IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA: P5 MATEMATIKA DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 BONE

Authors

  • Nildayanti Nildayanti Universitas Muhammadiyah Bone
  • Aisyah Nursyam Universitas Muhammadiyah Bone
  • Andi Muhammad Irfan Taufan Asfar Universitas Muhammadiyah Bone

Keywords:

Kurikulum Merdeka, P5 Matematika, Kepercayaan Diri

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan terobosan baru abad 21 dengan memuat komponen P5 dengan bahasan pembelajaran matematika. Penelitian dengan tujuan mengetahui pengaruh pembelajaran P5 pada pelajaran matematika ditinjau dari kepercayaan diri siswa. Menggunakan metode true experiment dengan desain Posttest Only Control Design. Pelaksanaan penelitian pada siswa SMA Negeri 15 Bone di kelas X dengan menggunakan 2 sampel yang masing-masing sebanyak 35 siswa, kelas X. 11 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar (posttest) siswa dan angket kepercayaan diri siswa. Hasil penelitian menujukkan bahwa tidak ada pengaruh pembelajaran P5 pada pelajaran matematika di era kurikulum merdeka ditinjau dari kepercayaan diri siswa kelas X SMA Negeri 15 Bone

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alam, S. (2023). Hasil PISA 2022, Refleksi Mutu Pendidikan Nasional 2023. Media Indonesia. https//mediaindonesia.com/opini/638003/hasil-pisa-2022-refleksi-mutu-pendidikan-nassional-2023
Anggraeny, T. K., Rohana, & Jayanti. (2019). Pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kecerdasan Emosional Siswa SMAN 4 Kayuagung. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 57–69.
Anggraini, D. L., Yulianti, M., Faizah, S. N., Belawati, A. P., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (2022). Peran guru dalam pengembangan kurikulum merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial (JIPSI), 1(3), 291–298.
Dewi, P. T. I. C., Puspadewi, K. R., & Wibawa, K. A. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kuta Selatan. Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika (MAHASENDIKA), 77–86.
Erlina. (2023). Pembelajaran Terintegrasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Mata Pelajaran Matematika di SMAN 9 Mandau. El-DARISA : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 86–97.
Karmelita, L. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Projek Penguatan Pelajar Pancasila SMA Negeri 1 Purwareja Klampok. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 10, 187–196. https://doi.org/10.30595/pssh.v10i.674
Nafaridah, T., Ahmad, Maulidia, L., Ratumbuysang, M. F. N. G., & Kesumasari, E. M. (2023). Analisis Kegiatan P5 sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Era Digital di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Prospek Ii.
Pangestu, R. A., & Sutirna. (2021). Analisis Kepercayaan Diri Siswa terhadap Pembelajaran Matematika. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 118–125.
Putri, T. S., Rery, U., & Agustina. (2023). Kegiatan P5 Guna Mengatasi Learning Loss Dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains ( JIPS ), 4(1), 10–16.
Rais, M. R. (2022). Kepercayaan Diri (Self Confidence) Dan Perkembangannya Pada Remaja. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 12(1), 40–47. https://doi.org/10.30829/alirsyad.v12i1.
Rizal, Y., Deovany, M., & Andini, A. S. (2022). Kepercayaan Diri Siswa pada Pelaksanaan Projek Penguatam Profil Pelajar Pancasila. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 9(1), 46–57.
Rohmat, A. N., & Lestari, W. (2019). Pengaruh Konsep Diri dan Percaya Diri terhadap Kemampuan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 5(1), 73–84.
Rokhim, D. A., Nenohai, J. A., Agustina, N. I., & Widarti, R. (2023). Studi Pendahuluan Terkait Perspektif Pelaksanaan Kegiatan P5 pada Siswa Kelas X SMAN 3 Sidoardjo. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 9(4), 352–359.
Sari, B., Napitupulu, D., Yuni, Y., & Atiyyah, R. (2019). Hubungan Kepercayaan Diri ( Self Confidence ) dengan Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 2018, 209–214.
Septiani, A., Novaliyosi, & Nindiasari, H. (2022). Implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari pembelajaran matematika dan pelaksanaan P5 ( studi di SMA Negeri 12 Kabupaten Tangerang ). AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(3), 421–435.
Septiani, D. R., & Purwanto, S. E. (2020). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Gender. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(1), 141–148.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (2nd ed.). Alfabeta.
Tiara Ariska. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V pada Materi KPK dan FPB Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Palembang. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 3(1), 36–42.
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132.

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Nildayanti, N., Nursyam, A. ., & Asfar, A. M. I. T. . (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA: P5 MATEMATIKA DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 BONE. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 292–302. Retrieved from https://e-journal.my.id/pedagogy/article/view/4932