Pengaruh Penerapan Strategi Active Learning Tipe Peer Lesson Berbantuan Power Point Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6493Keywords:
Strategi Active Learning, Peer Lesson, Power Point, Hasil Belajar, Pembelajaran BiologiAbstract
Studi ini bermaksud untuk menentukan efektifitas implementasi strategi active learning tipe peer lesson berbantuan power point terhadap hasil belajar biologi siswa. Jenis studi ini yaitu Quasi Eksperimen dengan tahap pretest,dan posttes non equivalent control group design. Variabel independen dari penelitian adalah metode pembelajaran aktif jenis peer lesson dan variable dependen adalah hasil belajar. Populasi penelitian ini mencakup semua siswa kelas XI IPA SMAN 8 Gowa yang berjumlah 117 siswa yang terbagi kedalam 3 kelas, dengan sampel sebanyak 70 siswa terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas IPA2 dan kelas IPA3. pengumpulan informasi dilakukan dengan memberikan kuis atau ujian soal pilihan ganda sebanyak 20 nomor baik sebelum (pretest) maupun sesudah (posttest) pemberian perlakuan. Teknik analisis data secara deskriptif maupun melalui inferensial dengan uji-T. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif diperoleh bahwa kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 58,89 dan posttest sebesar 79,51 dengan persentase KKM 85,71% dan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 60,77 dan posttest sebesar 89,63 dengan persentase KKM 88,57%.Sementara itu, dalam Uji Hipotesis T-test, nilai sig<a diketahui nilai Sig (2 tailed) sebesar 0,000< a = 0,05, maka sebagaimana hasil pengambilan keputusan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa implementasi strategi active learning tipe peer lesson berbantuan power point memiliki dampak yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.sehingga dapat direkomendasikan untuk dimanfaatkan oleh guru atau siswa dalam proses belajar-mengajar disekolah.
Downloads
References
Albina, M., Safiâ, A., Gunawan, M. A., Wibowo, M. T., Sitepu, N. A. S., & Ardiyanti, R. (2022). Model pembelajaran di abad ke 21. Warta Dharmawangsa, 16(4), 939-955. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2446
Arif, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Hypnolearning terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Harapan Bhakti Makassar. Biology and Education Journal, 2(2), 12-21. https://doi.org/10.25299/baej.2022.11062
Baharun, H. (2015). Penerapan pembelajaran active learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di madrasah. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 1(1).
Budianti, Y., Rikmasari, R., & Oktaviani, D. A. (2023). Penggunaan media PowerPoint interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 127. http://dx.doi.org/10.24036/jippsd.v7i1.120545
Epa Paujiah, E., & Lora Purnamasari, L. (2016). Effect of Learning Strategy on Peer Lesson Type to Control The Concept Biological Materials on Ecosystem. BioCONCETTA, 2(2), 56-63.
Erawati, D. (2022). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 SD Negeri 6 Pajar Bulan. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 5, No. 6, pp. 1086-1093). https://doi.org/10.20961/shes.v5i6.84421
Fernando, Y., Andriani, P., & Syam, H. (2024). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61-68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843
Fitri, F., Triani, S. N., & Fitriadi, F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Peer Lesson Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 7 Singkawang. Cakrawala Linguista, 3(2), 118-131. https://dx.doi.org/10.26737/cling.v3i2.2093
Hani, D., Sugiatno, S., Rini, R., & Warsah, I. (2020). Active Learning Strategy Through Peer Lesson: An Effort to Instill Positive Behavior in Elementary School. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 1-14. https://doi.org/10.24256/pijies.v3i2.1450
Hayyi, A., Zurqoni, & Rhendica. (2023). Pengaruh strategi pembelajaran aktif terhadap motivasi dan hasil belajar pendidikan agama Islam sekolah menengah pertama di Samarinda. JIP: Jurnal Inspiratif Pendidikan, 12(1), 261–273. https://doi.org/10.24252/ip.v12i1.40835
Hidayat, R., & Effendi, E. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Nearpod Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA:(The Use of Nearpod-Based Interactive Learning Media to Increase Biology Learning Achievement of High School Students). BIODIK, 10(2), 30-36. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.27778
Huda, A. I. N., & Abduh, M. (2021). Peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning pada siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1594-1601. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.629
Junaidi, J. (2019). Peran media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Diklat Review: Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45-56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Nasrudin, N., & Maryadi, M. (2019). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam pembelajaran di SD. Manajemen Pendidikan, 13(2), 15-23. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.6363
Nawati, A., Yulia, Y., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi model problem based learning terhadap hasil belajar IPA pada siswa sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6167-6180.
Noviyanti, N., Yuniarti, Y., & Lestari, T. (2023). Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan computational thinking siswa sekolah dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 283-293. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3.2806
Omar, G. (2025). Service Excellence and How Its Impacting Service Industries. Journal of Current Research in Business and Economics, 4(1), 974-1002.
Ramdani, N. G., Fauziyyah, N., Fuadah, R., Rudiyono, S., Septiyaningrum, Y. A., Salamatussa'adah, N., & Hayani, A. (2023). Definisi dan teori pendekatan, strategi, dan metode pembelajaran. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 2(1), 20-31. https://doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(1).20-31
Relita, D. T., Marganingsih, A., & Ningsih, U. I. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lessons Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4(2), 1-12. https://doi.org/10.15408/sd.v4i2.7986
Sari, M., Ningsih, M. M. S., Febriani, M., Febrianty, A., Prawita, T. W., & Nurjannah, A. (2024). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Student Centered Learning. Warta Dharmawangsa, 18(1), 219-230. https://doi.org/10.46576/wdw.v18i1.4267
Suliyanto, S. E., & MM, S. (2017). Metode penelitian kuantitatif.
Supriadi, A., Suprijono, A., Imron, A., & Marzuqi, M. I. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berpikir Induktif (Thinking Inductively) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran IPS. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 3(3), 248-256. https://doi.org/10.26740/penips.v3i3.56197
Susilo, J., Muliawati, H., Rosmaya, E., & Rachmawati, U. (2023). Metode Peer Teaching Berbasis Lesson Study dalam Meningkatan Kompetensi Interpersonal Mahasiswa (Lesson Study-Based Peer Teaching Methods in Improving Student Interpersonal Competence). Indonesian Language Education and Literature, 8(2), 347-361. https://doi.org/10.24235/ileal.v8i2.11373
Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan tanah dan keberlangsungan kehidupan di Kelas IXb semester genap SMPN 4 Monta tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80-94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39
Tampubolon, B. (2020). Motivasi belajar dan tingkat belajar mandiri dalam kaitannya dengan prestasi belajar mahasiswa. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 5(2), 34. https://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v5i2.1920
Wahyuni, A. S. (2022). Literature review: pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran ipa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118-126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562
Wajdi, M. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lesson Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas Xi Sma Negeri 3 Takalar. Hybrid: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 2(3), 11-19. https://doi.org/10.51574/hybrid.v2i3.1553
Yuliansah, Y. (2018). Efektivitas media pembelajaran powerpoint berbasis animasi dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar. Efisiensi, 15(2), 24-32. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v15i2.24491
Zai, E., & Laoli, B. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Tuhemberua Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Edueco, 6(2), 239-249. https://doi.org/10.36277/edueco.v6i2.171
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adha Kurnianti, Arwin Arif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.