Mengeksplorasi Strategi Pembelajaran Menulis Biografi: Tinjauan Literatur

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7168

Authors

  • Kalsum Muhamad Yusuf Lasubu Universitas Negeri Malang
  • Nurhadi Nurhadi Universitas Negeri Malang
  • Titik Harsiati Universitas Negeri Malang

Keywords:

strategi pembelajaran, menulis biografi, tinjauan literatur, efektivitas pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi pembelajaran yang efektif dalam pengajaran menulis teks biografi. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan literatur (literature review). Sumber data diperoleh dari pangkalan data Google Scholar dengan bantuan ekstensi Excitation untuk menampilkan indeks artikel pada hasil pencarian. Kata kunci yang digunakan mencakup “strategi pembelajaran menulis biografi”, “learning strategies for writing biographies”, dan “teaching biographical writing”. Artikel yang diseleksi memenuhi kriteria inklusi: diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir, relevan dengan topik strategi pembelajaran menulis biografi, serta berasal dari jurnal nasional terindeks Sinta 1–4 atau jurnal internasional bereputasi. Hasil tinjauan terhadap lima artikel menunjukkan tiga strategi yang paling sering digunakan, yaitu pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, dan pembelajaran inkuiri. Ketiga strategi tersebut terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi peserta didik dalam menulis teks biografi melalui kegiatan kolaboratif, pemecahan masalah, dan eksplorasi mendalam terhadap tokoh biografi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, K. P. dan K. R. I. (2025). Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring VI. https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Danto, D., Ismail, G., & Susilawati, E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Biografi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4491–4495. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.934 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.934

Darussalamah, S., & Wijayanti, J. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Pembelajaran Mengonstruksi Teks Biografi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3791–3797. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4145 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4145

Daud, A. (2020). Strategi Guru Mengajar Di Era Milenial. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(1), 29–42. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i1.72 DOI: https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i1.72

Deak, V., & Santoso, R. (2021). Learning Strategies and Applications in Learning Achievements. International Journal of Social and Management Studies, 2(4), 159. https://www.ijosmas.org

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2024). Kurikulum Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/

Elisabeth, M., Thalita, S., & Dahniar, L. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Biografi Pada Peserta Didik Kelas X.B Sman 10 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2022-2023. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 43–51. https://doi.org/10.31943/bi.v9i1.483 DOI: https://doi.org/10.31943/bi.v9i1.483

Hadi, N. F., & Afandi, N. K. (2021). Literature Review is A Part of Research. Sultra Educational Journal, 1(3), 64–71. https://doi.org/10.54297/seduj.v1i3.203 DOI: https://doi.org/10.54297/seduj.v1i3.203

Hattie, J. A. C., & Donoghue, G. M. (2016). Learning strategies: a synthesis and conceptual model. Npj Science of Learning, 1(1). https://doi.org/10.1038/npjscilearn.2016.13 DOI: https://doi.org/10.1038/npjscilearn.2016.13

Iskandarwassid, & Sunendar, D. (2018). Strategi Pembelajaran Bahasa. PT Remaja Rosdakarya.

Khoirunnisa, H., & Sukenti, D. (2023). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi di SMAN 2 Tapung Hilir. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 13(2), 787–794. DOI: https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2

Kim, W. Y. (2022). Teaching and guiding PBL writing with a biography writing assignment. 16(2), 157–171. DOI: https://doi.org/10.46392/kjge.2022.16.2.157

Kusripinah, R. R. E., & Subrata, H. (2022). Penerapan model pembelajaran untuk meningkatkan literasi baca tulis: Literature review. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2), 29–38. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.13507 DOI: https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.13507

Putri, A. R. (2022). Kaitan Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Lingkungan [Preprint]. OSF Preprints. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/d9zau DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/dkbz3

Rifa’i, A. M. (2018). Language Learning Strategies. Al Mabsut : Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 12(2), 107–114. https://doi.org/https://doi.org/10.56997/almabsut.v12i2.312

Safitri, N. (2019). Bagaimana Keterkaitan Kemampuan Membaca dengan Kemampuan Menulis [Preprint]. OSF Preprints. https://osf.io/u7xva/files/r72za DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/7bufn

Sidek, S., & Hashim, M. (2016). Pengajaran berasaskan video dalam pembelajaran berpusatkan pelajar: Analisis dan kajian kritikal. Journal of ICT in Education, 3, 24–33. https://ojs.upsi.edu.my/index.php/JICTIE/article/view/2606

Syamsulaini Sidek, & Mashitoh Hashim. (2016). Pengajaran berasaskan video dalam pembelajaran berpusatkan pelajar: analisis dan kajian kritikal. Journal of ICT in Education, 3(1), 24–33.

Widyasari, L., Martono, & Syambasril. (2020). Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Selakau Kabupaten Sambas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK). DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v10i1.44011

Yarim, M. A. (2022). Analysis of Biography-Based Activities in Values Education. Journal of Family Counseling and Education, 7(1), 49–62. https://doi.org/10.32568/jfce.1134837 DOI: https://doi.org/10.32568/jfce.1134837

Published

2025-11-15

How to Cite

Kalsum Muhamad Yusuf Lasubu, Nurhadi, N., & Titik Harsiati. (2025). Mengeksplorasi Strategi Pembelajaran Menulis Biografi: Tinjauan Literatur. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(4), 4671–4682. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7168

Most read articles by the same author(s)