonesia 1(2).
Gunada, I. Wayan, Hairunnisyah Sahidu, dan Sutrio Sutrio. (2017). “Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah mahasiswa.” Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 1(1):38–46.
Isnaini, Mutmainah, Dewi Kusuma Wardan & Leny Noviani. (2016). “Pengaruh kompetensi dosen dan fasilitas belajar terhadap kepuasan mahasiswa pendidikan ekonomi fkip uns.” Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi 1(2).
Khusnul Khotimah (2016). Pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar di tinjjauh dari aktifitas belajar. Tiga Serangkai, Semarang.
Kurniawan, Budi, Ono Wiharna, dan Tatang Permana. (2017). “Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif.” Journal of Mechanical Engineering Education 4(2):156–62.
Mahmudi, Moh Hadi & Suroso Suroso. (2014). “Efikasi Diri, Dukungan Sosial dan Penyesuaian Diri Dalam Belajar.” Persona: Jurnal Psikologi Indonesia 3(02).
Mutakin, Tatan Zaenal. (2015). “Analisis Kesulitan Belajar Kalkulus 1 Mahasiswa Teknik Informatika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 3(1).
Nurfitriyani, Maya. (2015). “Pengaruh Kreativitas dan Kedisiplinan Mahasiswa terhadap Hasil Belajar Kalkulus.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 4(3).
Putra, I. Komang Mahayana dan Nyoman Kerti Yasa. (2017). “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa, Citra, dan Positive Word of Mouth Politeknik Negeri Bali.” Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan 11(1), 90.
Sisdiknas(2003) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara, Jakarta.
Surya, Mohamad. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung, Pustaka Bani Quraisy.
The, Liang Gie. (2004). Cara Belajar Yang Baik Bagi Mahasiswa. Yogyakarta, Gajah Mada University Press.
Widjaya. (1994). Sarana Pendidikan. Tarsito, Bandung.
Widyaninggar, Anggi Ajeng. (2015). “Pengaruh efikasi diri dan lokus kendali (locus of control) terhadap prestasi belajar matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 4(2).
Wijaya, & Intan Prastihastari. (2012). “Efikasi diri akademik, dukungan sosial orangtua dan penyesuaian diri mahasiswa dalam perkuliahan.” Persona: Jurnal Psikologi Indonesia 1(1).
Copyright (c) 2022 Basmi Basmi, Burhan, Ahmad Sigit, Subirman Musa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.