Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Kearifan Lokal Baduy dalam Pembelajaran Sejarah di SMAN 3 Kabupaten Tangerang

Authors

  • Dita Primaisela Arinda Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Rikza Fauzan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • M. Anggie Farizqi Prasadana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6221

Keywords:

Program, Projek Penguatan, Profil Pelajar Pancasila, Kearifan Lokal Baduy, Pembelajaran Sejarah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil dari observasi program projek penguatan profil pelajar Pancasila yang berbasis pada kearifan lokal Baduy yang di implementasikan dalam pembelajaran sejarah di SMAN 3 Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara observasi program pembelajaran, melakukan wawancara dengan informan yang berkaitan dengan fokus, serta mendokumentasikan hal-hal yang mendukung dalam penelitian ini. Hasil dan pembahasan yang di dapat dalam penelitian yaitu: Pertama, Proses implementasi program projek penguatan profil Pelajar Pancasila (P5) berbasis kearifan lokal Baduy dalam pembelajaran Sejarah di SMAN 3 Kabupaten Tangerang, melalui berbagai tahapan seperti literasi budaya, eksplorasi lapangan, dan aksi nyata yang melibatkan partisipasi aktif peserta didik. Kedua, Dampak penerapan implementasi program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berbasis kearifan lokal Baduy dalam pembelajaran sejarah di SMAN 3 Kabupaten Tangerang, memberikan dampak positif dalam membentuk karakter peserta didik, meningkatkan pemahaman mereka terhadap nilai-nilai kearifan lokal, serta memperkuat dimensi Profil Pelajar Pancasila seperti gotong royong, kebhinekaan global, dan cinta tanah air. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya pelestarian budaya lokal dalam praktik pendidikan untuk membentuk generasi yang berkarakter dan berakar pada budaya bangsa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditia, D., Ariatama, S., Mardiana, E., & Sumargono, S. (2021). Pancala APP (Pancasila’s Character Profile): Sebagai Inovasi Mendukung Merdeka Belajar Selama Masa Pandemik. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 13(2), 91–108. https://doi.org/10.31603/edukasi.v13i2.6112

Ardy Wiyani, N. (2022). Merdeka Belajar untuk Menumbuhkan Kearifan Lokal Berbasis Nilai Pancasila pada Lembaga PAUD. Antroposen: Journal of Social Studies and Humaniora, 1(2), 63–74. https://doi.org/10.33830/antroposen.v1i2.3782

Armadani, P., Kartika Sari, P., Abdullah, F. A., & Setiawan, M. (2023). Analisis implementasi kurikulum merdeka belajar pada siswa-siswi SMA Negeri 1 Junjung Sirih. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari, 9(1), 341–347. https://doi.org/10.5281/zenodo.7527654

Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61–72. https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Pustaka Pelajar.

Fauzi, M. S., Cahyono, D., & Sapulete, J. J. (2023). Sosialisasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kearifan Lokal Melalui Olahraga Tradisional Pada Siswa Skoi Kaltim. Nusantara Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 19-27. https://doi.org/10.55606/nusantara.v3i4.1684

Fauziyah. (2018). Peningkatan Pemahaman Nilai Pancasila melalui Metode Pembelajaran Aktif. Jurnal Pendidikan Pra-Sekolah Dasar.

Haromain, H., Hariawan, R., & Tsamara, N. (2023). Implementasi Program Kearifan Lokal untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMKN 3 Mataram. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 11(1), 122–131. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/visionary

Iwu, C. G., Opute, P. A., Nchu, R., Eresia-Eke, C., Tengeh, R. K., Jaiyeoba, O., & Aliyu, O. A. (2019). Entrepreneurship education, curriculum and lecturer-competency as antecedents of student entrepreneurial intention. International Journal of Management Education, 19(1), 100295. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2 019.03.007

Kaldianus, R., Pulung Sumantri, & Aditya Darma. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sejarah di Madrasah Aliyah Tahfizhil Quran. Islamic Education, 3(1), 20–26. https://doi.org/10.57251/ie.v3i1.1006

Kemendikbud Ristek. (2022). Latar Belakang Kurikulum Merdeka.

Kemendikbud Ristekdikti RI. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. kurikulum.kemdikbud.go.id.

Kemendikbud. (2022). Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban Untuk Atasi Krisis Pembelajaran. https://kemendikbud.go.id [Diakses pada 06 Oktober 2024, pk 19.13 WIB].

Khalifatun, S., Nuraida, N., Agustin, S., Agafe Pakpahan, V. E., Kamandana Robbi, M. I., & Setiyadi, B. (2024). Implementasi Inovasi Kurikulum Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5): Tinjauan Terhadap Efektivitas Dan Dampaknya Dalam Pembentukan Karakter. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 248–259. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1291

Maharani, S. T., & Muhtar, T. (2020). Implementasi pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan karakter siswa. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Rizal, Y. K., Lutfi. N. (2024) Implementasi Program P5 dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 24 (20)

Rusnaini., Raharjo., A. S. & vb W. N. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(02), 230–249.

Salsabila, N. Q. (2024). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Sejarah Kelas X DI SMA Negeri 1 Trimurjo [Universitas Muhamadiyah Metro]. http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3816

Saputri, P. A. A., Alwani, P. (2024). Implementasi Penguatan Profil PancasilaTema Kearifan Lokal denganKontekstualisasi Permainan Tradisional Congklak. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(3), 6461–6475. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.11123

Satria, A. (2020). Kearifan Lokal dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Literatur. Sosietas Journal, 10(1), 745–753.

Siska, Y. (2017). Hubungan Minat Belajar dengan Pemahaman Sejarah Lokal Lampung pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 171–180.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Ulilabshor, M. (2022). Implementasi Manajemen Program Unggulan Tahfidzul Qur’an Di Pondok Pesantren Modern Al-Fatimah Bojonegoro. Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

Wiratmaja, I. N., Suacana, I. W. G., & Sudana, I. W. (2021). Penggalian Nilai-Nilai Pancasila Berbasis Kearifan Lokal Bali Dalam Rangka Penguatan Wawasan Kebangsaan. POLITICOS: Jurnal Politik Dan Pemerintahan, 1(1), 43–52. https://doi.org/10.22225/politicos.1.1.3009.43-52

Published

2025-07-20

How to Cite

Arinda, D. P., Fauzan, R., & Prasadana, M. A. F. (2025). Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Kearifan Lokal Baduy dalam Pembelajaran Sejarah di SMAN 3 Kabupaten Tangerang. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 877–890. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6221

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.