Asesmen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Buku Teks Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia Kelas X SMA

  • Susanti Try Apriliani Universitas Negeri Malang
  • Imam Suyitno Universitas Negeri Malang
  • Nurhadi Universitas Negeri Malang
Keywords: asesmen, merdeka belajar, buku teks

Abstract

Sistem pendukung yang menentukan keberhasilan dalam pembelajaran salah satunya adalah asesmen. Adanya program baru merdeka belajar disertai dengan perubahan asesmen. Merdeka belajar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran, salah satunya dalam buku teks yang berjudul Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk kelas X SMA. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan asesmen merdeka belajar dalam buku teks Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk kelas X SMA. Fokus penelitian ini adalah bentuk asesmen merdeka belajar dalam buku teks Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas X SMA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi. Data dalam penelitian ini adalah kalimat yang terdapat pada kegiatan dan rubrik penilaian dalam buku teks Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas X SMA yang menggambarkan asesmen merdeka belajar. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku teks Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas X SMA. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat empat bentuk asesmen dalam buku teks Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas X SMA. Empat bentuk asesmen tersebut adalah (1) asesmen sikap dan asesmen proses, (2) asesmen performa dan asesmen proses, (3) asesmen formatif dan asesmen responsi reseptif, dan (4) asesmen performa dan asesmen hasil. Akan tetapi, dalam keempat bentuk asesmen tersebut tidak dilengkapi cara penskroran tiap kriteria yang dinilai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95-101. DOI: https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525
Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 523-534. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566
Darwin, D., Boeriswati, E., & Murtadho, F. (2023). Asesmen Pembelajaran Bahasa dalam Kurikulum Merdeka Belajar pada Siswa SMA. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(2), 25-36. DOI:
http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i2.8639
Ginting, D. O. B., Argiandini, S. R., & Suwandi, S. (2023). Analisis Kualitas Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Bahasa, 12(1). DOI : https://doi.org/10.24114/kjb.v12i1.44399
Harsiati, T. (2013). Asesmen Pembelajaran Bahasa Indonesia. Malang: Universitas Negeri Malang.
Hikmah, S. N. A. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran dan Pengembangan Pendidikan Islam, 2(01), 59-69. DOI:
https://doi.org/10.30739/tarbiyatuna.v2i01.975
Hutabarat, H., Harahap, M. S., & Elindra, R. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri Sekota Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 58-69. DOI: https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i3.3962
Kumano, Y. (2001). Authentic Assessment and Portofolio Assessment-Its Theory and Practice. Japan: Shizuoka University.
Kurniasih, Y., Hamdu, G., & Lidinillah, D. A. M. (2020). Rubrik asesmen kinerja berpikir kritis pada pembelajaran STEM dengan media lightning tamiya car. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 174-185. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25172
Maulida, U. 2022. Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 5(2), 130-138. DOI: https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392
Muslich, M. 2016. Text Book Writing: Dasar Pemahaman, Penulisan dan Pemakaian Buku Teks Edisi Revisi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Groups.
Rosidah, C. T., Pramulia, P., & Susiloningsih, W. (2021). Analisis Kesiapan Guru Mengimplementasikan Asesmen Autentik dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(01), 87-103. DOI: https://doi.org/10.21009/jpd.v12i01.21159
Syafitri, U. F., Karim, S., & Efendi, R. (2020). Profil Tingkat Keakuratan Penilaian Diri Peserta Didik SMA pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 7(2), 105-110. DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v7i2.11914
Published
03-10-2023
How to Cite
Susanti Try Apriliani, Imam, I. S., & Nurhadi, N. (2023). Asesmen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Buku Teks Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia Kelas X SMA . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), 1296-1305. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.3018
Section
Articles