Media Sosial Instagram untuk Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis: Sebuah Persepsi Mahasiswa

  • Syaira Delima Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dadang Sunendar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ariessa Racmadhany Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Bahasa Prancis, Instagram, Keterampilan Berbicara, Media Sosial, Persepsi

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi dan menganalisis persepsi mahasiswa terhadap penggunaan Instagram sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Prancis tingkat A1. Mengingat pentingnya integrasi teknologi dalam pendidikan untuk tetap maju, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi dan praktik terbaik dalam memanfaatkan fitur-fitur Instagram untuk pembelajaran bahasa Prancis. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan desain survei. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Perancis di Universitas Pendidikan Indonesia dengan sampel sebanyak 100 orang yang diambil secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup dan terbuka yang disebarkan secara daring melalui Google Forms. Analisis deskriptif digunakan untuk kuesioner tertutup, sedangkan analisis tematik digunakan untuk data terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 71,71% mahasiswa menilai penggunaan Instagram dalam pembelajaran bahasa Prancis sebagai baik, terutama karena konten yang menarik dan interaktif serta menciptakan lingkungan yang mendukung praktik berbicara. Berbagai format konten di Instagram, seperti video, infografis, dan interaksi komunitas, sangat membantu dalam meningkatkan keterampilan berbicara. Responden merasa lebih termotivasi dan percaya diri dalam menggunakan bahasa Prancis dalam situasi sehari-hari. Penelitian ini memberikan kontribusi berharga dalam memahami bagaimana media sosial, khususnya Instagram, dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran bahasa Prancis dan mendorong pengetahuan ilmiah tentang penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran bahasa asing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, R. F. (2015). Analisis Persepsi Pelajar Tingkat Menengah Pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(1), 189–210. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.791

Al Adawiyah, A. (2022). Google Jamboard Alternatif Media Kreatif Untuk Pemahaman Tata Bahasa Perancis. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(1), 1-10. https://doi.org/10.52060/pti.v3i01.705

Ascalonicawati, A. P., & Cholsy, H. (2020). Bentuk Kosakata Bahasa Inggris pada Media Sosial Lembaga Pemerintah Indonesia. Prasasti: journal of linguistics, 5(1), 1-15. https://doi.org/10.20961/prasasti.v5i1.39399

Asmarani, A., & Della Shafira, S. (2023). Media Sosial Instagram Untuk Mendukung Eksistensi Diri @Sholahayub. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(1), 512–530. https://doi.org/10.38035/jmpis.v4i1.1449

Azizah, D. M. (2022). Strategi Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa SD Bilingual di Yogyakarta. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 6(3), 676. https://doi.org/10.20961/jdc.v6i3.65406

Cahyaningrum, Y., Kom, S., Ahmad Rizki Putra, A. R. P., & Yoga Adi Nugroho, Y. A. N. (2024). Analisis Penggunaan Media Sosial Instagram sebagai Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi. Jurnal JIMMY (Jurnal Informatika Mahaputra Muhammad Yamin), 2(2), 12-19.

Fatahillah, M. A. I., Nabila, E. A. N., Hafid, R. N., Erviana, F., Pratiwi, B., Bariroh, I., ... & Tan, S. V. S. (2024). Pengaruh Sosial Media TikTok dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Asing bagi Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang. Journal of Education and Technology, 4(1), 56-69.

Fitri, N., & Darmawangsa, D. (2023). Tinjauan Penerapan Sosial Media dalam Pembelajaran Bahasa Asing di Asia. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 8(1), 106-118. http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v8i1.2669

Fujiawati, F. S., & Raharja, R. M. (2021). Pemanfaatan Media Sosial (Instagram) Sebagai Media Penyajian Kreasi Seni Dalam Pembelajaran. JPKS (Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni), 6(1), 32–44. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPKS/article/view/11602/7384

Harianto, E. (2020). Metode bertukar gagasan dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 411-422. https://doi.org/10.58230/27454312.56

Haryadi, R. N., Utarinda, D., Poetri, M. S., & Sunarsi, D. (2023). Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Informatika Utama, 1(1), 28–35. https://doi.org/10.55903/jitu.v1i1.76

Juliani, J., Herlina, H., & Harunasari, S. Y. (2019, December). Meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui project based learning menggunakan Instagram. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Melati, E. (2024). Analisis Efektifitas Penggunaan Media Digital Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7080-7087. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29469

Novanto, R. A., Tobroni, T., & Saefulloh, A. (2024). Integrasi Media Sosial Dalam Kurikulum Pai Sebagai Pembentukan Keadaban Digital Peserta Didik Sekolah Dasar. Ibtida'iy: Jurnal Prodi PGMI, 9(1), 66-73. https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v9i1.24390

Nurfadzilah, V., & Sudarmaji, S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Media Sosial Instagram Pada Pembelajaran Gramatik Bahasa Jerman Sebagai Sumber Belajar Mandiri. Diksa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 103-115. https://doi.org/10.33369/diksa.v8i1.22661

Oktafiani, N., & Haryanto, M. (2022). Persepsi Mahasiswa PBSI-UNIKAL terhadap Aplikasi Tiktok untuk Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Abad 21. Journal on Teacher Education, 4(1), 126-141. https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5695

Parancika, R. B. P. R. B., Aris, M., & Sylviana, S. (2024). Perspektif Regulasi Pendidikan Tinggi Dalam Menjawab Tantangan Dan Peluang Dosen Di Era 4.0 Pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(1), 201-214. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i1.220

Purnaningsih, P. (2017). Strategi Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(1), 34. https://doi.org/10.32493/informatika.v2i1.1503

Rintjap, M. I., & Pujosusanto, A. (2019). Penggunaan Media Instagram untuk Keterampilan Menulis Bahasa Jerman SMA. LATERNE, 8(1). https://doi.org/10.26740/lat.v8n1.p%25p

Schmidt, S. J. (2020). Distracted learning: Big problem and golden opportunity. Journal of Food Science Education, 19(4), 278–291. https://doi.org/10.1111/1541-4329.12206

Schuessler, J. H. (2017). “Chunking” Semester Projects: Does it Enhance Student Learning?. Journal of Higher Education Theory and Practice, 17(7).

Sembiring, P. (2022). DELF A1 sebagai Tes Uji Keterampilan Resmi Bahasa Prancis Bertaraf Internasional. Bahas, 33(1), 38. https://doi.org/10.24114/bhs.v33i1.35970

Sholihah, D. A. (2022). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Cognitive Load Theory untuk Meminimalkan Extraneous Cognitive Load. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 13–23. https://doi.org/10.46918/equals.v5i1.1197

Sunardi, S. (2023). Efektivitas Model Bermain Peran Terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 87–107. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p87-107

Wulandari, R., Fawaid, F. N., Hieu, H. N., & Iswatiningsih, D. (2021). Penggunaan bahasa gaul pada remaja milenial di media sosial. Literasi: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 5(1), 64-76. http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v5i1.4969

Zulkarnain, I., Muthmainnah, N., Safitri, R. N., & Anggraini, R. (2024). Integrasi Media Sosial dan Teknologi Pendidikan: Peran StudyTWT dalam Meningkatkan Motivasi dan Komunitas Pembelajaran. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 2(3), 218-225.

Published
29-08-2024
How to Cite
Delima, S., Sunendar, D., & Racmadhany, A. (2024). Media Sosial Instagram untuk Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis: Sebuah Persepsi Mahasiswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 835-849. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4418
Section
Regular Articles