TINJAUAN TEORITIS TENTANG PENDEKATAN STEM BERBASIS ETNOMATEMATIKA

  • Winahyu MIN Pangkajene Kepulauan
  • Ma'rufi Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Muhammad Ilyas Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: STEM, Etnomatematika

Abstract

Era revolusi 4.0 tidak hanya mempengaruhi bisnis, tata kelola, dan masyarakat, tetapi juga mempengaruhi pendidikan. Isu penting pendidikan di era ini salah satunya adalah STEM. Selain itu, dalam pendidikan matematika, etnomatematika juga merupakan kajian yang baru. Dalam pembelajaran STEM peserta didik terlibat dalam eksplorasi STEM melalui pengalaman kreatif langsung. Sementara etnomatematika membantu peserta didik mengaitkan matematika di sekolah dengan dunia nyata dengan menggunakan budaya sebagai media pembelajaran. Pada artikel ini dikaji tentang pendekatan STEM berbasis etnomatematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Anggraini, F. I., & Huzaifah, S. (2017). Implementasi STEM dalam pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. Seminar Nasional Pendidikan IPA, 1(1): 722–731.
Fajriyah, Euis. 2018. Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. Jurnal Prisma 1: 114-119
Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. 2017. Pengembangan Buku Peserta didik Materi Jarak Pada Ruang Dimensi Tiga Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Problem-Based Learning di Kelas X. Jurnal Elemen, 3(1): 1–14
Pathuddin & Raehana. 2019. Etnomatematika: Makanan Tradisional Bugis Sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(2): 307-328
Permanasari, Anna. (2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS): 23-34.
Rakhmawati M, Rosida. (2016). Aktivitas Matematika Berbasis Budaya pada Masyarakat Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika. 7(2): 221-230.
Ricardo, R. 2016. Peran Etnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika pada Kurikulum 2013. Jurnal Literasi, 2(2) : 118 – 125.
Sari, R. H. (2017). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Stem Terhadap Persepsi, Sikap, dan Kreativitas Peserta didik. Prosiding Seminar Nasional MIPA III,(1): 416–420.
Published
28-02-2020
How to Cite
Winahyu, Ma’rufi, & Ilyas, M. (2020). TINJAUAN TEORITIS TENTANG PENDEKATAN STEM BERBASIS ETNOMATEMATIKA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 73-76. Retrieved from https://e-journal.my.id/proximal/article/view/330

Most read articles by the same author(s)