Pengembangan Model Riset Mini pada Pembelajaran Menulis Artikel Hasil Penelitian bagi Peserta Didik Kelas XI SMA

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.5060

Authors

  • Toti Laksana Bhirawa Universitas Negeri Malang
  • Nurhadi Nurhadi Universitas Negeri Malang
  • Kusubakti Andajani Universitas Negeri Malang

Keywords:

model pembelajaran, model riset mini, pembelajaran menulis, teks artikel penelitian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran riset mini pada pembelajaran menulis artikel hasil penelitian bagi peserta didik kelas XI SMA. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran menulis artikel hasil penelitian, yaitu model pembelajaran yang digunakan oleh guru masih belum mengacu pada proses menulis secara utuh, bahkan tahap-tahap penelitian yang harus dilalui peserta didik masih belum lengkap dan spesifik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi model 4D yang terdiri dari empat tahap utama, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (diseminate). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran riset mini memiliki (1) tingkat kevalidan sebesar 88% (sangat layak), (2) tingkat kepraktisan sebesar 88% (sangat praktis) dari hasil respons guru dan sebesar 82% (sangat praktis) dari hasil respons peserta didik, dan (3) tingkat keefektifan sebesar 0,479 (keefektifan sedang). Berdasarkan hasil tersebut, model pembelajaran riset mini layak untuk diimplementasikan secara luas dan diharapkan menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan keterampilan menulis artikel hasil penelitian peserta didik kelas XI SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). In TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education (Vol. 6, Issue 1). Online. http://ejournal.upi.edu/index.php/tarbawy/index

Brown, H. D. (2000). Teaching by Principles. In Teaching by Principles An Interactive Approach to Language Pedagogy (2nd ed.).

Chu, S. K. W., Reynolds, R. B., Tavares, N. J., Notari, M., & Lee, C. W. Y. (2017). 21st Century Skills Development Through Inquiry-Based Learning. In 21st Century Skills Development Through Inquiry-Based Learning: From Theory to Practice (Issue August 2018).

Emilia, E. (2016). Pendekatan Berbasis Teks (1st ed.). PT Kiblat Buku Utama.

Faraj, A. K. A. (2015). Scaffolding EFL Students ’ Writing through the Writing Process Approach. Journal of Education and Practice, 6(13), 131–142.

Haryono, A., & Adam, C. (2021). The implementation of mini-research project to train undergraduate students’ scientific writing and communication skills. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 7(2), 159–170. https://doi.org/10.22219/jpbi.v7i2.15838

Joyce, B., & Weil, M. (1986). Models of Teaching (3rd ed.). Prentice-Hall, Inc.

Malmfors, B., Garnsworthy, P., & Grossman, M. (2004). Writing and Presenting Scientific Papers (2nd ed.). Nottingham University Press. https://doi.org/10.1111/j.1365-3164.2007.00644.x

Nurhadi. (2017). Handbook of Writing. Jakarta: Bumi Aksara.

Permari, N. W. P. (2016). Pengaruh Mini Riset terhadap Keterampilan Proses Sains Terintegrasi Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan. Seminar Biologi, 13(1), 312–317. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/9515

Rofii, A. (2022). Model Pembelajaran Menulis Artikel Ilmiah Berbasis Contextual Teaching and Learning. Universitas Negeri Jakarta.

Sari, Y. I. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Geografi Berbasis Riset untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah. Universitas Negeri Malang.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. In Journal of School Psychology. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2

Tompkins, G. E., Camphel, R., Green, D., & Smith, C. (2015). Literacy for the 21st Century: A Balanced Approad (7th ed.).

Widyartono, D. (2019). Model Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah dengan Pendekatan Hybrid Learning. Universitas Negeri Malang.

Published

2025-06-27

How to Cite

Toti Laksana Bhirawa, Nurhadi, N., & Kusubakti Andajani. (2025). Pengembangan Model Riset Mini pada Pembelajaran Menulis Artikel Hasil Penelitian bagi Peserta Didik Kelas XI SMA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(3), 2920–2933. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.5060

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)