PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PRESENTASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 CENRANA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5797

Authors

  • Hasbi Hasbi Universitas Muhammadiyah Bone
  • Aisyah Nursyam Universitas Muhammadiyah Bone
  • Sirwanti Universitas Muhammadiyah Bone

Keywords:

Motivasi, aplikasi canva

Abstract

Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah: (a) untuk menilai sejauh mana peningkatan motivasi belajar siswa setelah penerapan media aplikasi canva sebagai media pembelajaran presentasi dikelas VIII SMP Negeri 2 Cenrana (b) untuk melihat aktivitas siswa didalam kelas. (c) untuk melihat aktivitas guru atau keterlaksanaan pembelajaran di dalam kelas. dan (d) Melihat respons siswa terkait penggunaan aplikasi canva didalam kelas. Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian berupa angket respons siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan lembar observasi aktivitas siswa. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan motivasi dan hasil belajar siswa dapat meningkat pada setiap siklus yang dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminoto, T. d. 2021. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Motivasi Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Sainmatika, Vol 8 No 1.

Djamaluddin, A. n.d. Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis.

Herawati. 2020. Memahami Proses Belajar Anak. Volume IV. Nomor 1.

Kerling, D. N. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Edmodo Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Animasi Kelas XI Mm 1 Smk Negeri 1 Trenggalek Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian Tindakan Kelas.

Mekarsari, D. I. 2021. Penerapan Metode Jigsaw Memanfaatkan Media Pembelajaran Bebasis Teknologi Pada Mata Pelajaran Matematika di SMK Saraswati Salatiga Tahun Ajaran 2020/2021. Artikel Ilmiah.

Nurpratiwi, R. T. 2020. Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa melalui Metode dengan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Bantarkawung.

Pane , A. 2021. Belajar dan Pembelajaran. Kajian Ilmu-ilmu Keislaman,03 No. 2

Pathoni, T. A. 2020. Penerapan Media Berbasis teknologi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Motivasi Belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMAN 10 Kota Jambi. 8 No 1.

Prihantoro, A. 2019. Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ilmu-ilmu Keislaman, 9 Nomor 1.

Pujiono, S. 2019. Desain Penelitian Tindakan Kelas Dan Teknik Pengembangan Kajian Pustaka.

Santoso, H. B. 2017. Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar dengan Metode Problem Basic Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas Xi Di Smk Insan Cendekia Turi Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Taman, Vol. 5, No. 1.
Sulfemi, B. B. 2021. Pengaruh Kemampuan Pedagogik Guru dengan Motivasi Belajar IPS. Program Studi Administrasi Pendidikan, 18. No. 2.

Widayati, A. 2020. Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. Vi No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93.

Wulandari, N. I. 2021. Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru MIN 2 Banjar Kalimantan Selatan Kec. Astambul.

Downloads

Published

2025-05-08

How to Cite

Hasbi, H., Nursyam, A., & Sirwanti, S. (2025). PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PRESENTASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 CENRANA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 256–268. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5797