Pengembangan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa dan Alumni

  • Ma'rufi Ma'rufi Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Muhammad Ilyas Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Aswar Anas
  • Reski Yusrini Islamiah Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: kewirausahaan, warpen, tenant, mahasiswa, Alumni

Abstract

Kewirausahaan bagi kalangan mahasiswa belum menjadi sesuatu yang menarik perhatian sebahagian besar mahasiswa, termasuk di Universitas Cokroaminoto Palopo. Berbagai cara untuk memotivasi mahasiswa agar tertarik untuk berwirausaha telah dilakukan antara lain melalui mata kuliah kewirausahaan, program kreativitas mahasiswa, pelibatan dalam kegiatan pengabdian dosen, namun hasilnya belum optimal karena pembinaan yang belum terintegrasi dan berkelanjutan. Fakta tersebut yang melatarbelakangi pengembangan kewirausahaan bagi mahasiswa dan alumni yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi. Pengembangan Kewirausahaan di Universitas Cokroaminoo Palopo, khususnya di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan merupakan program kewirausahaan multi tahun yang berakhir tahun 2020. Metode yang digunakan untuk pengembangan kewirausahaan yaitu pelatihan, pendampingan, konsultasi bisnis, dan kegiatan-kegiatan yang dapat memberikan motivasi kepada tenant seperti sarasehan dunia usaha dan webinar kewirausahaan. Tim pelaksana melakukan sosialisasi program kepada mahasiswa  dan alumni sebelum dilaksanakan seleksi tenant. Kegiatan pembinaan yang telah dilakukan yaitu pelatihan kewirausahaan, pendampingnan penyusunan business plan, pengurusan izin  usaha dan kekayaan Intelektual, pengelolaan keuangan berbasis teknologi,  dan konsultasi bisnis. Hasil pelaksanaan pengembangan kewirausahaan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo sudah terlaksana sesuai dengan program dan target yang ingin dicapai. Pengembangan kewirausahaan berdimensi inovasi kreasi bisnis yang mengsinergikan dunia usaha dengan dunia pendidikan menggunakan teknik Warung Pendidikan disingkat Warpen. Selama tiga tahun telah dihasilkan enambelas wirausaha baru. Bidang usaha tenant tahun pertama yaitu Warpen Aksesoris, Warpen Dekorasi, Warpen Bimbingan Belajar, Warpen Analisis Data, dan Warpen Desain. Bidang usaha  pada tahun kedua yaitu Warpen Tata Rias, Warpen Miniatur, Warpen Kuliner, Warpen Senam, Warpen Tekstil dan Warpen Literasi. Bidang usaha tahun ketiga yaitu Warpen Tanaman Hias, Warpen Muslimah, Warpen Printing, Warpen Antik, dan Warpen Translater.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Gorman, G., D. Hanlon, dan W. King, 1997. “Entrepreneurship education: the Australian perspective for the nineties”. Journal of Small Business Education 9: 1-14.
Hadiyati, E. (2010). Kajian Pendekatan Pemasaran Kewirausahaan dan Kinerja Penjualan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 11(2), 183-192.
Honig, B., & Karlsson, T. (2004). Institutional forces and the written business plan. Journal of management, 30(1), 29-48.
Hultman, Miles, Morgan, 2008. The Evaluation and Development of Entrepreneurial Marketing. Journl of Small Business management, Vol46, Issue 1, P99-112
Indarti, N., & Rostiani, R. (2008). Intensi kewirausahaan mahasiswa: Studi perbandingan antara Indonesia, Jepang dan Norwegia. Journal of Indonesian Economy and Business, 23(4), 369-384
Kourilsky, M. L. dan W. B. Walstad, 1998. Entrepreneurship and female youth: knowledge, attitude, gender differences, and educational practices”. Journal of Business Venturing 13 (1): 77-88.
Lifang, L. (2012). The Investigation and Analysis of Chinese University 6WXGHQWV¶_ &XUUHQW_ 6LWXDWLRQ_ RI_ Entrepreneurship and the Countermeasures--The Reflection from a Special Investigation in Pearl Delta in China. International Education Studies. Vol. 5, No. 2, 105±112.
Malach, S. E., & Malach, R. L. (2014). Start Your Own Business Assignment in the Context of Experiential Entrepreneurship Education. Journal of Higher Education Outreach and Engagement. Vol. 18, No. 1, 169±186.
Othman, N., & Nasrudin, N. (2016). Entrepreneurship Education Programs in Malaysian Polytechnics. Education & Training. Vol. 58, 882±898. https://doi.org/10.1108/ET-11-2014-0136.
Puspitaningtyas, Z. (2017). Manfaat Literasi Keuangan Bagi Business Sustainability.
Siswoyo, B. B. (2009). Pengembangan jiwa kewirausahaan di kalangan dosen dan mahasiswa. Jurnal ekonomi bisnis, 14(2), 35-45.
Tata Sutabri, K. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia.
Wells, L. E., Farley, H., & Armstrong, G. A. (2007). The importance of packaging design for own-label food brands. International Journal of Retail & Distribution Management, 35(9), 677-690.
Published
12-12-2020
How to Cite
Ma’rufi, M., Ilyas, M., Anas, A., & Islamiah, R. Y. (2020). Pengembangan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa dan Alumni. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 1-12. Retrieved from https://e-journal.my.id/atjpm/article/view/424

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>