Penerapan Multimedia untuk Meningkatkan Capaian Pembelajaran Peserta Didik Memahami Bagian-Bagian Mesin Bubut di SMK Negeri 1 Karangawen
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6410Keywords:
Penerapan, Multimedia, Capaian Pembelajaran, Media Pembelajaran, True ExperimentAbstract
Rendahnya capaian pembelajaran peserta didik pada materi bagian-bagian mesin bubut di SMK menjadi permasalahan serius karena kompetensi ini merupakan dasar dalam praktik pemesinan lanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengggunaan multimedia dalam meningkatkan capaian pembelajaran peserta didik pada materi bagian-bagian mesin bubut di SMK Negeri 1 Karangawen Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode true experiment dan desain pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI Teknik Pemesinan, dengan teknik cluster random sampling yang dipilih melalui undian. Kelas XI M2 menjadi kelompok eksperimen menerima pembelajaran berbasis multimedia, sementara kelas M1 menjadi kelompok kontrol menerima pembelajaran dengan metode konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan pemahaman setelah proses pembelajaran. Validasi instrumen penelitian mencakup validasi media dan materi oleh ahli, serta analisis statistik berupa uji-t dan N-Gain. Hasil validitas menunjukkan bahwa media dan materi yang digunakan layak dan reliabel, dengan nilai CVR di atas 0,75 dan persentase agreement masing-masing sebesar 97% dan 92%. Hasil analisis posttest menunjukkan rata-rata capaian pembelajaran kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Uji independent sample t-Test mendapatkan hasil t hitung sebesar 2,253 dengan signifikansi 0,028 (p < 0,05) menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelas. Analisis N-Gain pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan sebesar 62% dengan kategori tinggi dan pada kelas kontrol menunjukkan peningkatan sebesar 49% dengan kategori sedang. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia berbasis PowerPoint efektif dalam meningkatkan capaian pembelajaran peserta didik terhadap materi yang bersifat visual dan kompleks, serta mendukung teori pembelajaran multimedia sebagai pendekatan yang sesuai untuk pembelajaran kejuruan.
Downloads
References
Ali, A., Maniboey, L. C., Megawati, R., Djarwo, C. F., & Listiani, H. (2024). Media Pembelajaran Interaktif: Teori Komprehensif dan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Ali, A., Venica, S. D., Aini, W., & Hidayat, A. F. (2025). Efektivitas media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Journal of Information System and Education Development, 3(1), 1-6. https://doi.org/10.62386/jised.v3i1.115
Ali, M. (2020). Pendidikan Islam dan Perubahan Sosial. Pustaka Wacana.
Ansya, Y. A. U., Salsabilla, T., & Rozi, F. (2025). Strategi Inovatif dalam Pengembangan Media Pembelajaran Sekolah Dasar di Era Society 5.0. Cahya Ghani Recovery.
Aprilia, T., Sutrio, S., & Sahidu, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 7(1), 72-78. https://doi.org/doi.org/10.31764/orbita.v7i1.3437
Arib, M. F., Rahayu, M. S., Sidorj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Experimental research dalam penelitian pendidikan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5497-5511. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8468
Febriani, Y., Darmawan, E., Kapti, K., Saputri, P. D., & Jok, F. (2024). Pendampingan percepatan implementasi kurikulum merdeka melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan capaian pembelajaran peserta didik. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(4), 3847-3854. https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27209
Gusmania, Y., & Dari, T. W. (2018). Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap pemahaman konsep matematis siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 61-67. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1196
Hariyanti, N., & Priyanti, N. (2024). Implementasi Media Audiovisual dalam Mengembangkan Minat Berkreasi Pada Anak Usia Dini. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(2), 515-525. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.3141
Jatawitika, I. G. Y., Warpala, I. W. S., & Tegeh, I. M. (2024). Efektivitas Multimedia Pembelajaran Gamifikasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 14(2), 159-168. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v14i2.4112
Jauhar, N. (2025). Teaching Factory Inovasi dalam Pendidikan dan Pelatihan Industri Pariwisata di SMK. Penerbit Widina.
Lestari, N., & Wirasty, R. (2019). Pemanfaatan multimedia dalam media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Amaliah: jurnal pengabdian kepada masyarakat, 3(2), 349-353. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v3i2.289
Masruri, M., & Murdani, M. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Ceramah Dengan Lembar Kerja Siswa (Lks) Yang Dilengkapi Media Model Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Gambar Proyeksi. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 19(1). https://doi.org/10.15294/jptm.v19i1.24614
Mesra, R., Agustina, P., Narayanti, P. S., Saptadi, N. T. S., Wibowo, M. A., Tandirerung, V. A., ... & Salem, V. E. (2023). Media Pembelajaran. Sada Kurnia Pustaka.
Mutiara, E., Setiadi, D., Jamaluddin, J., & Ilhamdi, M. L. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA di SMAN 1 Aikmel. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 977-981. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1334
Nu’man, M. A., Nursyahidah, F., Fatonah, F., & Artharina, F. P. (2024). Pengaruh Model PBL Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 4(3), 183-192. https://doi.org/10.51878/edutech.v4i3.3308
Rusfriyanti, R. B., & Rondli, W. S. (2023). Implementasi Multimedia Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 83-90. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p83-90
Rusli, M., Hermawan, D., Supuwiningsih, N. N., & Bali, S. T. I. K. O. M. (2019). Multimedia pembelajaran yang inovatif: Prinsip dasar dan model pengembangan. Penerbit Andi.
Sani, N. K., Paloloang, M. F. B., Rahmawati, D., & Aras, N. F. (2024). Guided Inquiry Meets Audiovisual Media: Elevating Cognitive and Scientific Reasoning Skills. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(3), 1121-1130. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4655
Santika, A., Simanjuntak, E. R., Amalia, R., & Kurniasari, S. R. (2023). Peran pendidikan sekolah menengah kejuruan dalam memposisikan lulusan siswanya mencari pekerjaan. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 14(1), 84-94. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i1.12626
Satriani, R. D., & Prasojo, L. D. (2024). The Effectiveness of Website-Assisted Learning Multimedia to Improve Mathematics Learning Achievement of Elementary School Students. Journal of Integrated Elementary Education, 4(2), 120-135. https://doi.org/10.21580/jieed.v4i2.21523
Sindu, I. G. P., Ramadhan, S., Apriyanto, A., & Wijaya, W. (2024). Buku Ajar Pengantar Multimedia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Tilari, A. G., Firmansyah, F. A., & Cipta, E. S. (2024). Pengaruh model project-based learning berbantuan geogebra terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar di madrasah ibtidaiyah. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(2), 385-396. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i2.18105
Tiwow, D., Wongkar, V., Mangelep, N. O., & Lomban, E. A. (2022). Pengaruh media pembelajaran animasi powtoon terhadap hasil belajar ditinjau dari minat belajar peserta didik. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 107-122. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.4219
Widiastuti, T., Pratiwi, U., Fatmaryanti, S. D., & Al Hakim, Y. (2022). Praktikum pengukuran menggunakan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik di smk muhammadiyah kutowinangun. Lontar Physics Today, 1(1), 51-59. https://doi.org/10.26877/lpt.v1i1.10456
Yulianto, E., Sanjaya, F., & Setiadi, T. (2020). Pembangunan Aplikasi Ujian Online Menggunakan Akses Token & Algoritma Simple Random Sampling: Ujian daring: algoritma: simple random sampling. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 5(2), 143-158. https://doi.org/10.23969/symmetry.v5i2.2988
Yusnaldi, E., Sihotang, A. S., Rizqi, I. H., Anggraini, N., Daulay, N. H., & Wulandari, Y. (2025). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. PEMA, 5(1), 80-89. https://doi.org/10.56832/pema.v5i1.721
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mochamad Ari Setyobudi, Muhammad Khumaedi, Khoirul Huda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.