Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII MTsN 1 Bengkalis: Analisis Kesulitan Siswa dalam Memahami Materi dan Solusinya
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6319Keywords:
Problematika Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam, Analisis Kesulitan Siswa, KualitatifAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) yang tidak hanya menyampaikan informasi historis, tetapi juga sarat dengan nilai-nilai keislaman yang dapat membentuk karakter, moralitas, serta wawasan keagamaan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika yang dihadapi siswa kelas VII MTsN 1 Bengkalis dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), khususnya dalam aspek pemahaman materi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan fenomenologis untuk mengeksplorasi pengalaman subjektif guru dan siswa selama proses pembelajaran. Populasi penelitian mencakup 32 siswa dan 3 guru SKI, dengan teknik purposive sampling untuk memilih partisipan berdasarkan pengalaman langsung mereka dalam pembelajaran SKI. Instrumen pengumpulan data terdiri atas wawancara semi-terstruktur, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Data dianalisis secara tematik dengan mengidentifikasi tema-tema kunci seperti kesulitan memahami tokoh sejarah, hambatan dalam menghafal kronologi, serta keterbatasan media visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan siswa disebabkan oleh rendahnya minat baca, metode pengajaran yang monoton, terbatasnya media pembelajaran, dan keterbatasan waktu. Selain itu, faktor emosional dan kognitif siswa turut memengaruhi pemahaman materi sejarah. Validasi data dilakukan melalui triangulasi sumber dan teknik, serta member checking untuk memastikan keabsahan hasil. Sebagai solusi, disarankan penerapan metode pembelajaran variatif seperti storytelling, diskusi kelompok, serta pemanfaatan media interaktif berbasis teknologi untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Temuan ini diharapkan menjadi kontribusi dalam penyempurnaan strategi pembelajaran SKI yang lebih efektif, kontekstual, dan menyenangkan di madrasah.
Downloads
References
Adi, M. I. F., Masnawati, E., Abrori, M. M. L., & Luthfyah, L. (2025). Implementasi Model Pembelajaran Diferensiasi Untuk Mengakomodasi Gaya Belajar Siswa Inklusi di SMP Negeri 3 Krian Sidoarjo. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 240-252. https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26042
Al Anshory, M. L. (2020). Problematika Pembelajaran SKI Di Madrasah Tsanawiyah YAPI Pakem. Jurnal Penelitian Keislaman, 16(1), 76-86. https://doi.org/10.20414/jpk.v16i1.2222
Amin, M. N. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran SKI MI. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 115-127. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v2i2.447
Azizah, M. A., Hasan, M. S. R., Budiyono, A., Sirojuddin, A., & Rofiq, A. (2024). Pelatihan Metode Pembelajaran Aktif, Inovatif dan Menyenangkan untuk Guru MI Bahrul Ulum Nataan Gedong Boyountung Lamongan. An Naf'ah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 39-48. https://doi.org/10.54437/annafah.v2i1.1500
Baluwa, M. R., & Nadjamuddin, A. (2022). Pola Kerjasama Antara Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Educator (Directory Of Elementary Education Journal), 3(1), 61-74. http://dx.doi.org/10.58176/edu.v3i1.591
Fadillah, M. A., & Achadi, M. W. (2024). Kurikulum Merdeka: Analisis Implementasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Tsanawiyah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2547-2656. https://doi.org/10.58230/27454312.642
Fahmi, M. N. (2022). Metode Kritik Sejarah dan Double Movement sebagai Alternatif Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, 5(2), 275-290. https://doi.org/10.14421/panangkaran.v5i2.2655
Fuad, R., Iswantir, M., Akhyar, M., & Gusli, R. A. (2023). Strategi manajemen madrasah efektif dalam peningkatan kualitas belajar mengajar. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(2), 207-218. https://doi.org/10.32832/itjmie.v4i2.15437
Hadi, A. (2021). Penelitian kualitatif studi fenomenologi, case study, grounded theory, etnografi, biografi. CV. Pena Persada.
Hajri, M. F. (2023). Pendidikan Islam di era digital: Tantangan dan peluang pada abad 21. Al-Mikraj Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), 33-41. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.3006
Hendrik Dewantara, S. (2024). Membangun masa depan pendidikan: Inovasi dan tantangan dalam sertifikasi guru di Indonesia. PT Indonesia Delapan Kreasi Nusa.
Hulaimi, A. (2019). Strategi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam:(Pembelajaran Melalui Tindakan). Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 4(1), 76-92. https://doi.org/10.37216/tarbawi.v4i1.167
Kaharuddin, S., Malli, R., & Lamabawa, D. (2024). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Muhammadiyah. Polyscopia, 1(3), 91-100. https://doi.org/10.57251/polyscopia.v1i3.1354
Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39. https://doi.org/10.31764/historis.v6i1.4075
Melvarisa, R., Junaidi, J., & Ariza, H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Kebudayaan Islam berbasis Higher Order Thinking Skill di MTS Diniyyah Pasia. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 7(1), 93-106. https://doi.org/10.32332/tapis.v7i1.7523
Mitra, M., Maya, R., & Yasyakur, M. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Menanamkan Karakter Religius Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kotabatu 04 Desa Kotabatu Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2019/2020. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 1(01), 95-104. https://doi.org/10.30868/cendikia.v1i01.1435
Mursak, M., Edwita, E., Yatimah, D., Abduh, I., & Usbah, M. (2024). Inovasi Program Literasi di SDN 9 Banawa: Mengatasi Problematika Literasi Sekolah. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(3), 1191-1200. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4883
Mustofa, Z., Muqorrobbin, Z., Pangestu, R. T., Rochim, R. L., & Prayitno, M. A. (2023). Strategi peningkatan konsentrasi belajar siswa dalam memahami materi pembelajaran sejarah kebudayaan islam (ski). Damhil Education Journal, 3(1), 19-35. http://dx.doi.org/10.37905/dej.v3i1.1755
Mutiara, I., & Syafrianti, T. (2016). Pengaruh keaktifan dan minat baca terhadap hasil belajar SKI siswa di MTS Negeri 5 Bengkalis. Tamaddun Ummah (JTU), 1(1), 1-18. https://doi.org/10.57113/jtu.v1i1.86
Nashrullah, M., Maharani, O., Rohman, A., Fahyuni, E. F., & Untari, R. S. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan (Prosedur Penelitian, Subyek Penelitian, Dan Pengembangan Teknik Pengumpulan Data). Umsida Press, 1-64. https://doi.org/10.21070/2023/978-623-464-071-7
Nasution, Z. (2025). Metode Mempelajari Sejarah Melalui Program Tahfizhul Qur'an di Madrasah Ibtidaiyah. Bunayya: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 1-12. https://doi.org/10.61082/bunayya.v6i1.453
Nur, D. M. M., & Fitriani, R. (2020). Membumikan Nilai-nilai Moderasi Agama di Masa Pandemi (dalam Perspektif IPS). Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 5(2), 110-119. https://doi.org/10.15294/harmony.v5i2.42418
Nurfajriani, W. V., Ilhami, M. W., Mahendra, A., Afgani, M. W., & Sirodj, R. A. (2024). Triangulasi data dalam analisis data kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 826-833. https://doi.org/10.5281/zenodo.13929272
Nurhayati, N., Apriyanto, A., Ahsan, J., & Hidayah, N. (2024). Metodologi Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Nurohmah, A. N., Kusmawan, U., & Fatmasari, R. (2025). Pengaruh Collaborative Skill dan Kompetensi Profesional terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri di Gugus 3 Sawangan Kota Depok. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 8(1), 21-38. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5187
Panjaitan, H., & Hafizzah, F. (2025). Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SDIT Mutiara Ilmu Kuala. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 328-343. https://doi.org/10.56832/edu.v5i1.790
Pramana, P. M. A., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Relevansi Teori Belajar Konstruktivisme dengan Model Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 487-493. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.875
Rahmaniar, E., Maemonah, M., & Mahmudah, I. (2022). Kritik terhadap teori perkembangan kognitif Piaget pada tahap anak usia sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1). http://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1952
Rochmawati, M. P. A. N. (2023). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTS Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo.
Rusydi, I. (2021). Penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 7(1), 75-83. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v7i1.176
Samsudin, M., & Zuhri, M. (2018). Perkembangan Pendidikan Islam Pada Masa Harun Ar-Rasyid Dan Al-Makmun. Al Ashriyyah, 4(1), 16-16. https://doi.org/10.53038/alashriyyah.v4i1.35
Sari, E. I., Wiarsih, C., & Bramasta, D. (2021). Strategi guru dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada peserta didik di kelas iv sekolah dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(1), 74-82. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.847
Yolanda, A., Sihotang, M., Zebua, J. A., Hutasoit, M., & Sinaga, Y. L. (2024). Strategi Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan, 2(3), 301-308. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i3.941
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suseno Suseno, Rian Vebrianto, Abu Anwar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.