Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture pada Siswa kelas X TESHA SMK Negeri 3 Makassar

  • Hasnur Ruslan Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Keterampilan Menulis, Teks Eksposisi, Picture and Picture

Abstract

Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture di kelas X TESHA SMK Negeri 3 Makassar. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi dengan penerapan model pembelajaran Picture and Picture dalam pelajaran Bahasa Indonesia.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TESHA SMK Negeri 3 Makassar yang terdiri dari 25 siswa. Dengan pelaksanaan Model Pembelajaran Picture and Picture dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Indonesia, siswa lebih aktif, kooperatif dan melihat kenyataan dalam pembelajaran kemampuan menulis, sehingga pencapaian kemampuan menulis teks eksposisi siswa, meningkat secara signifikan. Dapat dilihat dari hasil tes diagnosis, tes siklus I dan tes siklus II.Nilai rata-rata tes siklus I adalah 52,4. Nilai ini lebih tinggi dari nilai rata-rata tes diagnosis. Tetapi hasil ini belum signifikan dari hasil yang diharapkan sesuai sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II dan pencapaian nilai rata-rata di siklus II adalah 80,4. Nilai ini dikategorikan baik. Hal ini juga mengindikasikan bahwa terdapat nilai yang signifikan dari nilai yang diharapkan yaitu 80,4

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dalman, H. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendikbud. 2013. Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/ MT.s Kelas VII. Jakarta Kemendikbud.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Munirah dan Hardian. 2016. “Pengaruh Kemampuan Kosakata Dan Struktur Kalimat Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa SMA.” Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 16 No. 1. http:// http://ejournal.upi.edu /index.php/BS_JPBSP/article/view/3064

Riska. 2016. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Kompleks Melalui Model Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) Berbasis Media Audio Visual Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Petanahan Tahun Ajaran 2015/2016”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Selia. 2014. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi dengan Pendekatan Ilmiah Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Siswa Kelas VII G SMP N 1 Kunduran Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Sobandi. 2014. Mandiri Bahasa Indonesia untuk SMA Kelas XI Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga.

Sukirno. 2013. Belajar Cepat Menulis Kreatif Berbasis Kuantum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sunarsih. 2016. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Kompleks Melalui Media Audio Visual dengan Model Concept Sentence Pada Siswa Kelas XI SMA N 1 Pejagoan Tahun Pelajaran 2015/2016.” Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Yuliyanti. 2015. “Efektivitas Strategi QUIP (questions into paragraphs)dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Imogiri Bantul DIY”. Skripsi. http://digilib.unnes.ac.id diunduh Senin 25 Agustus 2019 jam 14.00
Published
20-05-2021
How to Cite
Hasnur Ruslan. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture pada Siswa kelas X TESHA SMK Negeri 3 Makassar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 144-156. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.613
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)