Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Keterampilan Melalui Metode Keterampilan Meniru Obyek Gambar Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran keterampilan (seni rupa) menggunakan melalui metode keterampilan meniru obyek gambar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo Kota Palopo. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap siswa dalam diskusi dan menyelesaikan tugas-tugasnya, tampak bahwa metode meniru belajar mandiri dalam mengerjakan tugas-tugas lebih menggairahkan keinginan siswa dalam melakukan diskusi. Dalam mengikuti pembelajaran, siswa lebih senang dan menarik karena mereka harus tanpa berpikir lebih dahulu baru dapat mengerjakan tugas dan seperti dengan rela untuk mengerjakan tugas dalam menyimak yang secara teori kurang mereka mengerti. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat dikatakan bahwa penelitian ini berhasil karena nilai siswa mengalami peningkatan. Sesuai dengan hasil analisis, nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan dari 74,06 menjadi 90,75, daya serap mengalami peningkatan dari 74,06% menjadi 90,75% dan ketuntasan terjadi secara maksimal sebesar 100% pada siklus I dan II.
Downloads
References
Arikunto, S., Shuardjono, & Supriadi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Haling, A. (2007). Belajar dan Pembelajaran. Makassar; Badan Penerbit UNM.
Herwono. (2005). Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Mengajar dengan Menggunakan Pendekatan Kontestual. Bandung: MLC.
Maman. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Fakultas Teknik UNM. Program Peningkatan Kualifikasi Guru SMP.
Mulyasa. (2008). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rodakarya.
Nurhadi. (2004). Kurikulum 2004. (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta; PT. Gramedia Widiasaran Indonesia.
Wiriaatmadja, R. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Copyright (c) 2019 Hadiana Hadiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.