PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASIWA PADA MATA KULIAH KALKULUS DASAR UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO

  • Shindy Ekawati Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Fahrul Basir Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Karmila Karmila Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Kemampuan awal, Minat, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kemampuan awal mahasiswa pada mata kuliah kalkulus dasar semester 1 program studi Agroteknologi. (2) Pengaruh minat belajar mahasiswa pada mata kuliah kalkulus dasar semester 1 program studi Agroteknologi. (3) Pengaruh kedisiplinan dan minat belajar mahasiswa secara bersama-sama pada mata kuliah kalkulus dasar semester 1 program studi Agroteknologi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian (ex-post facto). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 sebanyak 108 siswa yang terdiri dari 4 kelas pada semester gajil tahun akademik 2021/2022. Sampel dari penelitian ini sebanyak 52 mahasiswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik Slovin. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif pada kemampuan awal, minat dan hasil belajar mahasiswa, dan statistika inferensial pada nilai kemampuan awal, minat dan hasil belajar mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh kemampuan awal mahasiswa terhadap hasil belajar mahasiswa semester 1 program studi Agroteknologi. (2) Terdapat pengaruh minat belajar mahasiswa terhadap hasil belajar mahasiswa semester 1 program studi Agroteknologi. (3) Terdapat pengaruh kemampuan awal dan minat belajar mahasiswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar mahasiswa semester 1 program studi Agroteknologi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
30-11-2021
How to Cite
Ekawati, S., Basir, F., & Karmila, K. (2021). PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASIWA PADA MATA KULIAH KALKULUS DASAR UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 188-196. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i2.1740