Analisis Kemampuan Siswa Menulis Teks Deskripsi Bertemakan Kearifan Lokal Madura

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6748

Authors

  • Wilda Suci Annuriza Universitas Negeri Malang
  • Imam Agus Basuki Universitas Negeri Malang
  • Titik Harsiati Universitas Negeri Malang

Keywords:

teks deskripsi, kearifan lokal, Madura

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam menulis teks deskripsi dengan tema kearifan lokal Madura. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan data berupa hasil tulisan peserta didik tingkat Sekolah Menengah Pertama. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Analisis data difokuskan pada beberapa indikator penilaian teks deskripsi, yaitu aspek kebahasaan berupa judul dan isi teks, aspek isi berupa identifikasi, deskripsi, dan penutup, serta aspek kearifan lokal Madura berupa penggunaan bahasa dan budaya Madura. Hasil penelitian terhadap 15 peserta didik menunjukkan beragam kategori kemampuan, mulai dari sangat baik, baik, cukup, hingga kurang. Secara umum, hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam menulis teks deskripsi bertema kearifan lokal Madura tergolong baik berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basuki, I. A. (2012). Pengaruh penilaian sejawat dalam pembelajaran menulis terhadap kualitas karangan siswa madrasah tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 19(1), 86-93.

Febriyanti, Anggie Lestantya , Titik Harsiati, Taufik Dermawan. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Menulis Kreatif Cerita Fantasi untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 2(10), 1399—1408

Iskandar, V. N. A., & Harsiati, T. (2023). Pembelajaran Menulis Teks Cerita Pendek Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 1(2), 98-109. DOI: https://doi.org/10.17977/um084v1i22023p98-109

Karto, Suhartono, Susetyo, Noermanzah, Maisarah, I. (2019). The Differences Ability in Writing Descriptive Texts by Using Chain Writing and Conventional Methods. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(10), 2718.

Maisaroh, Siti & Mauluddin, Imam. (2025). Gastronomi Makanan Tradisional Mbojo (Bima-Dompu) dalam Pembelajaran Menulis Teks Narasi. Didaktika: jurnal kependidikan. 14(2) 2873-2885. https://doi.org/10.58230/27454312.1851

Ningrum, H. J., & Basuki, I. A. (2025). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Melalui Model Quantum Teaching Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 6(1), 86-112. DOI: https://doi.org/10.53624/ptk.v6i1.653

Nur, S., Nurhadi, N., & Pratiwi, Y. (2023). Mengapa Siswa Terkendala Mengekspos Gagasan?(Kendala Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi). In International Seminar on Language, Education, and Culture (ISoLEC) (Vol. 7, No. 1, pp. 361-367).

Nurprihardianti, V. E. P., & Harsiati, T. (2021). Pembelajaran menulis dengan model daring kelas IX SMP Negeri 21 Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(5), 630-643. DOI: https://doi.org/10.17977/um064v1i52021p630-643

Permanasari, Dian. (2017), Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumber Jaya Lampung Barat. PESONA: Jurnal Kajian Bahsa dan Sastra Indonesia. 3(2). 156-162. DOI: https://doi.org/10.26638/jp.444.2080

Purbania, Basyarah, dkk. (2020), Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. BASASTRA: Jurnal Bahasa Sastra dan Pengajaran. 8(1). 63-73. DOI: https://doi.org/10.20961/basastra.v8i1.41963

Rifai, M. A. 2020. Manusia Madura: Pembawaan, Perilaku, Etos ker- ja, Penampilan, dan Pandangan hidupnya seperti Dicitrakan Peribahasanya. Yogyakarta: Nuansa Aksara.

S, Gummy Wulandari, dan Dian Indihadi (2021), Analisis Teks Deskripsi melalui Media Gambar Tunggal di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5). DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.811

Setiyadi, P. (2012). Pemahaman Kembali Local Wisdom Etnik Jawa dalam Tembang Macapat dan Pemanfaatannya Sebagai Media Pendidikan Budi Pekerti Bangsa. Magistra, 24(79), 71-76.

Siburian, L. (2018). Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital Oleh Mahasiswa Pgsd Semester Ii Kelas 3 Unika Santo Thomas Sumatera Utara. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 8(1), 81–87. DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i1.9821

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Published

2025-08-21

How to Cite

Wilda Suci Annuriza, Imam Agus Basuki, & Titik Harsiati. (2025). Analisis Kemampuan Siswa Menulis Teks Deskripsi Bertemakan Kearifan Lokal Madura. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(3), 3729–3740. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6748

Issue

Section

Articles

Categories