Media Sosial Instagram untuk Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis: Sebuah Persepsi Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi dan menganalisis persepsi mahasiswa terhadap penggunaan Instagram sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Prancis tingkat A1. Mengingat pentingnya integrasi teknologi dalam pendidikan untuk tetap maju, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi dan praktik terbaik dalam memanfaatkan fitur-fitur Instagram untuk pembelajaran bahasa Prancis. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan desain survei. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Perancis di Universitas Pendidikan Indonesia dengan sampel sebanyak 100 orang yang diambil secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup dan terbuka yang disebarkan secara daring melalui Google Forms. Analisis deskriptif digunakan untuk kuesioner tertutup, sedangkan analisis tematik digunakan untuk data terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 71,71% mahasiswa menilai penggunaan Instagram dalam pembelajaran bahasa Prancis sebagai baik, terutama karena konten yang menarik dan interaktif serta menciptakan lingkungan yang mendukung praktik berbicara. Berbagai format konten di Instagram, seperti video, infografis, dan interaksi komunitas, sangat membantu dalam meningkatkan keterampilan berbicara. Responden merasa lebih termotivasi dan percaya diri dalam menggunakan bahasa Prancis dalam situasi sehari-hari. Penelitian ini memberikan kontribusi berharga dalam memahami bagaimana media sosial, khususnya Instagram, dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran bahasa Prancis dan mendorong pengetahuan ilmiah tentang penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran bahasa asing.
Downloads
References
Akbar, R. F. (2015). Analisis Persepsi Pelajar Tingkat Menengah Pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(1), 189–210. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.791
Al Adawiyah, A. (2022). Google Jamboard Alternatif Media Kreatif Untuk Pemahaman Tata Bahasa Perancis. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(1), 1-10. https://doi.org/10.52060/pti.v3i01.705
Ascalonicawati, A. P., & Cholsy, H. (2020). Bentuk Kosakata Bahasa Inggris pada Media Sosial Lembaga Pemerintah Indonesia. Prasasti: journal of linguistics, 5(1), 1-15. https://doi.org/10.20961/prasasti.v5i1.39399
Asmarani, A., & Della Shafira, S. (2023). Media Sosial Instagram Untuk Mendukung Eksistensi Diri @Sholahayub. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(1), 512–530. https://doi.org/10.38035/jmpis.v4i1.1449
Azizah, D. M. (2022). Strategi Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa SD Bilingual di Yogyakarta. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 6(3), 676. https://doi.org/10.20961/jdc.v6i3.65406
Cahyaningrum, Y., Kom, S., Ahmad Rizki Putra, A. R. P., & Yoga Adi Nugroho, Y. A. N. (2024). Analisis Penggunaan Media Sosial Instagram sebagai Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi. Jurnal JIMMY (Jurnal Informatika Mahaputra Muhammad Yamin), 2(2), 12-19.
Fatahillah, M. A. I., Nabila, E. A. N., Hafid, R. N., Erviana, F., Pratiwi, B., Bariroh, I., ... & Tan, S. V. S. (2024). Pengaruh Sosial Media TikTok dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Asing bagi Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang. Journal of Education and Technology, 4(1), 56-69.
Fitri, N., & Darmawangsa, D. (2023). Tinjauan Penerapan Sosial Media dalam Pembelajaran Bahasa Asing di Asia. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 8(1), 106-118. http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v8i1.2669
Fujiawati, F. S., & Raharja, R. M. (2021). Pemanfaatan Media Sosial (Instagram) Sebagai Media Penyajian Kreasi Seni Dalam Pembelajaran. JPKS (Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni), 6(1), 32–44. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPKS/article/view/11602/7384
Harianto, E. (2020). Metode bertukar gagasan dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 411-422. https://doi.org/10.58230/27454312.56
Haryadi, R. N., Utarinda, D., Poetri, M. S., & Sunarsi, D. (2023). Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Informatika Utama, 1(1), 28–35. https://doi.org/10.55903/jitu.v1i1.76
Juliani, J., Herlina, H., & Harunasari, S. Y. (2019, December). Meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui project based learning menggunakan Instagram. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Melati, E. (2024). Analisis Efektifitas Penggunaan Media Digital Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7080-7087. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29469
Novanto, R. A., Tobroni, T., & Saefulloh, A. (2024). Integrasi Media Sosial Dalam Kurikulum Pai Sebagai Pembentukan Keadaban Digital Peserta Didik Sekolah Dasar. Ibtida'iy: Jurnal Prodi PGMI, 9(1), 66-73. https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v9i1.24390
Nurfadzilah, V., & Sudarmaji, S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Media Sosial Instagram Pada Pembelajaran Gramatik Bahasa Jerman Sebagai Sumber Belajar Mandiri. Diksa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 103-115. https://doi.org/10.33369/diksa.v8i1.22661
Oktafiani, N., & Haryanto, M. (2022). Persepsi Mahasiswa PBSI-UNIKAL terhadap Aplikasi Tiktok untuk Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Abad 21. Journal on Teacher Education, 4(1), 126-141. https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5695
Parancika, R. B. P. R. B., Aris, M., & Sylviana, S. (2024). Perspektif Regulasi Pendidikan Tinggi Dalam Menjawab Tantangan Dan Peluang Dosen Di Era 4.0 Pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(1), 201-214. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i1.220
Purnaningsih, P. (2017). Strategi Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(1), 34. https://doi.org/10.32493/informatika.v2i1.1503
Rintjap, M. I., & Pujosusanto, A. (2019). Penggunaan Media Instagram untuk Keterampilan Menulis Bahasa Jerman SMA. LATERNE, 8(1). https://doi.org/10.26740/lat.v8n1.p%25p
Schmidt, S. J. (2020). Distracted learning: Big problem and golden opportunity. Journal of Food Science Education, 19(4), 278–291. https://doi.org/10.1111/1541-4329.12206
Schuessler, J. H. (2017). “Chunking” Semester Projects: Does it Enhance Student Learning?. Journal of Higher Education Theory and Practice, 17(7).
Sembiring, P. (2022). DELF A1 sebagai Tes Uji Keterampilan Resmi Bahasa Prancis Bertaraf Internasional. Bahas, 33(1), 38. https://doi.org/10.24114/bhs.v33i1.35970
Sholihah, D. A. (2022). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Cognitive Load Theory untuk Meminimalkan Extraneous Cognitive Load. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 13–23. https://doi.org/10.46918/equals.v5i1.1197
Sunardi, S. (2023). Efektivitas Model Bermain Peran Terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 87–107. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p87-107
Wulandari, R., Fawaid, F. N., Hieu, H. N., & Iswatiningsih, D. (2021). Penggunaan bahasa gaul pada remaja milenial di media sosial. Literasi: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 5(1), 64-76. http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v5i1.4969
Zulkarnain, I., Muthmainnah, N., Safitri, R. N., & Anggraini, R. (2024). Integrasi Media Sosial dan Teknologi Pendidikan: Peran StudyTWT dalam Meningkatkan Motivasi dan Komunitas Pembelajaran. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 2(3), 218-225.
Copyright (c) 2024 Syaira Delima, Dadang Sunendar, Ariessa Racmadhany
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.