PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SD DI KEPULAUAN ARU

  • Sugian Nurwijaya Universitas Pattimura
Keywords: Pendekatan STEM, Kemampuan Numerasi

Abstract

Riset inii bertujuan untuk mengetahuii pengaruh pendekatani pembelajaran STEM terhadap kemampuan numerasi siswa SD di Dobo Kabupaten Kepulauan Aru. Dalam riset ini desain penelitian yang digunakani adalah Non-equivalent Control Group-Design. Sampel yang diperoleh dalam riset menggunakan teknik pengambilan sampel secara pertimbangan/tujuan tertentu (purposive sampling) dengan jumlahi sampell sebanyak 60 orang. Proses pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes kemampuan numerasi siswa. Hasil penelitian ini dilihat dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji Mann Whitney hasilnya menunjukkan bahwa nilai nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 yang artinya hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak (0,000 < 0,05). Jadi dapat disimpulkani bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran STEM terhadap kemampuan numerasi siswa SD Negeri 1 Dobo Kabupaten Kepulauan Aru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyana, A. (2020). PROSPEK AKM DAN SURVEI KARAKTER: MEMPERKUAT BASIS PRALITERASI DAN PRANUMERASI USIA DINI. BANPAUDPNF Kemendikbud, 1–4.
Guslisnawati, & Syafitri, E. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBASIS STEM. JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC, 7(1), 62–71. https://doi.org/10.36294/jmp.v7i1.2821
Nurwijaya, S., & Purba, B. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEER LED TEAM LEARNING (PLTL) BERBANTUAN SOAL HOTS DALAM MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DOBO. Jurnal Pedagogy, 8(2), 168–177.
Rizki, L. M., & Priatna, N. (2019). Mathematical literacy as the 21st century skill. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042088
Supriyanto, & Agustin, N. (2022). PENDEKATAN STEM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA. PREMIERE: Journal of Islamic Elementary Education, 4(1), 1–8.
Susansi, E., & Kurniawan, H. (2020). Design Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan STEM (Science, Teknologi, Engineering, Mathematics). AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 37–52.
Yusuf, I., Ma’rufi, & Nurdin. (2022). Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 2(1), 26–40. https://doi.org/10.51574/kognitif.v2i1.404
Published
20-05-2024
How to Cite
Nurwijaya, S. (2024). PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SD DI KEPULAUAN ARU. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 56-62. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i1.3604