Menulis Cerita Pendek Berbasis Budaya Madura pada Peserta Didik Kelas XI
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6722
Keywords:
Bahan ajar, menulis cerpen, budaya maduraAbstract
Pengembangan bahan ajar bertujuan memajukan kecakapan menulis cerita pendek di kelas XI. Bahan ajar dikembangkan menggunakan muatan budaya Madura serta penilaian yang berbentuk assessment as learning. Metode penelitian menggunakan model ADDIE. Uji coba dilakukan di kelas XI dengan jumlah 36 peserta didik. Bahan ajar telah dilakukan uji validasi dengan melibatkan dosen ahli pembelajaran dan praktisi. Hasil validasi oleh ahli pembelajaran memperoleh skor rata-rata 82,86% pada kelayakan isi, 72% kelayakan komponen kebahasaan, 73,33% kelayakan materi, dan 80% pada kelayakan tampilan bahan ajar. Sedangkan dari praktisi pada kelayakan isi mendapatkan skor rata-rata 97%, kelayakan kebahasaan 96%, kelayakan materi 83%, dan kelayakan tampilan 84%. Berdasarkan hasil validasi tersebut maka bahan ajar layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran. Pada hasil uji coba bab I nilai rata-rata pretest 52,75% sedangkan posttest memperoleh skor rata-rata 90,67%. Selanjutnya hasil bab II pada pretest memperoleh rata-rata 60,56% dan posttest memperoleh 87,64%. Terakhir bab III, pada hasil pretest memperoleh skor rata-rata 59,58% dan posttest memperoleh skor rata-rata 85,42%. Berdasarkan hasil tersebut, terindikasi pengaruh penggunaan bahan ajar terhadap pengembangan menulis cerpen pelajar kelas XI.
Downloads
References
An’Umillah, Supriyono, & Nugraha, D. M. (2021). 46697-Article Text-129056-1-10-20210606. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 6(1), 35–41. DOI: https://doi.org/10.15294/harmony.v6i1.46697
Anasti, R., Anasta, L., & Oktris, L. (2022). Sukses Menyelesaikan Skripsi dengan Metode Penelitian Kuantitatif dan Analisis Data SPSS. Penerbit Salemba. https://books.google.co.id/books?id=kYrcEAAAQBAJ
Andreanty, V. A., Hary Soedarto Harjono, & Priyanto, P. (2024). Pengembangan Media Digital Storytelling dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa SMA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2810–2823. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4016 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4016
Antika, W., Sasomo, B., & Rahmawati, A. D. (2023). Analisis Asesmen Diagnostik Pada Model Pembelajaran Project Based Learning di Kurikulum Merdeka SMPN 3 Sine. Pedagogy, 8(1), 253.
Aulia, R., Michael Johan Sulistiawan, Wagiran, W., & Deby Luriawati Naryatmojo. (2024). Rekontruksi Asesmen Formatif Modul Ajar Teks Deskripsi Bagi Siswa SMP di Era Merdeka Belajar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 257–267. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3188 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3188
Destiana, D., Suchyadi, Y., & Anjaswuri, F. (2020). Pengembangan instrumen penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran produktif di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(2), 119–123. https://journal.unpak.ac.id/index.php/JPPGuseda/article/view/2720 DOI: https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1453
Djumadi, D., Sulistyanto, H., Narimo, S., Prayitno, H. J., Suleha, S., Rosita, E., Fitriyani, N., & Shohenuddin, S. (2023). Penguatan Literasi Budaya Indonesia pada Siswa Sanggar Belajar Sentul Kuala Lumpur dengan Permainan Tradisional. Buletin KKN Pendidikan, 5(2), 180–190. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i2.23177 DOI: https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i2.23177
Dr. Ahmad Heki Sujiatmoko, M. P. (2022). Konsep Dasar Asesmen Pembelajaran Bahasa. Media Nusa Creative (MNC Publishing). https://books.google.co.id/books?id=2Q2hEAAAQBAJ
Dr. E. Kosasih, M. P. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=UZ9OEAAAQBAJ
Dr. Nina Ikhwati Wahidah, S. P. I. M. P. I., Iskandar, S. P. M. P., Dr. Nikki Tri Sakung, S. P. M. P., Dr. Umi Fatonah, S. P. M. P., & Dr. Heni Rita Susila, S. P. M. P. (2025). METODOLOGI PENELITIAN PENGEMBANGAN DALAM PENDIDIKAN. Lakeisha. https://books.google.co.id/books?id=Bf5sEQAAQBAJ
Ely Hikmatul Maulidiah, Yuni Pratiwi, & Azizatuz Zahro. (2024). Nilai Pendidikan Budaya Masyarakat Madura dalam Kèjhung. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2555–2564. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3764 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3764
Fadila, F. N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerita Pendek Menggunakan Metode Alih Wahana untuk Siswa Kelas XI. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(3), 416–425. https://doi.org/10.17977/um064v1i32021p416-425 DOI: https://doi.org/10.17977/um064v1i32021p416-425
Haswinda Harpriyanti, & Noor Indah Wulandari. (2024). Mamanda sebagai Wahana Pendidikan Budaya (Kajian Etnopedagogi). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 43–58. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3062 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3062
Lanjar Widyaningsih, & Gallant Karunia Assidik. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Berbasis Pembelajaran Multimodal di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 2157–2172. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3701 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3701
Letitia Susana Beto Letek, & Yosep Belen Keban. (2021). Moderasi Beragama Berbasis Budaya Lokal Dalam Pembelajaran Pak Di Smp Negeri I Larantuka. Jurnal Reinha, 12(2), 32–44. https://doi.org/10.56358/ejr.v12i2.83 DOI: https://doi.org/10.56358/ejr.v12i2.83
Novita, I. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerpen Berdasarkan Teknik Storyboard pada Siswa Kelas XI SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 46–52. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i1.29 DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i1.29
Nuraeni, L., Hadian Tamagola, R. A., Hafida, N., Wonggor, S., Abdul Aziz, A., Siliwangi, I., Terusan Jend Sudirman No, J., Cimahi Tengah, K., Cimahi, K., Barat, J., Tompotika Luwuk, U., Banggai, K., Tengah, S., Tinggi Ilmu Sosial dan Politik Waskita Dharma Malang, S., Indragiri No, J. V, Blimbing, K., Malang, K., Timur, J., Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, S., … Sukabumi, K. (2024). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Untuk Menghadapi Isu-Isu Strategis Terkini di Era Digital. Journal on Education, 06(02), 14615–14620.
Olivia Juni Rosita Hutagalung, Ramly, R., & Hajrah, H. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berorientasi Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Berbasis Kecerdasan Majemuk. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 3629–3636. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4288 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4288
Prof. Dr. Abdurrahman, M. P. (2024). Konseling Lintas Budaya. umsu press. https://books.google.co.id/books?id=w_8vEQAAQBAJ
Putri Estrana Yasiq Ilham, Slamet Triyadi, & Wienike Dinar Pratiwi. (2022). Analisis Keteladanan Tokoh pada Buku Biografi Pramoedya Ananta Toer dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Tek Biografi di SMA Kelas X. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 878–888. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2006 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2006
Rajja. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerpen dengan Metode Cerpen-gram untuk Siswa Kelas IX di Kecamatan Muara Wahau. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 24–32. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i1.26 DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i1.26
Rizkia Nur Farikha, Imam Suyitno, & Didin Widyartono. (2024). Materi Bahasa dan Budaya dalam Program Siniar Bahasa Indonesia Bersama Windah di Spotify. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 306–321. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3219 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3219
Rosmianti, Munirah, & Abd. Rahman Rahim. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Menulis Teks Prosedur dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas VII SMPN Satu Atap Punaga Kabupaten Takalar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 604–616. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.1921 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.1921
Saputro, A. M., Arifin, M. B., & Hefni, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerita Pendek dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa Kelas XI SMK. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(2), 235–246. https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i2.98 DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i2.98
Subehi, R., & Sriyanto, S. (2021). Implementasi Assessment Of, For, dan As Learning dalam Pembelajaran Daring PAI di SMPN 8 Purwokerto. Alhamra Jurnal Studi Islam, 2(2), 111. https://doi.org/10.30595/ajsi.v2i2.10632 DOI: https://doi.org/10.30595/ajsi.v2i2.10632
Sukma, S., Asrianti, A., Pratama Bayu Santosa Efendi, & Gazali Lembah. (2024). Pengembangan Instrumen Penilaian dalam Pembelajaran Membaca Bermuatan Etika Budaya di SMP Kota Palu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 4606–4613. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4668 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4668
Sumali, A. L. (2020). Pengembangan Buku Berjenjang Cerita Rakyat Jawa Timur Untuk Mengenalkan Budaya Lokal Siswa SMP. Jurnal Bapala, 1(1), 1–10. https://bit.ly/2GyxMYO
Syamsuddin, M. (2019). History of Madura Sejarah, Budaya dan Ajaran Luhur Masyarakat Madura.
Yulianingsih, S., Fahrurrozzi, & Utami, N. C. M. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 360–373. DOI: https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5329
Zakaria, M., Sumiyadi, & Damaianti, V. (2023). Tanggapan Pemelajar Asing Tingkat Mahir dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap Bahan Ajar Berbasis Web dengan Materi Cerita Pendek. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 249–258. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11756 DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11756
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Moh Rizal Ali, Titik Harsiati, Imam Agus Basuki

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.