EKSPLORASI KECEMASAN MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK DI BERBAGAI JENJANG PENDIDIKAN: PERSPEKTIF GENDER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7033
Keywords:
kecemasan matematika, gender, jenjang pendidikan, pembelajaran matematika.Abstract
Kecemasan matematika merupakan salah satu hambatan afektif yang signifikan dalam proses pembelajaran, yang dapat memengaruhi motivasi, prestasi akademik, dan kepercayaan diri peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bentuk-bentuk kecemasan matematika yang dialami oleh peserta didik dari berbagai jenjang pendidikan—dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi—dengan meninjau peran gender sebagai salah satu faktor yang memengaruhi pengalaman tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi literatur terhadap 30 artikel ilmiah terbitan tahun 2016 hingga 2025. Hasil analisis menunjukkan bahwa kecemasan matematika disebabkan oleh faktor internal (rendahnya self-efficacy, ketidakpercayaan diri) dan eksternal (gaya mengajar, tekanan ujian, lingkungan belajar). Temuan juga menunjukkan bahwa peserta didik perempuan cenderung memiliki tingkat kecemasan lebih tinggi dibandingkan laki-laki, meskipun tidak selalu signifikan. Selain itu, kecemasan matematika berdampak pada kemampuan berpikir kritis, pemahaman konsep, dan hasil belajar. Untuk mengatasinya, berbagai strategi seperti pembelajaran berbasis masalah, penguatan konsep, serta dukungan sosial-emosional dari guru dan orang tua sangat dianjurkan. Kajian ini menyimpulkan bahwa kecemasan matematika perlu ditangani secara holistik dan adaptif agar tercipta lingkungan pembelajaran yang lebih inklusif dan responsif terhadap kebutuhan peserta didik lintas gender dan jenjang pendidikan.
Downloads
References
Apriliani, L., Mulyani, E., & Yulianto, E. (2024). Profil kecemasan matematis siswa SMP ditinjau dari gender. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika.
Asari, I., Rustam, & Ginting, S. S. B. (2023). Analisis gender tentang math anxiety pada siswa SMP Negeri 14 Medan. RELEVAN: Jurnal Pendidikan Matematika.
Dzulfikar, A. (2016). Kecemasan matematika pada mahasiswa calon guru matematika. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika.
Hartati, P., Saputra, E., Danim, S., Susanta, A., Yensy, N. A., & Yanti, F. A. (2024). Kecemasan matematika dan pencapaian akademik siswa: Tinjauan literatur sistematis. Jurnal Konseling dan Pendidikan.
Hendriana, B., Hadi, W., & Handayani, I. (2022). Kecemasan belajar matematika mahasiswa terhadap pembelajaran online di masa pandemi Covid-19. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika).
Ismail, H. S., & Zulkarnaen, R. (2023). Korelasi antara kemampuan pemahaman konsep matematis dengan kecemasan matematis. Jurnal Educatio FKIP UNMA.
Istifadah, Z., Nuryadi, & Saadah, F. N. (2020). Tingkat kecemasan mahasiswa dalam belajar teori statistika inferensial. Jurnal Pendidikan Matematika.
Izzati, G. N., Waluya, S. B., & Mastur, Z. (2021). Kemampuan berpikir divergen ditinjau dari math anxiety dan gender pada pembelajaran matematika.
Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika.
Jayantika, I. G. A. N. T. (2020). Kecemasan matematis dilihat dari perbedaan gender. KMahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika (MAHASENDIKA).
Julya, D., & Dewi Nur, I. R. (2022). Studi literatur mengenai kecemasan matematis terhadap pembelajaran matematika. Jurnal Didactical Mathematics.
Kusmaryono, I., & Ulia, N. (2020). Interaksi gaya mengajar dan konten matematika sebagai faktor penentu kecemasan matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika.
Laily, N., & Budi Lestari, A. S. (2024). Studi literatur: Analisis kecemasan siswa pada pembelajaran matematika. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika.
Miatun, A., & Ulfah, S. (2023). The limited face-to-face learning implementation: Gender and math anxiety towards mathematical conceptual understanding. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika.
Mu’afi, Y. N., Suryadi, D., & Nurjanah. (2025). Analisis kecemasan siswa pada pembelajaran matematika: Systematic Literature Review. Jurnal Ikatan Keluarga Alumni Undiksha.
Mulyana, A., Senajaya, A. J., & Ismunandar, D. (2021). Indikator-indikator kecemasan belajar matematika daring di era pandemik COVID-19 menurut perspektif siswa SMA kelas X. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika.
Nanna, A. W. I. (2021). Profil perbedaan level mathematics anxiety mahasiswa calon guru sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo).
Nisa, L. C., Sulistyaningsih, D., & Purnomo, E. A. (2025). Systematic literature review: Kecemasan matematika siswa terhadap kemampuan berpikir kritis. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan).
Nofrialdi, I., Maison, & Muslim. (2018). Tingkat kecemasan matematika siswa SMAN 2 Kerinci kelas X MIA sebelum menghadapi tes matematika berdasarkan gender dan hubungannya dengan hasil belajar. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika.
Nurjanah, I., & Alyani, F. (2021). Kecemasan matematika siswa sekolah menengah pada pembelajaran matematika dalam jaringan. Jurnal Elemen.
Purwanto, W. R., Sukestiyarno, Y. L., & Junaedi, I. (2019). Proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari perspektif gender. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.
Rawa, N. R., & Yasa, P. A. E. M. (2019). Kecemasan matematika pada mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. Journal of Education Technology.
Rizta, A., & Antar, L. (2019). Tingkat mathematics anxiety pada mahasiswa calon guru matematika. Jurnal Pendidikan Matematika.
Safitri, A. D., & Warm, A. (2023). Kecemasan peserta didik dalam mata pelajaran matematika di kelas XI SMK Putra Sena. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.
Sausan, T., Farlina, E., & Suhendar, A. M. (2023). Analisis tingkat kecemasan matematika mahasiswa belajar geometri dasar. Jurnal Perspektif.
Sholikhah, H., Bi Alfi, I. R., Septiyani, N. F., & Ihsani, T. S. (2022). Mathematics anxiety (MA) pada mahasiswa calon guru matematika. Journal of Mathematics Learning Innovation (JMLI).
Sutomo, W. A. B., & Juandi, D. (2023). Systematic literature review untuk identifikasi kecemasan matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika. Journal on Mathematics Education Research.
Usman, N., & Widyastuti. (2022). Differences in mathematics anxiety in view of gender in upper grade elementary school students in Sidoarjo.
Utami, N. S., & Fuadiah, N. F. (2018). Tingkat kecemasan dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika.
Wahyuni, I. (2021). Mengatasi kecemasan matematika pada calon guru matematika. Indonesian Journal of Education and Humanity.
Yuberta, K. R., Setiawati, W., & Kurnia, L. (2019). Pengaruh math anxiety terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan gender.
AGENDA: Jurnal Analisis Gender dan Agama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
 
						













 
 