Interpretasi Makna dalam Iklan Youtube
Abstract
Berdasarkan masalah yang diajukan dalam penelitian ini, yaitu tentang perubahan interpretasi makna dalam iklan youtube, maka bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Bentuk penelitian ini mampu mendeskripsikan secara teliti dan mendalam fakta-fakta yang diteliti, dalam hal ini bentuk perubahan makna iklan.Dengan kata lain, penelititan deskritif kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan secara nyata fakta-fakta yang diteliti.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa perubahan Interpretasi makna dalam iklan youtube bersifat Ilokusi dan perlokusi karena iklan yang disajikan tidak hanya berfungsi untuk menginformasikan sesuatu namun juga untuk melakukan sesuatu. Interpretasi makna juga melahirkan efek bagi masyarakat penonton memiliki pengaruh besar pada masyarakat dan kebudayaan, didasarkan pada kenyataan bahwa iklan memiliki pengaruh pada perilaku individu, bahkan kesenjangan sosial. Iklan juga membuat seseorang menjadi materialistis, egois, dan gaya hidup yang konsumtif
Downloads
References
Ana, Gustinawati. 2014. Pengaruh Media Film Animasi terhadap Pemahaman Konsep Siswa (Kuasi Eksperimen di SMA N 2 Cibinong). (Online), Skripsi (http://www.repository.uinjkt.ac.id, diakses 8 Januari 2017).
Asih, Sulastri. 2010. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Intrinsik Dongeng dengan Metode Jigsaw pada Siswa Kelas V SDN Bandardawung 03 Tawangmangu Tahun Ajaran 2009/2010. (Online), Skripsi (http://digilibi.uns.ac.id, diakses 8 Januari 2017).
Azhar, Arsyad, 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawalli Pers.
Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Nurani Sejahtera.
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia.
Festia, Gaby Disa Putri. 2017. Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Pendek dengan Menggunakan Media Audio Visual Film Animasi pada Siswa Kelas VB SDN Kasihan Tahun Ajaran 2016/2017. (Online), Skripsi (http://eprints.uny.ac.id), diakses 8 Januari 2017).
Halimatus, Sa’diah. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Anak pada Siswa Kelas V MI Al-Hikmah Jakarta. Online), Skripsi (http://repository.uinjkt.ac.id), diakses 8 Januari 2017).
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sutari dkk. 1998. Menyimak. Jakarta: Depdikbud.
Suhartina. 2014. Peningkatan Kemampuan Membuat Sinopsis dari Sebuah Cerpen dengan Penggunaan Audio Visual Siswa Kelas VII SMP Wahyu Makassar. Skripsi tidak diterbitkan. Makssar: Unismuh Makssar.
Tarigan. 1994. Keterampilan Menyimak. Bandung: Angkasa.
Wina, Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Wina, Sanjaya. S 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kanana Perdana Media Group.
Copyright (c) 2021 Hasnur Ruslan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.