Transformasi Digital Pembelajaran Aqidah Akhlak: Peran Media Book Creator terhadap Hasil Belajar di Pesantren

Authors

  • Nuzul Rahmatullah Anshori Universitas Islam Negeri Palopo
  • Nilam Permatasari Munir Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Fatmarida Sabani Institut Agama Islam Negeri Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5949

Keywords:

Transformasi Digital, Pembelajaran, Aqidah Akhlak, Media Book Creator, Hasil Belajar

Abstract

Era digital saat ini, transformasi pembelajaran menjadi suatu keharusan, terutama dalam konteks pendidikan Agama seperti Aqidah Akhlak di Pesantren. Artikel ini membahas peran media Book Creator terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan desain pre-experimental dengan bentuk one grup pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah cluster random sampling, dengan jumlah sampel 19 orang siswa kelas VII putra di Pesantren Modern Madinah Al Munawwarah Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur. Data diperoleh melalui tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan siswa dalam pembelajaran 79% dalam kategori Baik. Hasil belajar akidah akhlak siswa sebelum menggunakan media pembelajaran Book Creator diperoleh nilai rata-rata sebesar 60,58% yang dapat diklasifikasikan dalam kategori rendah. Sementara itu, hasil belajar akidah akhlak siswa sesudah menggunakan media pembelajaran Book Creator diperoleh nilai rata-rata sebesar 86,84% diklasifikasikan dalam kategori tinggi. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,00 (p < 0,05), yang mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah menggunaan media Book Creator.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, N. A., & Santiani, S. (2025). Analisis Literatur Inovasi Pembelajaran Media Digital dalam Pengajaran Akidah Akhlak. Jurnal Miftahul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 119-130. https://doi.org/10.59841/miftahulilmi.v2i2.92

Anas, A., & Munir, N. P. (2019). Penerapan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Universitas Cokroaminoto Palopo. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 49–57. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1442

Arrazi, M. S., & Syabrina, M. (2025). Pengembangan Bahan Ajar Ajar Media Pembelajaran Book Creator Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV MI/SD SDIT Cahaya Harati Palangka Raya. Journal Sains Student Research, 3(1), 531-540. https://doi.org/10.61722/jssr.v3i1.3676

Daniati, H. (2024). Transformasi Pembelajaran Akidah Akhlak: Optimalisasi Hasil Belajar Melalui Metode Game Based Learning sebagai alat untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar. Al-Ijtima'i: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11-21.

Diana, A. E., Maziyah, N. S. A., Zainiyati, H. S., & Asrohah, H. (2024). Transformasi Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Game Based Learning Berbantuan Quizlet di Madrasah Ibtidaiyah. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 10(2), 258-270. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v10i2.1997

Fadhil, M. F., Niah, S., & Febtiningsih, P. (2025). Development Of E-Book Using Book Creator To Enhance Students’understanding Of Narrative Text On Reading Skill. Jurnal Basataka (JBT), 8(1), 657-665. https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.761

Farras Fadhil, M., Niah, S., & Febtiningsih, P. (2025). Development Of E-Book Using Book Creator To Enhance Students’ Understanding Of Narrative Text On Reading Skill (Vol. 8, Issue 1).

Hadi, M. S., & Manshur, A. (2025). Tranformasi Pembelajaran PAI Di Era Digital. Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 1-13. https://doi.org/10.53649/symfonia.v5i1.201

Hardianto, H., & Pongsimpin, A. (2022). Aplikasi Sebagai Media Interaktif Pengenalan Aksara Lontara dan Budaya Bugis Berbasis Flash. Jurnal Literasi Digital, 2(1), 66-71. https://doi.org/10.54065/jld.2.1.2022.117

Kusumawati, N. A. (2022). Penggunaan Media E-Book Creator Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Inspiratif Peserta Didik Kelas IX F SMP Negeri 1 Dayeuhkolot Kabupaten Bandung Semester Genap Tahun Pelajaran 2021-2022. Continuous Education: Journal of Science and Research, 3(3), 30–38. https://doi.org/10.51178/ce.v3i3.991

Maryam, A., Ahmad, R. E., Idris, I., Mardiah, A., Sijabat, J. P., Mahendra, F. E., & Soleha, A. M. A. (2025). Sosialisasi Penggunaan Book Creator sebagai Media Pembelajaran Interaktif di SDN 04 Kota Sorong. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 7(1), 7-12. https://doi.org/10.33506/pjcs.v7i1.3979

Muliarta, I. K. D. (2024). Book Creator Sebagai Media dalam Pembelajaran Bahasa Kedua. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 13(1), 54-62. https://doi.org/10.59672/stilistika.v13i1.3919

Nisa, F. (2020). Manajemen Sekolah Berbasis Pesantren (Studi Pengembangan Prestasi Akademik dan Non Akademik di SMPIT Nurul Islam Tengaran 2019/2020).

Oktari, D. P., & Kosasih, A. (2019). Pendidikan karakter religius dan mandiri di pesantren. Jurnal pendidikan ilmu sosial, 28(1), 42.

Oktavia, N. T., Astuti, D., & Nurhayati, W. (2023). The Use Of Book Creator In The Blended Learning Model In Social Studies Learning.

Prathiwi, S. (2021). Pentingnya keterampilan TIK guru PAUD pada abad 21. Pedagogika, 194-200. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i2.662

Pujiani, T., Zuhrufillah, I., & Sukmawati, I. D. (2023). Sosialisasi Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-storybook Menggunakan Aplikasi Book Creator. Jurnal Pengabdian Masyarakat-PIMAS, 2(3), 176-183. https://doi.org/10.35960/pimas.v2i3.1094

Puspasari, Y., Wardhani, I. S. K., & Karinda, D. (2025). Pengembangan Media E-Book Creator Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan Siswa. Jurnal Pena Karakter: Jurnal Pendidikan Anak dan Karakter, 7(1), 86-92. https://doi.org/10.62426/fs0kdt87

Qomara, D. A., Wijayanto, A., & Erfiana, N. A. N. E. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Digital Menggunakan Book Creator untuk Optimalisasi Pembelajaran IPAS Materi Harmoni Ekosistem. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 9(2), 245-260. https://doi.org/10.21154/ibriez.v9i2.612

Rahmawati, S. P. K., & Prasetyo, W. (2024). Book Creator: Narrative Learning Media in Vocational High School. LinguA-LiterA: Journal of English Language Teaching Learning and Literature, 7(1), 1-10.

Rofiah, B. K., & Romelah, R. (2025). Implementasi Assesmen Akidah Akhlak pada Lembaga Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Misbahul Adhim dalam Era Digital. Moral: Jurnal kajian Pendidikan Islam, 2(1), 224-230. https://doi.org/10.61132/moral.v2i1.582

Sespen, A. P. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Menggunakan Book Creator di SDN Percobaan Padang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 122-134. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i04.4491

Susanto, D. (2014). Pesantren dan Dakwah Pemberdayaan Masyarakat Islam. An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam, 6(2). https://doi.org/10.34001/an.v6i2.228

Syahputra, M. A., Wibowo, S., Ginting, P. T. B., & Nasution, J. (2024). Pemanfaatan “Book Creator” Dalam Literasi Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era 4.0 Bagi Wirausaha Muda. Jurnal Pendidikan Integratif, 5(4).

Velasufah, W. (2020). Nilai pesantren sebagai dasar pendidikan karakter.

Yunianti, S. S., & Arochman, T. (2023). Pemanfaatan Bookcreator untuk Optimalisasi Literasi Digital Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 278-288. http://dx.doi.org/10.33061/awpm.v7i2.9814

Zaimina, A. B. (2024). Literasi Digital Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di Era Society 5.0: Analisis Pustaka Tematik. Al-Adabiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 199-208. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v5i2.1093

Published

2025-08-01

How to Cite

Anshori, N. R., Munir, N. P., & Sabani, F. (2025). Transformasi Digital Pembelajaran Aqidah Akhlak: Peran Media Book Creator terhadap Hasil Belajar di Pesantren. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 1061–1070. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5949

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.