Pembelajaran Multiliterasi berbasis Blended Learning bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Tadulako
Abstract
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia memberikan bekal kepada mahasiswa untuk siap mengajar juga siap mendidik anak-anak bangsa, sehingga dalam proses pembelajarannya diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan seluruh potensi yang dimilikinya. Praktik pembelajaran bahasa Indonesia yang meliputi keterampilan bahasa dan sastra Indonesia hendaknya relevan dengan konteks masyarakat, maka dari itu pembelajaran multiliterasi berbasis blanded learning sangat penting untuk diterapkan dalam pembelajaran atau proses belajar mengajar. Pada situasi saat ini, gencarnya pembelajaran daring akibat pandemi Covid-19 mendorong adanya pembelajaran digital. Dengan demikian, blended learning menjadi satu alternatif solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini. Blended learning adalah kombinasi belajar tatap muka, offline, dan online. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran multiliterasi berbasis blanded learning bagi mahasiswa Prodi Pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia yang terdaftar mengikuti pembelajaran pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel secara acak akan melibatkan pembelajaran blended learning karena mata kuliah yang ditawarkan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 merupakan pembelajaran berbasis blended learning. Hasil penelitian ini memperoleh data nilai rata-rata pembelajaran luring dan daring mahasiswa pada semester II kelas A dan B , Semester IV kelas A dan C serta Semester VI kelas B dan D. Dari keenam kelas tersebut diperoleh data hasil nilai rata-rata pembelajaran luring yaitu 83.8, hasil nilai rata-rata pembelajaran daring yaitu 80,9 dan nilai rata-rata pembelajaran blanded 82.4. Berdasarkan nilai-nilai tersebut, disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaaran Multiliterasi Berbasis Blended Learning bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Tadulako memperoleh nilai rata-rata 82.4 dalam kategori BAIK..
Downloads
References
Abidin, Y. (2018). Pembelajaran Multi Literasi. Jakarta: Refika Aditama.
Abidin, Y.et al. (2015). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Dwiyogo, Wasis D. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: Raja Grafindo.
Gagne dan Briggs. (1979). Pengertian Pembelajaran. (Online). Diunduh melalui http://www.scribd.com/doc/50015294/13/B-Pengertian-pembelajaranmenurut- beberapa-ahli (diakses pada Rabu, 2 Februari 2022, pukul 12.00 WITA)
Ghazali, S. (2010). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: PT. Refika Aditama.
Hamlik. 2003. Statistik Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hasibuan, J.J dan Moedijono.(2012). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya,
Khoimatun dan Wilsa (2021). Penerapan Model Pembelajaran Multiliterasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. JURNALBASICEDU, Vol. 5 No.6, Tahun 2021 Hal 596-5975. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6160
Mashudi, Toha dkk, (2007). Pembelajaran di SD. (Online). Diunduh melalui (http://masguruonline.wordpress.com/2013/05/20/karakteristikumumpembelaj arandisekolahdasar/) pada Selasa, 1 Februari 2022, pukul 12.00 WITA)
Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Suparman, S. (2021). Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 280-294.
Morocco. (2008). Supported Literacy for Adolescent: Transforming Teaching and Content Learning for Twenty-Fisrt Century. San Francisco: Jossey-Bass A Wiley Imprint.
Rahman, & dkk. (2018). Writing Proses Through Think Talk Write Model Based
on Video in Elementary School. Seminar International Conference on Local Wisdom (pp. 1-12). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta: Article in Press.
Suparman, S., & Nurfisani, N. (2021). Kemampuan Membaca Nyaring melalui Model Pembelajaran Pair Check Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Palopo. Jurnal Sinestesia, 11(1), 41-51.
Rahman, F. A., & S. Damaianti, V. (2019). Model Multiliterasi Kritis Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 27-34. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081
Rohman, Natawijaya. (1992). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Sugiyono. (2020). Penelitian Pendididkan, Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP.Jakarta: Bumi Aksara.
Suparman, S. (2019). Transkripsi Fonetis Cerita Rakyat Massenrempulu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 5(1), 314-327.
Yunizha,Vindiasari.2021. Memahami Konsep Blended Learning Dan Manfaatnya. Artikel (Online) Ruang Kerja Guru. Diunduh Melalui Https://Www.Ruangkerja.Id/Blog/Memahami-Konsep-Blended-Learning-Dan-Manfaatnya, Rabu, 2 Februari 2022, Pukul 18.00 Wita.
Copyright (c) 2023 Nur Halifah, Ade Nurul Izatti G. Yotolembah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.