PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PRESENTASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 CENRANA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5797
Keywords:
Motivasi, aplikasi canvaAbstract
Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah: (a) untuk menilai sejauh mana peningkatan motivasi belajar siswa setelah penerapan media aplikasi canva sebagai media pembelajaran presentasi dikelas VIII SMP Negeri 2 Cenrana (b) untuk melihat aktivitas siswa didalam kelas. (c) untuk melihat aktivitas guru atau keterlaksanaan pembelajaran di dalam kelas. dan (d) Melihat respons siswa terkait penggunaan aplikasi canva didalam kelas. Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian berupa angket respons siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan lembar observasi aktivitas siswa. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan motivasi dan hasil belajar siswa dapat meningkat pada setiap siklus yang dilakukan.
Downloads
References
Djamaluddin, A. n.d. Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis.
Herawati. 2020. Memahami Proses Belajar Anak. Volume IV. Nomor 1.
Kerling, D. N. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Edmodo Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Animasi Kelas XI Mm 1 Smk Negeri 1 Trenggalek Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian Tindakan Kelas.
Mekarsari, D. I. 2021. Penerapan Metode Jigsaw Memanfaatkan Media Pembelajaran Bebasis Teknologi Pada Mata Pelajaran Matematika di SMK Saraswati Salatiga Tahun Ajaran 2020/2021. Artikel Ilmiah.
Nurpratiwi, R. T. 2020. Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa melalui Metode dengan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Bantarkawung.
Pane , A. 2021. Belajar dan Pembelajaran. Kajian Ilmu-ilmu Keislaman,03 No. 2
Pathoni, T. A. 2020. Penerapan Media Berbasis teknologi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Motivasi Belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMAN 10 Kota Jambi. 8 No 1.
Prihantoro, A. 2019. Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ilmu-ilmu Keislaman, 9 Nomor 1.
Pujiono, S. 2019. Desain Penelitian Tindakan Kelas Dan Teknik Pengembangan Kajian Pustaka.
Santoso, H. B. 2017. Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar dengan Metode Problem Basic Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas Xi Di Smk Insan Cendekia Turi Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Taman, Vol. 5, No. 1.
Sulfemi, B. B. 2021. Pengaruh Kemampuan Pedagogik Guru dengan Motivasi Belajar IPS. Program Studi Administrasi Pendidikan, 18. No. 2.
Widayati, A. 2020. Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. Vi No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93.
Wulandari, N. I. 2021. Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru MIN 2 Banjar Kalimantan Selatan Kec. Astambul.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.