Interpretasi Makna dalam Iklan Youtube

  • Hasnur Ruslan Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Haslinda Haslinda Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Iklan, Youtube, Makna

Abstract

Berdasarkan masalah yang diajukan dalam penelitian ini, yaitu tentang perubahan interpretasi makna dalam iklan youtube, maka bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Bentuk penelitian ini mampu mendeskripsikan secara teliti dan mendalam fakta-fakta yang diteliti, dalam hal ini bentuk perubahan makna iklan.Dengan kata lain, penelititan deskritif kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan secara nyata fakta-fakta yang diteliti.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa perubahan Interpretasi makna dalam iklan youtube bersifat Ilokusi dan perlokusi karena iklan yang disajikan tidak hanya berfungsi untuk menginformasikan sesuatu namun juga untuk melakukan sesuatu. Interpretasi makna juga melahirkan efek bagi masyarakat penonton memiliki pengaruh besar pada masyarakat dan kebudayaan, didasarkan pada kenyataan bahwa iklan memiliki pengaruh pada perilaku individu, bahkan kesenjangan sosial. Iklan juga membuat seseorang menjadi materialistis, egois, dan gaya hidup yang konsumtif

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ana, Gustinawati. 2014. Pengaruh Media Film Animasi terhadap Pemahaman Konsep Siswa (Kuasi Eksperimen di SMA N 2 Cibinong). (Online), Skripsi (http://www.repository.uinjkt.ac.id, diakses 8 Januari 2017).

Asih, Sulastri. 2010. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Intrinsik Dongeng dengan Metode Jigsaw pada Siswa Kelas V SDN Bandardawung 03 Tawangmangu Tahun Ajaran 2009/2010. (Online), Skripsi (http://digilibi.uns.ac.id, diakses 8 Januari 2017).

Azhar, Arsyad, 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawalli Pers.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Nurani Sejahtera.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia.

Festia, Gaby Disa Putri. 2017. Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Pendek dengan Menggunakan Media Audio Visual Film Animasi pada Siswa Kelas VB SDN Kasihan Tahun Ajaran 2016/2017. (Online), Skripsi (http://eprints.uny.ac.id), diakses 8 Januari 2017).

Halimatus, Sa’diah. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Anak pada Siswa Kelas V MI Al-Hikmah Jakarta. Online), Skripsi (http://repository.uinjkt.ac.id), diakses 8 Januari 2017).

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sutari dkk. 1998. Menyimak. Jakarta: Depdikbud.

Suhartina. 2014. Peningkatan Kemampuan Membuat Sinopsis dari Sebuah Cerpen dengan Penggunaan Audio Visual Siswa Kelas VII SMP Wahyu Makassar. Skripsi tidak diterbitkan. Makssar: Unismuh Makssar.

Tarigan. 1994. Keterampilan Menyimak. Bandung: Angkasa.

Wina, Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Wina, Sanjaya. S 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kanana Perdana Media Group.

Published
30-10-2021
How to Cite
Hasnur Ruslan, & Haslinda, H. (2021). Interpretasi Makna dalam Iklan Youtube. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 622-635. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1347
Section
Articles