Intensive English Program (IEP) Meningkatkan Penguasaan Vocabulary

  • Eva Sulistiana STIKES Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan
  • Wardatun Nadzifah STIKES Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan
  • Moh. Samsul Arifin STIKES Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan
Keywords: Intensvie English Program, Vocabulary

Abstract

Vocabulary merupakan salah satu komponen dalam penguasaan bahasa asing untuk mendukung mahasiswa dalam mempraktekan speaking dengan baik. Usaha untuk meningkatan vocabulary menjadi kendala bagi para mahasiswa yang belajar bahasa inggris sebagai bahasa asing. Peningkatan vocabulary bisa dilakukan menggunakan berbagai upaya. Salah satunya melalui program Intensive Bahasa Inggris. Program Intensive menfasilitasi para mahasiswa dengan jadwal yang intensive, materi dan praktik percakapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intensive English Program dalam meningkatan vocabulary pada mahasiswa Stikes Hafshwaty. Metode penelitian menggunakan pre-experimental dan desain one group pre and post test design. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa Tingkat 1 Stikes Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan sebanyak 106 mahasiswa. Teknik sampling menggunakan cluster sampling, diperoleh sampel 84 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan format penilaian dan wawancara serta dianalisis menggunakan paired t-test. Hasil penelitian menginformasikan bahwa nilai rata rata vocabulary sebelum treatment adalah 1.4881 dan sesudah treatment 2.2500  atau terjadi peningkatan sebesar 0.7619 kali.  Berdasarkan uji statistik diperoleh p = 0,000 (< 0,05) sehingga ada pengaruh yang signifikan antara Intensive English Program terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abouzeid, R. (2018). The Effect of an Intensive English Program on the Vocabulary Size of Lebanese English Foreign Learners. International Journal of English Linguistics, 8(6).

Sinaga, F. (2010). Peranan Bahasa Inggris Dalam Era Globalisasi. http://kursusinggris.wordpress.com, diakses tanggal 20 September 2019

Lado, R. (1979). Language teaching. A scientific approach. Bombay-New Delhi: Tata McGraw-Hill Publshing Co.LTD.

Muncie, J. (2002). Process writing and vocabulary development: comparing Lexical Frequency Profiles across drafts. System, 30. 225-235

Mukundan, J., Mahvelati, E. H., & Nimehchisalem, V. (2012). The effect of an intensive English program on Malaysian secondary school students’ language proficiency. English Language Teaching, 5(11), 1-7. https://doi.org/10.5539/elt.v5n11p1

Nunan, D. (1991). Language teaching methodology: A textbook for teachers. Sydney: Prentice Hall International (UK) Ltd.

Sitorus, R. H. (1993). Cara mudah belajar bahasa Inggris: English vocabulary. Bandung: CV. Pionir Jaya.

Tarigan, H. G. (1986). Pengajaran kosakata. Bandung: Penerbit Angkasa

Published
2019-10-12
How to Cite
Sulistiana, E., Nadzifah, W., & Arifin, M. S. (2019). Intensive English Program (IEP) Meningkatkan Penguasaan Vocabulary. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(3), 236-240. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.3.2019.46