PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LERNING PADA BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS XI

  • Ririn Ristanti Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhamad Sofian Hadi Universitas Muhammadiyah Jakarta
Keywords: Problem Based Learning (PBL), Model ADDIE, barisan dan deret

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKPD berbasis PBL, materi aritmatika tingkat XI. Eksperimen dilakukan pada Kota Tangerang Selatan di SMA Dharma Karya UT. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Dharma Karya UT Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten.  Penelitian di ujikan pada siswa tingkat XI. Metode yang digunakan yaitu ADDIE (Analyze-Design-Development-Implement-dan evaluate). Instrumen penelitin ini yaitu LKPD berbasis PBL pada barisan aritmatika dan deret aritmatika berupa soal berbasis masalah, lembar observasi, angket respon. Proses penelitian dimulai dengan analisis awal, validasi ahli, revisi, uji praktisi, uji coba skala kecil, dan uji coba skala besar. Hasil pengembangan LKPD menggunakan PBL untuk barisan dan deret aritmatika dengan kualitas valid, validitas seluruh butir soal tes 0,5 atau lebih, reliabilitas 0,85, tingkat kesukaran mudah atau sedang, dan baik untuk daya pembeda. Nilai rata-rata siswa mengerjakan LKPD adalah 95 (sangat baik). Kesimpulan penelitian adalah pengembangan instrument LKPD berbasis PBL pada barisan dan deret aritmatika kelas XI yang valid dan reliabel.udul ‘Abstrak’ ditulis dengan huruf berukuran 10pt, huruf tebal dalam format Title Case. Abstrak harus memuat tujuan penelitian, metode, dan hasil penelitian. Teks abstrak ditulis dengan ukuran huruf 10pt, sepanjang maksimum 150 kata dalam satu paragraf. Teks abstrak terpisah dari tulisan utama. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Kata kunci ditulis di bawah teks abstrak dan dipisahkan oleh tanda titik koma. Kata kunci harus  mencerminkan konsep yang dikandung artikel untuk memudahkan akses artikel yang bersangkutan dalam mesin pencari. Judul ‘kata kunci’ ditulis dengan format font size: 10pt, huruf tebal, sedangkan kata kuncinya ditulis dengan huruf miring. Isi abstrak tidak memuat equation atau simbol matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik pada Materi Kesetimbangan Kimia. In Chemistry Education Review (CER), Pend. Kimia PPs UNM (Vol. 1, Issue 2).
Ayu Puspitasari, I. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika. Universitas Mulawarman, 2, 2022. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm
Council of Teachers of Mathematics, N. (n.d.). Principles Standards and for School Mathematics.
Hanafi, M., & Mutaqin, A. (n.d.). Media Pendidikan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP MATARAM Pengembangan Instrumen Soal High Order Thinking Skills Matematika Berdasarkan Brookhart Konteks Motif Batik Pandeglang Pada Siswa MTs. Juni 2022, 10(1). http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jmpm
Herdiansyah, A., Rahardi, R., & Irawati, S. (2023). Pengembangan LKS Beracuan Problem Based Learning untuk Mendeskripsikan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMK. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 29–43. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.1893
Inayah, A. (n.d.). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Resiliensi Matematis: Tinjauan Pustaka Sistematis. Jumlahku.
Lastasa, M., Habaridota, B. B., Kunci, K., Lkpd, :, & Merdeka Belajar, K. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar dan Aplikasi Canva fo Education Kelas SD/MI. JOTE, 4.
Lestari, I., Andinny, Y., & Indraprasta PGRI, U. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Di Tinjau Dari Kecerdasan Visual Spasial. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(2), 297–304.
M. Yusril Ihza Djakaria. (2022, December 26). Pembelajaran Metode Problem Base Learning (PBL) di Fakultas Kedokteran dalam Menghadapi Era 5.0. Fakultas Kedokteran Universitas Gorontalo.
Masliah, L., Nirmala, S. D., & Sugilar, S. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4106
Miralda, D., & Marhaeni, N. H. (2023). Analisis Respons Peserta Didik terhadap Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Think Pair Share. 6(1).
Rasyada, R. (2023). Implementasi Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Matematika. BASICA Journal of Arts and Science in Primary Education, 3(1), 151–162. https://doi.org/10.37680/basica.v3i1.3943
Riswari, L. A., Mukti, L. I., Tamara, L. F., Ayu, M., Hapsari, P., & Cahyaningrum, D. Y. (n.d.). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Pecahan Kelas III SDN 2 Karangrejo. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(2), 188–194.
Tambunan, L. W., Manalu, P. R., Ramadhani, S., & Pangaribuan, F. (n.d.). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika di Kelas XI SMA Gajah Mada Medan. https://doi.org/10.36655/sepren.v3i2
Wanda. (n.d.). Pengembangan Lebar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Barisan dan Deret.
William Agurto. (2024, May 11). Validitas Matriks Korelasi dan Ukuran Sampel. Statistik Nyata. https://real-statistics.com/multivariate-statistics/factor-analysis/validity-of-correlation-matrix-and-sample-size/
Published
04-06-2024
How to Cite
Ristanti, R., & Hadi, M. S. (2024). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LERNING PADA BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS XI. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 282-292. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i1.3826

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2