Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture pada Siswa kelas X TESHA SMK Negeri 3 Makassar
Abstract
Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture di kelas X TESHA SMK Negeri 3 Makassar. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi dengan penerapan model pembelajaran Picture and Picture dalam pelajaran Bahasa Indonesia.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TESHA SMK Negeri 3 Makassar yang terdiri dari 25 siswa. Dengan pelaksanaan Model Pembelajaran Picture and Picture dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Indonesia, siswa lebih aktif, kooperatif dan melihat kenyataan dalam pembelajaran kemampuan menulis, sehingga pencapaian kemampuan menulis teks eksposisi siswa, meningkat secara signifikan. Dapat dilihat dari hasil tes diagnosis, tes siklus I dan tes siklus II.Nilai rata-rata tes siklus I adalah 52,4. Nilai ini lebih tinggi dari nilai rata-rata tes diagnosis. Tetapi hasil ini belum signifikan dari hasil yang diharapkan sesuai sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II dan pencapaian nilai rata-rata di siklus II adalah 80,4. Nilai ini dikategorikan baik. Hal ini juga mengindikasikan bahwa terdapat nilai yang signifikan dari nilai yang diharapkan yaitu 80,4
Downloads
References
Dalman, H. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kemendikbud. 2013. Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/ MT.s Kelas VII. Jakarta Kemendikbud.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Munirah dan Hardian. 2016. “Pengaruh Kemampuan Kosakata Dan Struktur Kalimat Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa SMA.” Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 16 No. 1. http:// http://ejournal.upi.edu /index.php/BS_JPBSP/article/view/3064
Riska. 2016. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Kompleks Melalui Model Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) Berbasis Media Audio Visual Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Petanahan Tahun Ajaran 2015/2016”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Selia. 2014. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi dengan Pendekatan Ilmiah Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Siswa Kelas VII G SMP N 1 Kunduran Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Sobandi. 2014. Mandiri Bahasa Indonesia untuk SMA Kelas XI Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga.
Sukirno. 2013. Belajar Cepat Menulis Kreatif Berbasis Kuantum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sunarsih. 2016. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Kompleks Melalui Media Audio Visual dengan Model Concept Sentence Pada Siswa Kelas XI SMA N 1 Pejagoan Tahun Pelajaran 2015/2016.” Skripsi Universitas Negeri Semarang.
Yuliyanti. 2015. “Efektivitas Strategi QUIP (questions into paragraphs)dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Imogiri Bantul DIY”. Skripsi. http://digilib.unnes.ac.id diunduh Senin 25 Agustus 2019 jam 14.00
Copyright (c) 2021 Hasnur Ruslan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.