Pengaruh Penerapan Strategi Active Learning Tipe Peer Lesson Berbantuan Power Point Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa

Authors

  • Adha Kurnianti Universitas Patompo
  • Arwin Arif Universitas Patompo

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6493

Keywords:

Strategi Active Learning, Peer Lesson, Power Point, Hasil Belajar, Pembelajaran Biologi

Abstract

Studi ini bermaksud untuk menentukan efektifitas implementasi strategi active learning tipe peer lesson berbantuan power point terhadap hasil belajar biologi siswa. Jenis studi ini yaitu Quasi Eksperimen dengan tahap pretest,dan posttes non equivalent control group design. Variabel independen dari penelitian adalah metode pembelajaran aktif jenis peer lesson dan  variable dependen adalah hasil belajar. Populasi penelitian ini mencakup semua siswa kelas XI IPA SMAN 8 Gowa yang berjumlah 117 siswa yang terbagi kedalam 3 kelas, dengan sampel sebanyak 70 siswa terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas IPA2 dan kelas IPA3. pengumpulan informasi dilakukan dengan memberikan kuis atau ujian soal pilihan ganda sebanyak 20 nomor baik sebelum (pretest) maupun sesudah (posttest) pemberian perlakuan. Teknik analisis data secara deskriptif maupun melalui inferensial dengan uji-T.  Berdasarkan hasil analisis data deskriptif diperoleh bahwa kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 58,89 dan posttest sebesar 79,51 dengan persentase KKM 85,71% dan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 60,77 dan posttest sebesar 89,63 dengan persentase KKM 88,57%.Sementara itu, dalam Uji Hipotesis T-test, nilai sig<a diketahui nilai Sig (2 tailed) sebesar 0,000< a = 0,05, maka sebagaimana hasil pengambilan keputusan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa implementasi strategi active learning tipe peer lesson berbantuan power point memiliki dampak yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.sehingga dapat direkomendasikan untuk dimanfaatkan oleh guru atau siswa dalam proses belajar-mengajar disekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albina, M., Safiâ, A., Gunawan, M. A., Wibowo, M. T., Sitepu, N. A. S., & Ardiyanti, R. (2022). Model pembelajaran di abad ke 21. Warta Dharmawangsa, 16(4), 939-955. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2446

Arif, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Hypnolearning terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Harapan Bhakti Makassar. Biology and Education Journal, 2(2), 12-21. https://doi.org/10.25299/baej.2022.11062

Baharun, H. (2015). Penerapan pembelajaran active learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di madrasah. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 1(1).

Budianti, Y., Rikmasari, R., & Oktaviani, D. A. (2023). Penggunaan media PowerPoint interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 127. http://dx.doi.org/10.24036/jippsd.v7i1.120545

Epa Paujiah, E., & Lora Purnamasari, L. (2016). Effect of Learning Strategy on Peer Lesson Type to Control The Concept Biological Materials on Ecosystem. BioCONCETTA, 2(2), 56-63.

Erawati, D. (2022). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 SD Negeri 6 Pajar Bulan. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 5, No. 6, pp. 1086-1093). https://doi.org/10.20961/shes.v5i6.84421

Fernando, Y., Andriani, P., & Syam, H. (2024). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61-68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843

Fitri, F., Triani, S. N., & Fitriadi, F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Peer Lesson Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 7 Singkawang. Cakrawala Linguista, 3(2), 118-131. https://dx.doi.org/10.26737/cling.v3i2.2093

Hani, D., Sugiatno, S., Rini, R., & Warsah, I. (2020). Active Learning Strategy Through Peer Lesson: An Effort to Instill Positive Behavior in Elementary School. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 1-14. https://doi.org/10.24256/pijies.v3i2.1450

Hayyi, A., Zurqoni, & Rhendica. (2023). Pengaruh strategi pembelajaran aktif terhadap motivasi dan hasil belajar pendidikan agama Islam sekolah menengah pertama di Samarinda. JIP: Jurnal Inspiratif Pendidikan, 12(1), 261–273. https://doi.org/10.24252/ip.v12i1.40835

Hidayat, R., & Effendi, E. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Nearpod Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA:(The Use of Nearpod-Based Interactive Learning Media to Increase Biology Learning Achievement of High School Students). BIODIK, 10(2), 30-36. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.27778

Huda, A. I. N., & Abduh, M. (2021). Peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning pada siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1594-1601. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.629

Junaidi, J. (2019). Peran media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Diklat Review: Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45-56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Nasrudin, N., & Maryadi, M. (2019). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam pembelajaran di SD. Manajemen Pendidikan, 13(2), 15-23. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.6363

Nawati, A., Yulia, Y., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi model problem based learning terhadap hasil belajar IPA pada siswa sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6167-6180.

Noviyanti, N., Yuniarti, Y., & Lestari, T. (2023). Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan computational thinking siswa sekolah dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 283-293. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3.2806

Omar, G. (2025). Service Excellence and How Its Impacting Service Industries. Journal of Current Research in Business and Economics, 4(1), 974-1002.

Ramdani, N. G., Fauziyyah, N., Fuadah, R., Rudiyono, S., Septiyaningrum, Y. A., Salamatussa'adah, N., & Hayani, A. (2023). Definisi dan teori pendekatan, strategi, dan metode pembelajaran. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 2(1), 20-31. https://doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(1).20-31

Relita, D. T., Marganingsih, A., & Ningsih, U. I. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lessons Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4(2), 1-12. https://doi.org/10.15408/sd.v4i2.7986

Sari, M., Ningsih, M. M. S., Febriani, M., Febrianty, A., Prawita, T. W., & Nurjannah, A. (2024). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Student Centered Learning. Warta Dharmawangsa, 18(1), 219-230. https://doi.org/10.46576/wdw.v18i1.4267

Suliyanto, S. E., & MM, S. (2017). Metode penelitian kuantitatif.

Supriadi, A., Suprijono, A., Imron, A., & Marzuqi, M. I. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berpikir Induktif (Thinking Inductively) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran IPS. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 3(3), 248-256. https://doi.org/10.26740/penips.v3i3.56197

Susilo, J., Muliawati, H., Rosmaya, E., & Rachmawati, U. (2023). Metode Peer Teaching Berbasis Lesson Study dalam Meningkatan Kompetensi Interpersonal Mahasiswa (Lesson Study-Based Peer Teaching Methods in Improving Student Interpersonal Competence). Indonesian Language Education and Literature, 8(2), 347-361. https://doi.org/10.24235/ileal.v8i2.11373

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan tanah dan keberlangsungan kehidupan di Kelas IXb semester genap SMPN 4 Monta tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80-94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39

Tampubolon, B. (2020). Motivasi belajar dan tingkat belajar mandiri dalam kaitannya dengan prestasi belajar mahasiswa. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 5(2), 34. https://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v5i2.1920

Wahyuni, A. S. (2022). Literature review: pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran ipa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118-126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Wajdi, M. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lesson Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas Xi Sma Negeri 3 Takalar. Hybrid: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 2(3), 11-19. https://doi.org/10.51574/hybrid.v2i3.1553

Yuliansah, Y. (2018). Efektivitas media pembelajaran powerpoint berbasis animasi dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar. Efisiensi, 15(2), 24-32. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v15i2.24491

Zai, E., & Laoli, B. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Tuhemberua Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Edueco, 6(2), 239-249. https://doi.org/10.36277/edueco.v6i2.171

Published

2025-09-25

How to Cite

Kurnianti, A., & Arif, A. (2025). Pengaruh Penerapan Strategi Active Learning Tipe Peer Lesson Berbantuan Power Point Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 1501–1511. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6493

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.