Pembelajaran Multiliterasi berbasis Blended Learning bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Tadulako

  • Nur Halifah Universitas Tadulako
  • Taqyudin Universitas Tadulako
  • Hasnur Ruslan Universitas Tadulako
  • Efendi Universitas Tadulako
Keywords: Pembelajaran, Mutiliterasi, Blended Learning

Abstract

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia memberikan bekal kepada mahasiswa untuk siap mengajar juga siap mendidik anak-anak bangsa, sehingga dalam proses pembelajarannya diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan seluruh potensi yang dimilikinya. Praktik pembelajaran bahasa Indonesia yang meliputi keterampilan bahasa dan sastra Indonesia hendaknya relevan dengan konteks masyarakat, maka dari itu pembelajaran multiliterasi berbasis blanded learning sangat penting untuk diterapkan dalam pembelajaran atau proses belajar mengajar. Pada situasi saat ini, gencarnya pembelajaran daring akibat pandemi Covid-19 mendorong adanya pembelajaran digital. Dengan demikian, blended learning menjadi satu alternatif solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini. Blended learning adalah kombinasi belajar tatap muka, offline, dan online. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran multiliterasi berbasis blanded learning bagi mahasiswa Prodi Pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia yang  terdaftar mengikuti pembelajaran pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel secara acak akan melibatkan pembelajaran blended learning karena mata kuliah yang ditawarkan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 merupakan pembelajaran berbasis blended learning. Hasil penelitian ini memperoleh data nilai rata-rata pembelajaran luring dan daring mahasiswa pada semester II kelas A dan B , Semester IV kelas A dan C serta Semester VI kelas B dan D. Dari keenam kelas tersebut diperoleh data hasil nilai rata-rata pembelajaran luring yaitu 83.8, hasil nilai rata-rata pembelajaran daring yaitu 80,9 dan nilai rata-rata pembelajaran blanded 82.4. Berdasarkan nilai-nilai tersebut, disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaaran Multiliterasi Berbasis Blended Learning bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Tadulako memperoleh nilai rata-rata 82.4 dalam kategori BAIK..

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2018). Pembelajaran Multi Literasi. Jakarta: Refika Aditama.

Abidin, Y.et al. (2015). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Dwiyogo, Wasis D. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: Raja Grafindo.

Gagne dan Briggs. (1979). Pengertian Pembelajaran. (Online). Diunduh melalui http://www.scribd.com/doc/50015294/13/B-Pengertian-pembelajaranmenurut- beberapa-ahli (diakses pada Rabu, 2 Februari 2022, pukul 12.00 WITA)

Ghazali, S. (2010). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hamlik. 2003. Statistik Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hasibuan, J.J dan Moedijono.(2012). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya,

Khoimatun dan Wilsa (2021). Penerapan Model Pembelajaran Multiliterasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. JURNALBASICEDU, Vol. 5 No.6, Tahun 2021 Hal 596-5975. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6160

Mashudi, Toha dkk, (2007). Pembelajaran di SD. (Online). Diunduh melalui (http://masguruonline.wordpress.com/2013/05/20/karakteristikumumpembelaj arandisekolahdasar/) pada Selasa, 1 Februari 2022, pukul 12.00 WITA)

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Suparman, S. (2021). Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 280-294.

Morocco. (2008). Supported Literacy for Adolescent: Transforming Teaching and Content Learning for Twenty-Fisrt Century. San Francisco: Jossey-Bass A Wiley Imprint.

Rahman, & dkk. (2018). Writing Proses Through Think Talk Write Model Based

on Video in Elementary School. Seminar International Conference on Local Wisdom (pp. 1-12). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta: Article in Press.

Suparman, S., & Nurfisani, N. (2021). Kemampuan Membaca Nyaring melalui Model Pembelajaran Pair Check Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Palopo. Jurnal Sinestesia, 11(1), 41-51.

Rahman, F. A., & S. Damaianti, V. (2019). Model Multiliterasi Kritis Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 27-34. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081

Rohman, Natawijaya. (1992). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono. (2020). Penelitian Pendididkan, Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP.Jakarta: Bumi Aksara.

Suparman, S. (2019). Transkripsi Fonetis Cerita Rakyat Massenrempulu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 5(1), 314-327.

Yunizha,Vindiasari.2021. Memahami Konsep Blended Learning Dan Manfaatnya. Artikel (Online) Ruang Kerja Guru. Diunduh Melalui Https://Www.Ruangkerja.Id/Blog/Memahami-Konsep-Blended-Learning-Dan-Manfaatnya, Rabu, 2 Februari 2022, Pukul 18.00 Wita.

Published
29-04-2023
How to Cite
Nur Halifah, Taqyudin, Hasnur Ruslan, & Efendi. (2023). Pembelajaran Multiliterasi berbasis Blended Learning bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Tadulako. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 439-445. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2214
Section
Articles