EKSPLORASI KECEMASAN MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK DI BERBAGAI JENJANG PENDIDIKAN: PERSPEKTIF GENDER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7033

Authors

  • Nurdin Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Elzi Amilia Hasma Universitas Muhammadiyah Enrekang

Keywords:

kecemasan matematika, gender, jenjang pendidikan, pembelajaran matematika.

Abstract

Kecemasan matematika merupakan salah satu hambatan afektif yang signifikan dalam proses pembelajaran, yang dapat memengaruhi motivasi, prestasi akademik, dan kepercayaan diri peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bentuk-bentuk kecemasan matematika yang dialami oleh peserta didik dari berbagai jenjang pendidikan—dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi—dengan meninjau peran gender sebagai salah satu faktor yang memengaruhi pengalaman tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi literatur terhadap 30 artikel ilmiah terbitan tahun 2016 hingga 2025. Hasil analisis menunjukkan bahwa kecemasan matematika disebabkan oleh faktor internal (rendahnya self-efficacy, ketidakpercayaan diri) dan eksternal (gaya mengajar, tekanan ujian, lingkungan belajar). Temuan juga menunjukkan bahwa peserta didik perempuan cenderung memiliki tingkat kecemasan lebih tinggi dibandingkan laki-laki, meskipun tidak selalu signifikan. Selain itu, kecemasan matematika berdampak pada kemampuan berpikir kritis, pemahaman konsep, dan hasil belajar. Untuk mengatasinya, berbagai strategi seperti pembelajaran berbasis masalah, penguatan konsep, serta dukungan sosial-emosional dari guru dan orang tua sangat dianjurkan. Kajian ini menyimpulkan bahwa kecemasan matematika perlu ditangani secara holistik dan adaptif agar tercipta lingkungan pembelajaran yang lebih inklusif dan responsif terhadap kebutuhan peserta didik lintas gender dan jenjang pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliani, L., Mulyani, E., & Yulianto, E. (2024). Profil kecemasan matematis siswa SMP ditinjau dari gender. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika.

Asari, I., Rustam, & Ginting, S. S. B. (2023). Analisis gender tentang math anxiety pada siswa SMP Negeri 14 Medan. RELEVAN: Jurnal Pendidikan Matematika.

Dzulfikar, A. (2016). Kecemasan matematika pada mahasiswa calon guru matematika. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika.

Hartati, P., Saputra, E., Danim, S., Susanta, A., Yensy, N. A., & Yanti, F. A. (2024). Kecemasan matematika dan pencapaian akademik siswa: Tinjauan literatur sistematis. Jurnal Konseling dan Pendidikan.

Hendriana, B., Hadi, W., & Handayani, I. (2022). Kecemasan belajar matematika mahasiswa terhadap pembelajaran online di masa pandemi Covid-19. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika).

Ismail, H. S., & Zulkarnaen, R. (2023). Korelasi antara kemampuan pemahaman konsep matematis dengan kecemasan matematis. Jurnal Educatio FKIP UNMA.

Istifadah, Z., Nuryadi, & Saadah, F. N. (2020). Tingkat kecemasan mahasiswa dalam belajar teori statistika inferensial. Jurnal Pendidikan Matematika.

Izzati, G. N., Waluya, S. B., & Mastur, Z. (2021). Kemampuan berpikir divergen ditinjau dari math anxiety dan gender pada pembelajaran matematika.

Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika.

Jayantika, I. G. A. N. T. (2020). Kecemasan matematis dilihat dari perbedaan gender. KMahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika (MAHASENDIKA).

Julya, D., & Dewi Nur, I. R. (2022). Studi literatur mengenai kecemasan matematis terhadap pembelajaran matematika. Jurnal Didactical Mathematics.

Kusmaryono, I., & Ulia, N. (2020). Interaksi gaya mengajar dan konten matematika sebagai faktor penentu kecemasan matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika.

Laily, N., & Budi Lestari, A. S. (2024). Studi literatur: Analisis kecemasan siswa pada pembelajaran matematika. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika.

Miatun, A., & Ulfah, S. (2023). The limited face-to-face learning implementation: Gender and math anxiety towards mathematical conceptual understanding. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika.

Mu’afi, Y. N., Suryadi, D., & Nurjanah. (2025). Analisis kecemasan siswa pada pembelajaran matematika: Systematic Literature Review. Jurnal Ikatan Keluarga Alumni Undiksha.

Mulyana, A., Senajaya, A. J., & Ismunandar, D. (2021). Indikator-indikator kecemasan belajar matematika daring di era pandemik COVID-19 menurut perspektif siswa SMA kelas X. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika.

Nanna, A. W. I. (2021). Profil perbedaan level mathematics anxiety mahasiswa calon guru sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo).

Nisa, L. C., Sulistyaningsih, D., & Purnomo, E. A. (2025). Systematic literature review: Kecemasan matematika siswa terhadap kemampuan berpikir kritis. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan).

Nofrialdi, I., Maison, & Muslim. (2018). Tingkat kecemasan matematika siswa SMAN 2 Kerinci kelas X MIA sebelum menghadapi tes matematika berdasarkan gender dan hubungannya dengan hasil belajar. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika.

Nurjanah, I., & Alyani, F. (2021). Kecemasan matematika siswa sekolah menengah pada pembelajaran matematika dalam jaringan. Jurnal Elemen.

Purwanto, W. R., Sukestiyarno, Y. L., & Junaedi, I. (2019). Proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari perspektif gender. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Rawa, N. R., & Yasa, P. A. E. M. (2019). Kecemasan matematika pada mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. Journal of Education Technology.

Rizta, A., & Antar, L. (2019). Tingkat mathematics anxiety pada mahasiswa calon guru matematika. Jurnal Pendidikan Matematika.

Safitri, A. D., & Warm, A. (2023). Kecemasan peserta didik dalam mata pelajaran matematika di kelas XI SMK Putra Sena. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Sausan, T., Farlina, E., & Suhendar, A. M. (2023). Analisis tingkat kecemasan matematika mahasiswa belajar geometri dasar. Jurnal Perspektif.

Sholikhah, H., Bi Alfi, I. R., Septiyani, N. F., & Ihsani, T. S. (2022). Mathematics anxiety (MA) pada mahasiswa calon guru matematika. Journal of Mathematics Learning Innovation (JMLI).

Sutomo, W. A. B., & Juandi, D. (2023). Systematic literature review untuk identifikasi kecemasan matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika. Journal on Mathematics Education Research.

Usman, N., & Widyastuti. (2022). Differences in mathematics anxiety in view of gender in upper grade elementary school students in Sidoarjo.

Utami, N. S., & Fuadiah, N. F. (2018). Tingkat kecemasan dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika.

Wahyuni, I. (2021). Mengatasi kecemasan matematika pada calon guru matematika. Indonesian Journal of Education and Humanity.

Yuberta, K. R., Setiawati, W., & Kurnia, L. (2019). Pengaruh math anxiety terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan gender.

AGENDA: Jurnal Analisis Gender dan Agama.

Downloads

Published

2025-10-08

How to Cite

Nurdin, N., & Amilia Hasma, E. (2025). EKSPLORASI KECEMASAN MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK DI BERBAGAI JENJANG PENDIDIKAN: PERSPEKTIF GENDER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1355–1374. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7033