PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEER LED TEAM LEARNING (PLTL) BERBANTUAN SOAL HOTS DALAM MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DOBO

  • Sugian Nurwijaya Universitas Pattimura
  • Pratiwi Bernadetta Purba Universitas Pattimura
Keywords: Peer Led Team Learning, HOTS, Literasi Numerasi

Abstract

Kurikulum di Indonesia saat ini adalah kurikulum Merdeka Belajar dan yang menjadi salah satu fokusnya yakni keterampilan literasi numerasi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Peer Led team Learning (PLTL) berbantuan soal HOTS dalam meningkatkan literasi numerasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Dobo. Adapun Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain pre-eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Dobo di Kabupaten Kepulauan Aru. Penelitian ini melibatkan semua siswa kelas X, dengan rincian kelas: X1, X2, dan X3, totalnya 75 siswa. Selanjutnya hasil penelitian berdasarkan hasil uji-t berpasangan diketahui nilai Sig. (2-tailed) 0,000 di mana kurang dari taraf signifikan 5% (0,000 < 0,05) sehingga H0 ditolak yang artinya ada perbedaan rata-rata kemampuan literasi numerasi peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS sebelum dan setelah diberikan perlakuan. Berdasarkan analisis penelitian maka dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Peer Led Team Learning (PLTL) berbantuan soal HOTS memberikan pengaruh terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik X SMA Negeri 1 Dobo

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arian Sani Anwar, Y. (2019). PENERAPAN MODEL PEER LED TEAM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP SISWA TERHADAP KIMIA IMPLEMENTATION OF PEER LED TEAM LEARNING MODEL TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOME AND ATTITUDE TOWARD CHEMISTRY. J. Pijar MIPA, 14(1), 13–17. https://doi.org/10.29303/jpm.v14.i1.999
Hastuti, B. R. N. M. (2021). ANALISIS HOTS PADA SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER DALAM MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(4). https://doi.org/10.33578/pjr.v5i4.8218
Liou-Mark, J., Ghosh-Dastidar, U., Samaroo, D., & Villatoro, M. (n.d.). The peer-led team learning leadership program for first year minority science, technology, engineering, and mathematics students. In Journal of Peer Learning (Vol. 11). http://ro.uow.edu.au/ajplhttp://ro.uow.edu.au/ajpl/vol11/iss1/5
Nurwijaya, S. (2022a). EFEKTIVITAS APLIKASI QUIZIZZ PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP CREATIVE THINKING SKILLS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BAREBBO. Journal Pedagogy, 7(2).
Nurwijaya, S. (2022b). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Augmented Reality Terhadap Kemampuan Spasial Siswa. EQUALS, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).
Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302
Reisel, J. R., Jablonski, M. R., Munson, E., & Hosseini, H. (2014). Peer-led team learning in mathematics courses for freshmen engineering and computer science students. Journal Of STEM Education, 15(12).
Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041
Taofik, A. I., & Juandi, D. (2022). Description of Mathematical Representation Ability Through HOTS-Oriented Learning Model: a Systematic Literature Review. Jurnal Analisa, 8(1), 46–56. https://doi.org/10.15575/ja.v8i1.17915
Published
11-11-2023
How to Cite
Nurwijaya, S., & Purba, P. B. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEER LED TEAM LEARNING (PLTL) BERBANTUAN SOAL HOTS DALAM MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DOBO. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 168-177. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i2.3101