Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Bangun Ruang melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Kahoot pada Siswa Sekolah Dasar

  • Ismiyati Arsyad Universitas Negeri Gorontalo
  • Abdul Haris Panai Universitas Negeri Gorontalo
  • Andi Marshanawiah Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Hasil Belajar, Bangun Ruang, Model Pembelajaran PBL, Media Pembelajaran, Kahoot

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah ada peningkatan hasil belajar siswa melalu model PBL berbantuan media Kahoot pada materi bangun ruang kelas V di SDN 84 Sipatana?”. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah metode penelitian yang digunakan. Siswa yang terlibat dalam penelitian adalah siswa kelas V di SDN 84 Sipatana, dan data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hanya 9 orang dari 24 siswa, atau 38%, mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 16 orang, atau 67%, belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai di bawah 75. Hasil penelitian pada siklus pertama, di mana 12 siswa mencapai KKM dengan persentase 50%, menunjukkan hal ini. Kemudian pada siklus 2 siswa yang mencapai KKM sebanyak 21siswa dengan peresentase 87%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL berbantuan media kahoot secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN 84 Sipatana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliman, M., Halek, D. H., Marni, S., Mike, M., & Florensia, S. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Kahoot dan Google Earth untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. GEOGRAPHY: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 11(1), 57-71. https://doi.org/10.31764/geography.v11i1.13805

Amara, I., Panai, A. H., & Arifin, I. N. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Dan Model Pembelajaran Materi Panas Dan Perpindahannya Di Kelas V SDN 1 Anggrek. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 7146-7154. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1191

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353-361. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230

Azizah, A. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15-22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Cahyani, D., Arprizal, A., & Desmineli, D. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI. F. 11 SMA Negeri 4 Kota Jambi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9348-9362. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1328

Darmawan, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Kahoot Terhadap Hasil Belajar Materi Ruang Lingkup Biologi. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 91–99. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1974

Ermawati, D., Riswari, L. A., Wijayanti, E., Prameswari, A., & Lathif, M. I. A. (2024). Pengaruh Media Mabarung Berbasis Augmented Reality Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis Matematis Siswa SD. Scientia, 3(2). https://doi.org/10.51773/sssh.v3i2.324

Fazriyah, N., Saraswati, A., Permana, J., & Indriani, R. (2020). Penggunaan aplikasi kahoot pada pembelajaran media dan sumber pembelajaran sd. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 139-147. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.119

Febrian, S. A., Rahmawati, F., & Fatih'Adna, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantuan Math City Map terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(3), 307-316. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i3.23567

Fitrianti, I., Handayani, D. E., & Suyitno, Y. P. (2020). Keefektifan media magic box terhadap hasil belajar matematika materi jaring-jaring bangun ruang sederhana. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 323-329. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26677

Hotimah, H. (2020). Penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar. Jurnal edukasi, 7(2), 5-11. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Jumrawarsi, J., & Suhaili, N. (2020). Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50-54. https://doi.org/10.33559/eer.v2i3.628

Kamarullah, H., Wismanto, A., & Rahayu, W. (2024). Penerapan Pendekatan TaRL Berbantuan Media Kahoot pada Materi Teks Anekdot di SMA Kota Semarang. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 14(1). https://doi.org/10.22437/pena.v14i1.32658

Mahfujah, A., & Dwi, D. F. (2022). Pengaruh Pengunaan Aplikasi Kahoot dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Materi Volume Bangun Ruang Di SDN 060925 Medan. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA, 7(1), 56-62. https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v7i1.1344

Marshanawiah, A., Ningsih, S., Alwi, N. M., Nurdiyanti, A., & Dukei, N. (2023). Pengembangan Media E-Tangram Geometri Berbasis Android Pada Materi Bangun Datar Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 6(4). https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19839

Marwa, M., Kresnadi, H., & Pranata, R. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Digital Kahoot Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas V SD Mujahidin Pontianak. Journal on Education, 6(1), 6760-6769.

Maseke, S. U., Ilham, A., Rivai, S., Sarlin, M., & Marshanawiah, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pecahan Biasa Menggunakan Media Kartu Pecahan Pada Siswa Kelas Ii Sdn 25 Kota Selatan. Student Journal Of Elementary Education, 2(2), 94-110.

Raharjo, S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa kelas 4 melalui model pembelajaran project based learning dengan berbantu media Youtube. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 3, No. 4, pp. 1121-1125). https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.55684

Safitri, E., Setiawan, A., & Darmayanti, R. (2023). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Terhadap Kepercayaan Diri Dan Prestasi Belajar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 57-61. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i2.154

Sulistiyawati, W. S., Sholikhin, R. S., Afifah, D. S. N., & Listiawan, T. L. (2021). Peranan game edukasi kahoot! dalam menunjang pembelajaran matematika. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 15(1), 56-57. https://doi.org/10.23887/wms.v15i1.29851

Sulsana, R. M., Karma, I. N., & Nurwahidah, N. (2024). Model Problem Based Learning Berbantuan Media Digital Kahoot Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 491-496. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8669

Usman, S. S., Panai, A. H., & Pongoliu, Y. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Ppt Interaktif Tema 8 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas Iv Sd Negeri 19 Telaga Biru. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, 14(2), 171-177. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v14i2.3985

Zuhri, S. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar Ppkn Melalui Metode Problem Based Learning Berbantuan Media Kahoot Di Kelas V Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1), 18-26. https://doi.org/10.24176/jino.v6i1.7739

Published
29-08-2024
How to Cite
Arsyad, I., Panai, A. H., & Marshanawiah, A. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Bangun Ruang melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Kahoot pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 790-803. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4309
Section
Regular Articles