Peranan Supervisi Terhadap Kinerja Guru SD di Daerah Binaan Gugus Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur

  • Ulu Emanuel Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor
Keywords: supervisi, kinerja guru SD, daerah binaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan mencari tahu peranan supervisi terhadap pekerjaan guru di sekolah dasar, dalam hal peningkatan kualitas pembelajaran. Dari análisis data menunjukkan bahwa kinerja guru di daerah binaan gugus Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran dapat ditingkatkan melalui kegiatan supervisi. Pada akhir siklus II tingkat kemampuan guru dalam menyusun Perangkat Pembelajaran, dengan tingkat kemampuan “sempurna” sebanyak 65 guru atau 92,86 %. Berdasarkan simpulan yang diperoleh maka disampaikan saran-saran sebagai berikut: (1) Para guru, khususnya dalam mengikuti kegiatan pengawasan, hendaknya selalu aktif memperhatikan dengan seksama serta rajin dalam latihan menyusun perangkat pembelajaran yang diberikan oleh Supervisor dan (2) guru dapat lebih aktif, rajin, disiplin dan kreatif dalam menyusun perangkat pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah sesuai dengan petunjuk teknis menyusun perangkat pembelajaran yang baik dan benar. Selain itu, Supervisor hendaknya mampu menggunakan teknik pengawasan yang tepat, menggunakan alat peraga dan baik supervisor maupun guru berperan aktif dalam proses kegiatan pengawasan akademik.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Author Biography

Ulu Emanuel, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Dr. Ulu Emanuel, M.Ed. lahir di Abat, Kabupaten Belu, Timor, 18 Juni 1958. Ia menyelesaikan pendidikan sekolah dasar di SD Katolik Atapupu dan tamat 1970,  SMP Seminari Lalian, Atambua dan tamat 1973 dan SMA Seminari Lalian, Atambua dan Tamat 1976.

Ia menyelesaikan studi S1 dari Jurusan Filsafat dan Teologi, Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Flores, NTT dan tamat tahun 1984 dengan judul skripsi “Penelitian tentang Proses Belajar Mengajar di SPGK Bhaktyarsa Maumere.” Ia pernah meraih Diploma Empat (D4) di Bidang Educational Computing  di Curtin University of Technology, Perth, Western Australia dan tamat tahun 1993. Ia juga menyelesaikan S2 di Curtin University of Technology, Perth, Western Australia dan tamat tahun 1994 dengan judul tesis “Using Computers for Teaching English in Year-1 Junior High School in Indonesia dan tamat tahun 1994”. Ia menyelesaikan S3 di Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung dan tamat tahun 2007 dengan judul disertasi “Model Stratejik Pendidikan untuk Wilayah Lintas Perbatasan.”

Sebagai mantan birokrat Pemda Belu, jabatan terakhir yang diembannya ialah Asisten Administrasi Sekda Belu (Eselon 2b) dari tahun 2014 - 2017. Saat ini, ia adalah Dosen Tetap pada Fakultas Ilmu Pendidikan UNIMOR, yang ditempatkan di Program Studi Pendidikan bahasa Inggris. Ia mengampu sejumlah mata kuliah seperti Belajar dan Pembelajaran, Administrasi dan Supervisi Pendidikan dan Bahasa Inggris Ekonomi. Ia bisa dikontak melalui No. HP 081222275318.

References

Depdikbud. (2007). Materi Bintek Pengawas TK SD/SDLB Provinsi Jawa Tengah. Tahun 2007. Semarang: Dinas P dan K.

Djamal, M. (1986). Metodik Khusus Pendidikan. Jakarta: Depatemen Agama.

Harris. (1975). Supervisi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press.

Rahim, H. (2001). Pengembangan Profesional dan Petunjuk Penulisan Karya Ilmiah, Jakarta: Dirjend Depag RI.

Published
16-04-2020
How to Cite
Emanuel, U. (2020). Peranan Supervisi Terhadap Kinerja Guru SD di Daerah Binaan Gugus Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 157-165. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.251
Section
Regular Articles