Pola Pemertahanan Bahasa Indonesia Bagi Warga Negara Indonesia di Belanda

  • Abd. Rahman Rahim Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Arifuddin Arifuddin Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Herman Tahir Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Hasnur Ruslan Universitas Tadulako
Keywords: Pemertahanan,  bahasa, ,Indonesia, Belanda.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pemertahanan bahasa Indonesia bagi warga Negara Indonesia yang berdomisili di negeri Belanda.-diharapkan dari penelitian ini dapat ditemukan suatu pola yang dapat dijadikan acuan dalam rangka mempertahankan pemakaian bahasa Indonesia. Penelitian ini dikategorikan ke dalam jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah selutuh WNI yang berdomisili di Belanda khususnya di Kota Denhag dan sekitarnya. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 20 orang responden yang menjadi sampel penelitian, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik persentasi.. Berdasarkan pengolahan data penelitian, dapat ditegaskan bahwa pola pemertahanan bahasa Indonesia di Belanda mengikuti lima aspek yang menyebabkan sebuah bahasa bisa bertahan dari penuturnya. Pertama, memiliki penutur bahasa dtersebut dalam jumlah besar; hal itu terbukti bagi bahasa Indonesia di Belanda. Kedua, loyalitas linguistik, yang memotivasi penutur suatu bahasa untuk tetap mempertahankan bahasanya dan, jika perlu, mencegah penmgaruh masuknya Bahasa lain; hal ini terlihat dari keseringan WNI menggunakan bahasa Indonesia khususnya di lingkungan keluarga dan tempat kerja. Ketiga, kebanggaan bahasa yang memotivasi penutur untuk memperbaiki bahasanya dan memanfaatkannya sebagai penanda individualitas dan kohesi kelompok; hal itu dapat dibuktikan secara nyata melalui berbagai aktivitas yang dilakukan oleh WNI dengan tetap m,enggunakan bahasa Indonesia.  Keempat, kesadaran adanya norma bahasa (awareness of the norm) yang mendorong orang menggunakan bahasanya dengan  cermat  dan  santun.  Kelima,  adanya  kesinambungan  pengalihan  bahasa  tutur  dari generasi terdahulu ke generasi berikutnya; Hal ini sudah dibuktikan oleh WNI dengan membiasakan penggunaan bahasa Indonesia di lingkungan rumah tangga sehingga putra putri mereka tetap bisa dan fasih berbahasa Indonesia.

 

 

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmar, Andi Muhammad, Burhanuddin Arafah, dan Wahyuddin Pardiman. 2017. “Strategi Budaya Orang Bugis Pagatan dalam Menjaga Identitas Ke-Bugis-an dalam Masyarakat Multikultur.” Kapata Arkeologi 13 (1): 73–82. https://doi.org/10.24832/kapata.v13i1.392.

Anggraini. (2005). Pemertahanan Bahasa Bugis di Desa Teluk Payo, Kecamatan Banyuasin, Kabupaten Banyuasin. (http://jurnal.upi.edu.id. diakses 17 Januari 2017).

Bramono, N., & Rahman, M. (2012). Pergeseran dan Pemertahanan Bahasa. Jurnal Ilmu Pendidikan. Hal. 4-5, http://www.journal.unipdu.ac.id, diakses25 Februari 2017.

Chaer, A., & Agustina, L. (2004). Sosiolinguitik Perkenalan Awal. Jakarta:Rineka Cipta.

Damanik, R. (2009). Pemertahanan Bahasa Simalungun di Kabupaten Simalungun. Tesis tidak diterbitkan. Hal. 25, (http://ejournal.upi.edu.id, diakses 26 Februari 2017).

Kurniawati, W. (2007). Menyelamatkan Bahasa Ibu Dari Kepunahan. Hal. 27. (http://www.linguistik.ui.id diakses 26 Februari 2017).

Lamusu, A. S, & Masie, S.R. (2013). Pemertahanan Bahasa dan Sastra DaerahGorontalo sebagai Jati Diri. Hal. 22. (http://jurnal.ung.ac.id diakses 26 Februari 2017).

Mahsun. (2005). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung:Alfabeta.

Sumarsono & Partana. (2002). Sosiolinguistik.Jakarta: Pustaka Prima.

Zulaeha, Ida, dan M. Hum. 2017. “Strategi Pemertahanan Bahasa Daerah Pada Ranah Pendidikan.” Jurnal Peradaban Melayu 12: 40–46. https://doi.org/10.37134/peradaban.vol12.5.2017.

Published
22-10-2023
How to Cite
Abd. Rahman Rahim, Arifuddin, A., Herman Tahir, & Hasnur Ruslan. (2023). Pola Pemertahanan Bahasa Indonesia Bagi Warga Negara Indonesia di Belanda: . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), 1411-1422. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2791
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)