Asesmen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Buku Teks Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia Kelas X SMA
Abstract
Sistem pendukung yang menentukan keberhasilan dalam pembelajaran salah satunya adalah asesmen. Adanya program baru merdeka belajar disertai dengan perubahan asesmen. Merdeka belajar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran, salah satunya dalam buku teks yang berjudul Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk kelas X SMA. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan asesmen merdeka belajar dalam buku teks Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk kelas X SMA. Fokus penelitian ini adalah bentuk asesmen merdeka belajar dalam buku teks Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas X SMA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi. Data dalam penelitian ini adalah kalimat yang terdapat pada kegiatan dan rubrik penilaian dalam buku teks Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas X SMA yang menggambarkan asesmen merdeka belajar. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku teks Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas X SMA. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat empat bentuk asesmen dalam buku teks Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas X SMA. Empat bentuk asesmen tersebut adalah (1) asesmen sikap dan asesmen proses, (2) asesmen performa dan asesmen proses, (3) asesmen formatif dan asesmen responsi reseptif, dan (4) asesmen performa dan asesmen hasil. Akan tetapi, dalam keempat bentuk asesmen tersebut tidak dilengkapi cara penskroran tiap kriteria yang dinilai.
Downloads
References
Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 523-534. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566
Darwin, D., Boeriswati, E., & Murtadho, F. (2023). Asesmen Pembelajaran Bahasa dalam Kurikulum Merdeka Belajar pada Siswa SMA. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(2), 25-36. DOI:
http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i2.8639
Ginting, D. O. B., Argiandini, S. R., & Suwandi, S. (2023). Analisis Kualitas Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Bahasa, 12(1). DOI : https://doi.org/10.24114/kjb.v12i1.44399
Harsiati, T. (2013). Asesmen Pembelajaran Bahasa Indonesia. Malang: Universitas Negeri Malang.
Hikmah, S. N. A. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran dan Pengembangan Pendidikan Islam, 2(01), 59-69. DOI:
https://doi.org/10.30739/tarbiyatuna.v2i01.975
Hutabarat, H., Harahap, M. S., & Elindra, R. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri Sekota Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 58-69. DOI: https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i3.3962
Kumano, Y. (2001). Authentic Assessment and Portofolio Assessment-Its Theory and Practice. Japan: Shizuoka University.
Kurniasih, Y., Hamdu, G., & Lidinillah, D. A. M. (2020). Rubrik asesmen kinerja berpikir kritis pada pembelajaran STEM dengan media lightning tamiya car. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 174-185. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25172
Maulida, U. 2022. Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 5(2), 130-138. DOI: https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392
Muslich, M. 2016. Text Book Writing: Dasar Pemahaman, Penulisan dan Pemakaian Buku Teks Edisi Revisi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Groups.
Rosidah, C. T., Pramulia, P., & Susiloningsih, W. (2021). Analisis Kesiapan Guru Mengimplementasikan Asesmen Autentik dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(01), 87-103. DOI: https://doi.org/10.21009/jpd.v12i01.21159
Syafitri, U. F., Karim, S., & Efendi, R. (2020). Profil Tingkat Keakuratan Penilaian Diri Peserta Didik SMA pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 7(2), 105-110. DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v7i2.11914
Copyright (c) 2023 Susanti Try Apriliani, Imam Suyitno Imam, Nurhadi Nurhadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.