Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Kearifan Lokal Baduy dalam Pembelajaran Sejarah di SMAN 3 Kabupaten Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6221Keywords:
Program, Projek Penguatan, Profil Pelajar Pancasila, Kearifan Lokal Baduy, Pembelajaran SejarahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil dari observasi program projek penguatan profil pelajar Pancasila yang berbasis pada kearifan lokal Baduy yang di implementasikan dalam pembelajaran sejarah di SMAN 3 Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara observasi program pembelajaran, melakukan wawancara dengan informan yang berkaitan dengan fokus, serta mendokumentasikan hal-hal yang mendukung dalam penelitian ini. Hasil dan pembahasan yang di dapat dalam penelitian yaitu: Pertama, Proses implementasi program projek penguatan profil Pelajar Pancasila (P5) berbasis kearifan lokal Baduy dalam pembelajaran Sejarah di SMAN 3 Kabupaten Tangerang, melalui berbagai tahapan seperti literasi budaya, eksplorasi lapangan, dan aksi nyata yang melibatkan partisipasi aktif peserta didik. Kedua, Dampak penerapan implementasi program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berbasis kearifan lokal Baduy dalam pembelajaran sejarah di SMAN 3 Kabupaten Tangerang, memberikan dampak positif dalam membentuk karakter peserta didik, meningkatkan pemahaman mereka terhadap nilai-nilai kearifan lokal, serta memperkuat dimensi Profil Pelajar Pancasila seperti gotong royong, kebhinekaan global, dan cinta tanah air. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya pelestarian budaya lokal dalam praktik pendidikan untuk membentuk generasi yang berkarakter dan berakar pada budaya bangsa
Downloads
References
Aditia, D., Ariatama, S., Mardiana, E., & Sumargono, S. (2021). Pancala APP (Pancasila’s Character Profile): Sebagai Inovasi Mendukung Merdeka Belajar Selama Masa Pandemik. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 13(2), 91–108. https://doi.org/10.31603/edukasi.v13i2.6112
Ardy Wiyani, N. (2022). Merdeka Belajar untuk Menumbuhkan Kearifan Lokal Berbasis Nilai Pancasila pada Lembaga PAUD. Antroposen: Journal of Social Studies and Humaniora, 1(2), 63–74. https://doi.org/10.33830/antroposen.v1i2.3782
Armadani, P., Kartika Sari, P., Abdullah, F. A., & Setiawan, M. (2023). Analisis implementasi kurikulum merdeka belajar pada siswa-siswi SMA Negeri 1 Junjung Sirih. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari, 9(1), 341–347. https://doi.org/10.5281/zenodo.7527654
Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61–72. https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78
Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Pustaka Pelajar.
Fauzi, M. S., Cahyono, D., & Sapulete, J. J. (2023). Sosialisasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kearifan Lokal Melalui Olahraga Tradisional Pada Siswa Skoi Kaltim. Nusantara Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 19-27. https://doi.org/10.55606/nusantara.v3i4.1684
Fauziyah. (2018). Peningkatan Pemahaman Nilai Pancasila melalui Metode Pembelajaran Aktif. Jurnal Pendidikan Pra-Sekolah Dasar.
Haromain, H., Hariawan, R., & Tsamara, N. (2023). Implementasi Program Kearifan Lokal untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMKN 3 Mataram. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 11(1), 122–131. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/visionary
Iwu, C. G., Opute, P. A., Nchu, R., Eresia-Eke, C., Tengeh, R. K., Jaiyeoba, O., & Aliyu, O. A. (2019). Entrepreneurship education, curriculum and lecturer-competency as antecedents of student entrepreneurial intention. International Journal of Management Education, 19(1), 100295. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2 019.03.007
Kaldianus, R., Pulung Sumantri, & Aditya Darma. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sejarah di Madrasah Aliyah Tahfizhil Quran. Islamic Education, 3(1), 20–26. https://doi.org/10.57251/ie.v3i1.1006
Kemendikbud Ristek. (2022). Latar Belakang Kurikulum Merdeka.
Kemendikbud Ristekdikti RI. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. kurikulum.kemdikbud.go.id.
Kemendikbud. (2022). Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban Untuk Atasi Krisis Pembelajaran. https://kemendikbud.go.id [Diakses pada 06 Oktober 2024, pk 19.13 WIB].
Khalifatun, S., Nuraida, N., Agustin, S., Agafe Pakpahan, V. E., Kamandana Robbi, M. I., & Setiyadi, B. (2024). Implementasi Inovasi Kurikulum Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5): Tinjauan Terhadap Efektivitas Dan Dampaknya Dalam Pembentukan Karakter. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 248–259. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1291
Maharani, S. T., & Muhtar, T. (2020). Implementasi pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan karakter siswa. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Rizal, Y. K., Lutfi. N. (2024) Implementasi Program P5 dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 24 (20)
Rusnaini., Raharjo., A. S. & vb W. N. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(02), 230–249.
Salsabila, N. Q. (2024). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Sejarah Kelas X DI SMA Negeri 1 Trimurjo [Universitas Muhamadiyah Metro]. http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3816
Saputri, P. A. A., Alwani, P. (2024). Implementasi Penguatan Profil PancasilaTema Kearifan Lokal denganKontekstualisasi Permainan Tradisional Congklak. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(3), 6461–6475. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.11123
Satria, A. (2020). Kearifan Lokal dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Literatur. Sosietas Journal, 10(1), 745–753.
Siska, Y. (2017). Hubungan Minat Belajar dengan Pemahaman Sejarah Lokal Lampung pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 171–180.
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta
Ulilabshor, M. (2022). Implementasi Manajemen Program Unggulan Tahfidzul Qur’an Di Pondok Pesantren Modern Al-Fatimah Bojonegoro. Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Wiratmaja, I. N., Suacana, I. W. G., & Sudana, I. W. (2021). Penggalian Nilai-Nilai Pancasila Berbasis Kearifan Lokal Bali Dalam Rangka Penguatan Wawasan Kebangsaan. POLITICOS: Jurnal Politik Dan Pemerintahan, 1(1), 43–52. https://doi.org/10.22225/politicos.1.1.3009.43-52
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dita Primaisela Arinda, Rikza Fauzan, M. Anggie Farizqi Prasadana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.