Pengaruh Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan Teknik Tutor Sebaya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 135 Binano
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe numbered heads together dengan teknik tutor sebaya terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa kelas V SDN 135 Binano. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan satuan eksperimen yang dilakukan pada kelas V SDN 135 Binano. Penentuan satuan eksperimen dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen pada penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah, angket motivasi belajar, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis inferensial dan kriteria pengaruh. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebelum pembelajaran dengan model kooperatif tipe Numbered Head Together dengan teknik tutor sebaya berada pada kategori rendah, (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika setelah pembelajaran dengan model kooperatif tipe Numbered Head Together dengan teknik tutor sebaya berada pada kategori baik, (3) Motivasi belajar matematika siswa sebelum pembelajaran berada pada kategori sedang, (4) Motivasi belajar matematika setelah pembelajaran berada pada kategori tinggi, (5) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika, dan (6) Terdapat perbedaan motivasi belajar matematika setelah pembelajaran.
Downloads
Metrics
References
Alie, N. H. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X2 SMAN 3 Gorontalo Pada Materi Jarak Pada Bangun Ruang. Jurnal Entropi, VII (1), 583–592.
Firdaus, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2), 93–99.
Ilyas, M. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.
Pangerti, B. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Motivasi Belajar, Minat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Kelas XI Ilmu Alam Dan Model Sorong. Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(1), 30–49.
Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: ALFABETA.
Sari, R. Y., Saputra, H. J., & Azizah, M. (2019). Penerapan Model Numbered Heads Together Berbantu Dakonmatika Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 51–56.
Setiawan, A. (2008). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis Tidak Diterbitkan, Bandung (Universitas Pendidikan Indonesia Bandung).
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Susilo, Y., & Khabibah, S. (2013). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) materi Ajar Perbandingan Dan. MATHEdunesa, 2(2).
Zahroh, E. N. (2019). Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung. Skripsi: Iain Tulungagung.
Copyright (c) 2021 Sujarwati Sujarwati, Muhammad Ilyas, Nurdin Nurdin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.