Pembuktian Kemampuan Anti Bakteri Ekstrak Daun dan Kulit Jarak Pagar (Jatropha culcas) Terhadap Bakteri Staphylococcus aureus Secara In Vitro Dalam Pembelajaran Dengan Metode PBL Terhadap Mahasiswa Semester VII Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNWIRA

  • Lukas Seran Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Katolik Widya Mandira
  • Rikardus Herak Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Katolik Widya Mandira
  • Hildegardis Missa Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Katolik Widya Mandira
Keywords: antibakteri, ekstrak jarak pagar, Staphylococcus aureus, in vitro

Abstract

Seiring dengan kerusakan ekosistem dan habitat makluk hidup termasuk yang bersel satu, menyebabkan bermigrasinya makluk hidup tersebut termasuk pada tubuh manusia sehingga menimbulkan penyakit. Mikroba S. aureus termasuk salah mikroba pathogen yang mudah resisten terhadap obat-obatan bila ditangani secara salah. Pengendalian terhadap mikroba yang sudah resisten dilakukan dengan cara mencari obat baru yang dapat menghambat dan atau mematikan mikroba resisten tersebut. Salah satu yang secara tradisional digunakan masyarakat secara tradisional yaitu jarak pagar. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab masalah: apakah ekstrak jarak pagar berkemampuan sebagai antibakteri terhadap bakteri S. aureus secara in vitro? Mengacu pada rumusan masalah tersebut maka tujuan yang mau dicapai dari penelitian ini yaitu membuktikan ada tidaknya khasiat tumbuhan jarak pagar yang diekstraksi melalui indikator terbentuk tidaknya zona bening pada kondisi in vitro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak tumbuhan jarak pagar terbukti berkemampuan sebagai antibakteri pada level konsentrasi 25%, 50%, 75% dan 100%. Berkemampuan sebagai antibakteri, dengan zona hambat terbesar terjadi pada konsentrasi 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Amir, T. (2007). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidikan Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Duch. (2001). Pembelajaran Berbasis Masalah. Jakarta: Sejarah Indonesia

Glazer, E. (2001). Problem Based Instruction. In M. Orey (Ed), Emerging Perspectives on Learning, Teaching, and Technology.

Hambali, E. (2007). Teknologi Bionergi. Bogor. PT. Agromedia Pustaka.

Prihandana, R. & Handoko, R. (2006). Petunjuk Budidaya Jarak Pagar. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Hasnan, & Mahmud, Z. (2006). Panduan Pembenihan Jarak Pagar (Jatropha Curcas L).

Savery. (1995). Problem Based Learning: An Instructional Model and Its Constructivist Framework.

Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tjitrosoepomo, G. (2003). Morfologi Tumbuhan, Edisi Ke 14. Yogyakarta: Gadjamada University Press.

Trianto. (2007). Model-model pembelajaran inovatif Berorientasi kontruktifistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Published
23-02-2020
How to Cite
Seran, L., Herak, R., & Missa, H. (2020). Pembuktian Kemampuan Anti Bakteri Ekstrak Daun dan Kulit Jarak Pagar (Jatropha culcas) Terhadap Bakteri Staphylococcus aureus Secara In Vitro Dalam Pembelajaran Dengan Metode PBL Terhadap Mahasiswa Semester VII Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNWIRA. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 39-50. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.244
Section
Articles