META-ANALISIS : MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5931

Authors

  • Nur Azwah Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Nurdin Nurdin Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Hafsyah Hafsyah Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Putriyani S Putriyani S Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Suarti Djafar Universitas Muhammadiyah Enrekang

Keywords:

Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Pemecahan Masalah, Pembelajaran Matematika

Abstract

Pembelajaran matematika sering dianggap menantang oleh peserta didik karena kompleksitas materi dan rendahnya keterampilan dasar. Salah satu model pembelajaran yang berkembang untuk mengatasi masalah ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), yang berfokus pada pemecahan masalah nyata guna meningkatkan pemahaman konseptual dan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika melalui  pendekatan meta-analisis. Data dikumpulkan dari 10 artikel penelitian yang diterbitkan antara tahun 2019 hingga 2024, mencakup berbagai jenjang pendidikan dari SD hingga perguruan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Effect Size, yang terbagi dalam tiga kategori yaitu sedang, besar dan sangat besar yang menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Selain itu, hasil perhitungan uji dua mean didapatkan bahwa  = 12,225 >  = 1,96 maka H₀ ditolak. Artinya, mean hasil pembelajaran pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) sangat relevan dan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika, khususnya dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anam, K., Sudarwo, R., & Wiradharma, G. (2020). Application of the Problem Based Learning Model to Communication Skills and Mathematical Problem Solving Skills in Junior High School Students. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 4(2), 155. https://doi.org/10.31764/jtam.v4i2.2553
Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem-Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.789
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2022). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. Diffraction, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416
Astini Ni, W., & Rini Purwati, N. . (2020). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Emasains, IX(1), 1–8.
Hendra, H. (2021). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III, IV dan V Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 129–140.

Downloads

Published

2025-06-05

How to Cite

Nur Azwah, Nurdin, N., Hafsyah, H., Putriyani S, P. S., & Djafar, S. (2025). META-ANALISIS : MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 482–500. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5931