Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Bangun Ruang melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Kahoot pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah ada peningkatan hasil belajar siswa melalu model PBL berbantuan media Kahoot pada materi bangun ruang kelas V di SDN 84 Sipatana?”. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah metode penelitian yang digunakan. Siswa yang terlibat dalam penelitian adalah siswa kelas V di SDN 84 Sipatana, dan data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hanya 9 orang dari 24 siswa, atau 38%, mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 16 orang, atau 67%, belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai di bawah 75. Hasil penelitian pada siklus pertama, di mana 12 siswa mencapai KKM dengan persentase 50%, menunjukkan hal ini. Kemudian pada siklus 2 siswa yang mencapai KKM sebanyak 21siswa dengan peresentase 87%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL berbantuan media kahoot secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN 84 Sipatana.
Downloads
References
Aliman, M., Halek, D. H., Marni, S., Mike, M., & Florensia, S. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Kahoot dan Google Earth untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. GEOGRAPHY: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 11(1), 57-71. https://doi.org/10.31764/geography.v11i1.13805
Amara, I., Panai, A. H., & Arifin, I. N. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Dan Model Pembelajaran Materi Panas Dan Perpindahannya Di Kelas V SDN 1 Anggrek. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 7146-7154. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1191
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353-361. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230
Azizah, A. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15-22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Cahyani, D., Arprizal, A., & Desmineli, D. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI. F. 11 SMA Negeri 4 Kota Jambi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9348-9362. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1328
Darmawan, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Kahoot Terhadap Hasil Belajar Materi Ruang Lingkup Biologi. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 91–99. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1974
Ermawati, D., Riswari, L. A., Wijayanti, E., Prameswari, A., & Lathif, M. I. A. (2024). Pengaruh Media Mabarung Berbasis Augmented Reality Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis Matematis Siswa SD. Scientia, 3(2). https://doi.org/10.51773/sssh.v3i2.324
Fazriyah, N., Saraswati, A., Permana, J., & Indriani, R. (2020). Penggunaan aplikasi kahoot pada pembelajaran media dan sumber pembelajaran sd. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 139-147. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.119
Febrian, S. A., Rahmawati, F., & Fatih'Adna, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantuan Math City Map terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(3), 307-316. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i3.23567
Fitrianti, I., Handayani, D. E., & Suyitno, Y. P. (2020). Keefektifan media magic box terhadap hasil belajar matematika materi jaring-jaring bangun ruang sederhana. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 323-329. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26677
Hotimah, H. (2020). Penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar. Jurnal edukasi, 7(2), 5-11. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Jumrawarsi, J., & Suhaili, N. (2020). Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50-54. https://doi.org/10.33559/eer.v2i3.628
Kamarullah, H., Wismanto, A., & Rahayu, W. (2024). Penerapan Pendekatan TaRL Berbantuan Media Kahoot pada Materi Teks Anekdot di SMA Kota Semarang. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 14(1). https://doi.org/10.22437/pena.v14i1.32658
Mahfujah, A., & Dwi, D. F. (2022). Pengaruh Pengunaan Aplikasi Kahoot dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Materi Volume Bangun Ruang Di SDN 060925 Medan. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA, 7(1), 56-62. https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v7i1.1344
Marshanawiah, A., Ningsih, S., Alwi, N. M., Nurdiyanti, A., & Dukei, N. (2023). Pengembangan Media E-Tangram Geometri Berbasis Android Pada Materi Bangun Datar Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 6(4). https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19839
Marwa, M., Kresnadi, H., & Pranata, R. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Digital Kahoot Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas V SD Mujahidin Pontianak. Journal on Education, 6(1), 6760-6769.
Maseke, S. U., Ilham, A., Rivai, S., Sarlin, M., & Marshanawiah, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pecahan Biasa Menggunakan Media Kartu Pecahan Pada Siswa Kelas Ii Sdn 25 Kota Selatan. Student Journal Of Elementary Education, 2(2), 94-110.
Raharjo, S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa kelas 4 melalui model pembelajaran project based learning dengan berbantu media Youtube. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 3, No. 4, pp. 1121-1125). https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.55684
Safitri, E., Setiawan, A., & Darmayanti, R. (2023). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Terhadap Kepercayaan Diri Dan Prestasi Belajar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 57-61. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i2.154
Sulistiyawati, W. S., Sholikhin, R. S., Afifah, D. S. N., & Listiawan, T. L. (2021). Peranan game edukasi kahoot! dalam menunjang pembelajaran matematika. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 15(1), 56-57. https://doi.org/10.23887/wms.v15i1.29851
Sulsana, R. M., Karma, I. N., & Nurwahidah, N. (2024). Model Problem Based Learning Berbantuan Media Digital Kahoot Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 491-496. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8669
Usman, S. S., Panai, A. H., & Pongoliu, Y. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Ppt Interaktif Tema 8 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas Iv Sd Negeri 19 Telaga Biru. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, 14(2), 171-177. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v14i2.3985
Zuhri, S. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar Ppkn Melalui Metode Problem Based Learning Berbantuan Media Kahoot Di Kelas V Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1), 18-26. https://doi.org/10.24176/jino.v6i1.7739
Copyright (c) 2024 Ismiyati Arsyad, Abdul Haris Panai, Andi Marshanawiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.