Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Video Animasi dalam Memproduksi Teks Prosedur Sederhana pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Sendana

  • Reski Aulia Darman Ak. S Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Abd. Rahman Rahim Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Haslinda Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Media pembelajaran, video animasi, teks prosedur sederhana

Abstract

ABSTRAK

Bahasa Indonesia sangat perlu dipahami oleh siswa, salah satu materi pembelajarannya yakni teks prosedur. Teks prosedur merupakan suatu bentuk teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan yang harus ditempuh untuk melakukan sesuatu sehingga mudah dan benar dalam proses pengerjaanya. Penelitian ini bertujuan mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifan penggunaan media video animasi sebagai media pembelajaran teks prosedur pada siswa SMP Negeri 1 Sendana khususnya kelas VII dan mengacu pada kurikulum merdeka. Jenis penelitian yakni penelitian dan pengembangan (research and development (R&D)) dengan metode kuantitatif deskriptif. Model yang digunakan merupakan model Baker and Schultz meliputi tahapan perumusan, tahap spesifikasi langkah, tahap uji coba soal, tahap pengembangan produk, tahap uji coba produk, tahap revisi produk, dan tahap analisis untuk pemanfaatan. Subjek penelitian yaitu ahli materi, ahli media, guru dan siswa dengan menggunakan angket dan lembar evaluasi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yakni wawancara, tes hasil belajar, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden guru dan siswa menyatakan perlu dan sangat membutuhkan media pembelajaran video animasi dalam proses belajar atau evaluasi pembelajaran. Pada analisis validitas, validator merupakan ahli yang dipilih oleh peneliti telah memenuhi kualifikasi untuk menilai media pembelajaran menyatakan bahwa 97,7% media ini layak dan direkomendasikan untuk dapat digunakan dalam evaluasi Bahasa Indonesia khususnya pembelajaran teks prosedur untuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Majene yang ditinjau dari berbagai aspek. Taraf kepraktisan respon guru memperoleh nilai 89,2% dan respon siswa 80,00% menyatakan sangat setuju dengan media pembelajaran video animasi teks prosedur sederhana khususnya pada langkah menulis atau membuat teks prosedur sederhana dalam media video animasi yang bagus dan menarik. Hasil keefektifan media dalam memperoleh hasil ketuntasan belajar siswa adalah, 99%. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi teks prosedur sederhana yang dikembangkan sudah valid tanpa revisi. Penerapan media edukasi video animasi juga dinilai sangat menarik dengan persentase 86 %. Model pengembangan Baker and Schultz yang dipilih, telah dilakukan dan terpenuhi secara keseluruhan.

 

Kata kunci: Media pembelajaran, video animasi, teks prosedur sederhana

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, A. D. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup. Jurnal Pena Ilmiah.

Apriansyah, M. Ridwan. , K. A. Sambowo. , A. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta . Jurnal Pendidikan Teknik, 9:1.

Arsyad, A. (2020). Media Pembelajaran (A. Rahman, Ed.; cetakan ke 22). PT RajaGrafindo Persada.

Asyhar. (2011). Kreatif mengembangkan Media Pembelajaran (Afiza, Ed.; Cetakan 2). Gaung Persada Press.

Bahasa, P., Indonesia, S., Yoningsih, K. A., Bahasa, F., & Seni, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Tema Makanan Tradisional Bermuatan Nilai Humanis Untuk Pembelajaran Teks Prosedur Dan Teks Deskripsi Skripsi diajukan untuk memenuhi salah satu syarat memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Binanto, I. (2010). Multimedia Digital, Dasar Teori dan Pengembangannya (Sulastri, Ed.; cetakan 6). Andi Offset.

Devi, P. C. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Audio Visual (Video) Di Kelas Xi Sma Negeri 1 Samarinda. Diglosia, 1, Nomor 2.

Emzir. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan (S. Rinaldy, Ed.; cetakan ke 19). PT RajaGrafindo Persada.

Fernando Andrew. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran (A. kiki, Ed.; cetakan 5). Yayasan Kita Menulis .

Fitrianti Rizki. (2020). Implementasi Media Berbasis Audio Visual dalam Pembelajaran Materi Gerakan Sholat Fiqih. Jurnal Pendidikan Kreatifitas Anak, 5(2), 177–182.

Gafur, A. (2012). Desain Pembelajaran (Permana Ari, Ed.; edisi 3). Penerbit Ombak Dua.

Hadiansah, D. (2022). Kurikulum Merdeka dan Paradigma Pembelajaran Baru (R. Veronika, Ed.; Cetakan 1). Penerbit Yrama Widya.

Hamid Mustofa dkk. (2020). Media Pembelajaran (Yunita, Ed.; cetakan 2). Yayasan Kita Menulis.

Haslinda. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Kajian Apresiasi Prosa Fiksi Berbasis Kearifan Lokas Makassar Terintegrasi Mobile Learning Mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar.

Irfan. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Power Point Konsep Organ Pernapasan pada Manusia dan Hewan Kelas V SD Negeri Gaddong 1 Kota Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kartikasar, R. D. (2018). Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Kompleks . Prosiding , Volume 1.

Kosasi, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013 (Y. Mulyadi, Ed.; Cetakan 1). Penerbit Yrama Widya.

Kustandi, C. dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran (I. Fahmi, Ed.; Cetakan 2). Kencana.

Laksono, F. (2017). Pengembangan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Budaya Hidup Sehat Khususnya Kebersihan Tangan dan Kaki pada Peserta Didik Kelas II SD Negeri Semen Kecamatan Windu Sari Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah . Universitas Negeri Yogyakarta.

Marhayanti Guru SMAN, A. (n.d.). Memproduksi Teks Prosedur Kompleks Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Sma.

Nurseto, Tejo. (2011). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8:1.

Piran, W. , & S. (2011). Media Pembelajaran (R. Permana, Ed.; Edisi 5). LAN RFI.

Purba Ramen A, dkk. (2021). Media dan Teknologi Pembelajaran (Ari, Ed.; cetakan 2). Yayasan Kita Menulis.

Rosmiati. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Menulis Teks Prosedur dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Atap Punaga Kabupaten Takalar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (Ria, Ed.; cetakan 3). PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.

Sofiah, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dalam Keterampilan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas Xi Sma Islam Almaarif Singosari (Vol. 9, Issue 2).

Subarna, R. (2021). Bahasa Indonesia (T. Hartini, Ed.; cetakan 1). Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Yoningsih, K. A. (2019). Pengembangan Media Video SlideBerbasis Audio Visual dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Surabaya Tahun Pelajaran 2016/2017. Universitas Negeri Semarang

Published
09-05-2023
How to Cite
Reski Aulia Darman Ak. S, Abd. Rahman Rahim, & Haslinda. (2023). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Video Animasi dalam Memproduksi Teks Prosedur Sederhana pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Sendana. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 627-644. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2312
Section
Articles