Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Add-In Classpoint pada Materi Rekonsiliasi Bank Kelas XI AKL SMKN 1 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6559Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Powerpoint Interaktif Add-In Classpoint, ADDIEAbstract
Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan dalam pembelajaran yang bertujuan untuk menyampaikan materi sehingga peserta didik lebih mudah memahami materi dalam pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang menarik dan interaktif yang sudah terintegrasi teknologi dapat membantu memahami materi dan mengurangi rasa bosan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran powerpoint interaktif add-in classpoint, menganalisis kelayakan media pembelajaran powerpoint interaktif add-in classpoint, menganalisis respon peserta didik, dan efektivitas penggunaan media pembelajaran powerpoint interaktif add-in classpoint pada materi rekonsiliasi bank kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK. Peneliti menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang dikembangkan oleh Branch. Subjek uji coba media pembelajaran powerpoint interaktif add-in classpoint adalah peserta didik kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Surabaya. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah kuisioner (angket) yang terdiri dari lembar telaah para ahli, lembar validari para ahli, dan lembar angket respon peserta didik. Analisis data dalam penelitian ini melibatkan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran powerpoint interaktif add-in classpoint memperoleh penilaian dari ahli materi mencapai 87%, penilaian dari ahli media mencapai 95% dengan kategori “Sangat Layak”, penilaian dari ahli bahasa mencapai 96% dengan kategori “Sangat Layak”, dan respon peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran mencapai 96% dengan kriteria “Sangat Memahami”. Uji efektivitas menggunakan uji N-Gain dengan memperoleh nilai 0,63 dan presentase sebesar 63% dengan kategori “Sedang”.
Downloads
References
Afni, N., & Jalil, A. (2021). Peran Pendidikan Akuntansi Dalam Masyarakat. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.24239/jipsya.v3i1.35.1-15
Arshad, N. W., Bakar, M. S., Hasan, N., Karim, R. A., & Wahab, Y. A. (2023). Implementing Book-end Division Approach using ClassPoint to Energize Electrical and Electronics Engineering Student Engagement. Asean Journal of Engineering Education, 7(2), 51-57. https://doi.org/10.11113/ajee2023.7n2.138
Aulia, A. F., Asbari, M., & Wulandari, S. A. (2024). Kurikukulum merdeka: Problematik guru dalam implementasi teknologi informasi pada proses pembelajaran. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 65-70. https://doi.org/10.4444/jisma.v3i2.955
Azizah, R. W., Gimin, G., & Mujiono, M. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbantuan Classpoint untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 7872-7880. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.4796
Azmi, S., Sripatmi, Junaidi, & Wahidaturrahmi. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Powerpoint Berbasis Classpoint pada Materi Matematika SMP. Mandalika Mathematics and Education Journal, 6(1), 384.
Basri, A. M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan. Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 4(2), 60-69.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design : The ADDIE Approach. Springer Science+Business Media.
Chanifah, U. (2020). Akuntansi Keuangan Untuk SMK/MAK Kelas XII, Bidang Keahlian: Bisnis dan Manajemen, Program Keahlian: Akuntansi dan Keuangan, Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga. CV Putra Nugraha.
Chau, T. H. T., & Pham, Q. V. B. (2023). EFL Learners’ Perception of Class Point Tool Application in Enhancing their Satisfaction and Active Learning in Classroom. Vietnam Journal of Education, 7(3), 302–312. https://doi.org/10.52296/vje.2023.309
Classpoint. (2023). Interactive Classroom Quiz in PowerPoint. https://www.classpoint.io/
Dewi, A. K., Ayuwanti, I., & Setyawati, A. (2024). Perbandingan model pembelajaran problem posing dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 5(1), 84-89. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.5097
Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291-299.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Jannah, R. (2022). Analisis Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Power Point Terhadap Kebutuhan Multimedia Interaktif di MIN 5 Aceh Barat (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).
Kaniawati, E., Mardani, M. E., Lestari, S. N., Nurmilah, U., & Setiawan, U. (2023). Evaluasi Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 18-32. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.954
Karna, S. D., Adrias, A., & Zulkarnaini, A. P. (2025). Efektivitas dan tantangan penggunaan media pembelajaran interaktif di sekolah dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(2), 319-325. https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i2.3840
Khoiriyah, B., Mustaqim, A., & Utama, M. M. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif melalui Aplikasi Classpoint pada Mata Pelajaran Fikih Bab Mawārits di MTs Negeri 4 Bantul. Jurnal Asy-Syukriyyah, 25(2), 162-178. https://doi.org/10.36769/asy.v25i2.574
Lilisuryani, M. P., Shoffa, S., Irma Setyawati, S. E., Napitupulu, M. D. D., Maulana, A. E., Batmomolin, A., ... & Ferwati, W. PT. Pena Persada Kerta Utama.
Mazidah, N., Kartini, T., & Kantun, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Icare Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X AK 2 SMK Al Qodiri Jember Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Posting Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019). Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 14(1), 246–252. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i1.12426
Morata, J. A., & Caballes, D. (2024). The use of digital game-based learning on numeracy of grade 7 students using class point: an input to professional development of teachers. Science International (Lahore), 36(2), 177-188.
Nadiyah, F. A., & Arif, A. (2023). Pengaruh Burnout, Media Sosial, Dan Penggunaaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Dasar Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Akl Smk Yapalis Krian. EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 4(1), 70–80. https://doi.org/10.24127/edunomia.v4i1.4876
Nazriyah, N. A., & Lian, B. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Kuis Berbasis Classpoint Menggunakan Powerpoint Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SD Negeri 9 Muara Padang: Media Pembelajaran, Kuis Berbasis Classpoint. Jurnal Pendidikan, 13(1), 12-18. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v13i1.112
Ni’mah, A. M. U., & Supriyo, S. U. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Classpoint Pada Materi Relasi dan Fungsi di SMPN 4 Pasuruan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1).
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran Hadits Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-210. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Pramesti, D., & Rochmawati. (2024). Pengembangan Media Ajar Interaktif Berbantuan Microsoft Powerpoint Menggunakan Add-In Classpoint pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Kelas XI AKL. Reslaj : Religiom Education Social Laa Rioba Journal, 6(11), 2266–2282. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i11.4257
Prastowo, A. (2018). Transformasi kurikulum pendidikan dasar dan menengah di Indonesia. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 4(2), 111-125. https://dx.doi.org/10.19109/jip.v4i2.2567
Rahayu, R., Andayani, E., & Mardiana, R. (2024). Pengembangan Kuis Interaktif Dengan Classpoint Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 18(1), 28-34. https://doi.org/10.21067/jppi.v18i1.9824
Rhiyanto, D. F. P., & Rachmadiarti, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Add-Ins Classpoint Materi Bioteknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta Didik Kelas XII SMA/MA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12(2), 452-465. https://doi.org/10.26740/bioedu.v12n2.p452-465
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Rizky, M., Jadidah, I. T., Pratama, M. A. P., Nadilah, A. N., & Apriana, A. (2023). Transformasi Pendidikan: Pengaruh Media Pembelajaran Classpoint Terhadap Minat Belajar Materi IPS Siswa Madrasah Ibtidaiyah Palembang. Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 91-99. http://dx.doi.org/10.19109/limas_pgmi.v4i2.20611
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Syarifuddin, M. P., & Utari, E. D. (2022). Media pembelajaran (dari masa konvensional hingga masa digital). Bening Media Publishing.
Usyanti, N. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Rekonsiliasi Bank Untuk Kelas Xi Akuntansi Smk Negeri I Lamongan. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(2).
Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas pembelajaran statistika pendidikan menggunakan uji peningkatan n-gain di PGMI. Jurnal basicedu, 5(2), 1039-1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845
Wahyuningsih, S. R., Saleh, J., Syakhruni, S., & Rahman, W. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Classpoint Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Yang Sesuai Dengan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 873-880.
Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis kesulitan guru dalam penggunaan media pembelajaran online di sekolah dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211-221. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61-78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963
Zulfa, K., Muryani, S., & Dewi, N. R. (2023). Penerapan Model Kooperatif Number Head Together berbantuan Classpoint untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 19 Semarang pada Materi Tekanan. Kecemerlangan Pendidikan IPA Untuk Konservasi Sumber Daya Alam, 359–366.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ika Wahyu Amelia, Amirul Arif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.