IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA: P5 MATEMATIKA DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 BONE
Keywords:
Kurikulum Merdeka, P5 Matematika, Kepercayaan DiriAbstract
Kurikulum merdeka merupakan terobosan baru abad 21 dengan memuat komponen P5 dengan bahasan pembelajaran matematika. Penelitian dengan tujuan mengetahui pengaruh pembelajaran P5 pada pelajaran matematika ditinjau dari kepercayaan diri siswa. Menggunakan metode true experiment dengan desain Posttest Only Control Design. Pelaksanaan penelitian pada siswa SMA Negeri 15 Bone di kelas X dengan menggunakan 2 sampel yang masing-masing sebanyak 35 siswa, kelas X. 11 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar (posttest) siswa dan angket kepercayaan diri siswa. Hasil penelitian menujukkan bahwa tidak ada pengaruh pembelajaran P5 pada pelajaran matematika di era kurikulum merdeka ditinjau dari kepercayaan diri siswa kelas X SMA Negeri 15 Bone
Downloads
References
Anggraeny, T. K., Rohana, & Jayanti. (2019). Pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kecerdasan Emosional Siswa SMAN 4 Kayuagung. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 57–69.
Anggraini, D. L., Yulianti, M., Faizah, S. N., Belawati, A. P., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (2022). Peran guru dalam pengembangan kurikulum merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial (JIPSI), 1(3), 291–298.
Dewi, P. T. I. C., Puspadewi, K. R., & Wibawa, K. A. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kuta Selatan. Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika (MAHASENDIKA), 77–86.
Erlina. (2023). Pembelajaran Terintegrasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Mata Pelajaran Matematika di SMAN 9 Mandau. El-DARISA : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 86–97.
Karmelita, L. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Projek Penguatan Pelajar Pancasila SMA Negeri 1 Purwareja Klampok. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 10, 187–196. https://doi.org/10.30595/pssh.v10i.674
Nafaridah, T., Ahmad, Maulidia, L., Ratumbuysang, M. F. N. G., & Kesumasari, E. M. (2023). Analisis Kegiatan P5 sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Era Digital di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Prospek Ii.
Pangestu, R. A., & Sutirna. (2021). Analisis Kepercayaan Diri Siswa terhadap Pembelajaran Matematika. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 118–125.
Putri, T. S., Rery, U., & Agustina. (2023). Kegiatan P5 Guna Mengatasi Learning Loss Dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains ( JIPS ), 4(1), 10–16.
Rais, M. R. (2022). Kepercayaan Diri (Self Confidence) Dan Perkembangannya Pada Remaja. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 12(1), 40–47. https://doi.org/10.30829/alirsyad.v12i1.
Rizal, Y., Deovany, M., & Andini, A. S. (2022). Kepercayaan Diri Siswa pada Pelaksanaan Projek Penguatam Profil Pelajar Pancasila. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 9(1), 46–57.
Rohmat, A. N., & Lestari, W. (2019). Pengaruh Konsep Diri dan Percaya Diri terhadap Kemampuan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 5(1), 73–84.
Rokhim, D. A., Nenohai, J. A., Agustina, N. I., & Widarti, R. (2023). Studi Pendahuluan Terkait Perspektif Pelaksanaan Kegiatan P5 pada Siswa Kelas X SMAN 3 Sidoardjo. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 9(4), 352–359.
Sari, B., Napitupulu, D., Yuni, Y., & Atiyyah, R. (2019). Hubungan Kepercayaan Diri ( Self Confidence ) dengan Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 2018, 209–214.
Septiani, A., Novaliyosi, & Nindiasari, H. (2022). Implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari pembelajaran matematika dan pelaksanaan P5 ( studi di SMA Negeri 12 Kabupaten Tangerang ). AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(3), 421–435.
Septiani, D. R., & Purwanto, S. E. (2020). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Gender. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(1), 141–148.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (2nd ed.). Alfabeta.
Tiara Ariska. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V pada Materi KPK dan FPB Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Palembang. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 3(1), 36–42.
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.