Transformasi Digital Pembelajaran Aqidah Akhlak: Peran Media Book Creator terhadap Hasil Belajar di Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5949Keywords:
Transformasi Digital, Pembelajaran, Aqidah Akhlak, Media Book Creator, Hasil BelajarAbstract
Era digital saat ini, transformasi pembelajaran menjadi suatu keharusan, terutama dalam konteks pendidikan Agama seperti Aqidah Akhlak di Pesantren. Artikel ini membahas peran media Book Creator terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan desain pre-experimental dengan bentuk one grup pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah cluster random sampling, dengan jumlah sampel 19 orang siswa kelas VII putra di Pesantren Modern Madinah Al Munawwarah Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur. Data diperoleh melalui tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan siswa dalam pembelajaran 79% dalam kategori Baik. Hasil belajar akidah akhlak siswa sebelum menggunakan media pembelajaran Book Creator diperoleh nilai rata-rata sebesar 60,58% yang dapat diklasifikasikan dalam kategori rendah. Sementara itu, hasil belajar akidah akhlak siswa sesudah menggunakan media pembelajaran Book Creator diperoleh nilai rata-rata sebesar 86,84% diklasifikasikan dalam kategori tinggi. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,00 (p < 0,05), yang mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah menggunaan media Book Creator.
Downloads
References
Ananda, N. A., & Santiani, S. (2025). Analisis Literatur Inovasi Pembelajaran Media Digital dalam Pengajaran Akidah Akhlak. Jurnal Miftahul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 119-130. https://doi.org/10.59841/miftahulilmi.v2i2.92
Anas, A., & Munir, N. P. (2019). Penerapan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Universitas Cokroaminoto Palopo. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 49–57. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1442
Arrazi, M. S., & Syabrina, M. (2025). Pengembangan Bahan Ajar Ajar Media Pembelajaran Book Creator Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV MI/SD SDIT Cahaya Harati Palangka Raya. Journal Sains Student Research, 3(1), 531-540. https://doi.org/10.61722/jssr.v3i1.3676
Daniati, H. (2024). Transformasi Pembelajaran Akidah Akhlak: Optimalisasi Hasil Belajar Melalui Metode Game Based Learning sebagai alat untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar. Al-Ijtima'i: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11-21.
Diana, A. E., Maziyah, N. S. A., Zainiyati, H. S., & Asrohah, H. (2024). Transformasi Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Game Based Learning Berbantuan Quizlet di Madrasah Ibtidaiyah. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 10(2), 258-270. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v10i2.1997
Fadhil, M. F., Niah, S., & Febtiningsih, P. (2025). Development Of E-Book Using Book Creator To Enhance Students’understanding Of Narrative Text On Reading Skill. Jurnal Basataka (JBT), 8(1), 657-665. https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.761
Farras Fadhil, M., Niah, S., & Febtiningsih, P. (2025). Development Of E-Book Using Book Creator To Enhance Students’ Understanding Of Narrative Text On Reading Skill (Vol. 8, Issue 1).
Hadi, M. S., & Manshur, A. (2025). Tranformasi Pembelajaran PAI Di Era Digital. Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 1-13. https://doi.org/10.53649/symfonia.v5i1.201
Hardianto, H., & Pongsimpin, A. (2022). Aplikasi Sebagai Media Interaktif Pengenalan Aksara Lontara dan Budaya Bugis Berbasis Flash. Jurnal Literasi Digital, 2(1), 66-71. https://doi.org/10.54065/jld.2.1.2022.117
Kusumawati, N. A. (2022). Penggunaan Media E-Book Creator Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Inspiratif Peserta Didik Kelas IX F SMP Negeri 1 Dayeuhkolot Kabupaten Bandung Semester Genap Tahun Pelajaran 2021-2022. Continuous Education: Journal of Science and Research, 3(3), 30–38. https://doi.org/10.51178/ce.v3i3.991
Maryam, A., Ahmad, R. E., Idris, I., Mardiah, A., Sijabat, J. P., Mahendra, F. E., & Soleha, A. M. A. (2025). Sosialisasi Penggunaan Book Creator sebagai Media Pembelajaran Interaktif di SDN 04 Kota Sorong. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 7(1), 7-12. https://doi.org/10.33506/pjcs.v7i1.3979
Muliarta, I. K. D. (2024). Book Creator Sebagai Media dalam Pembelajaran Bahasa Kedua. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 13(1), 54-62. https://doi.org/10.59672/stilistika.v13i1.3919
Nisa, F. (2020). Manajemen Sekolah Berbasis Pesantren (Studi Pengembangan Prestasi Akademik dan Non Akademik di SMPIT Nurul Islam Tengaran 2019/2020).
Oktari, D. P., & Kosasih, A. (2019). Pendidikan karakter religius dan mandiri di pesantren. Jurnal pendidikan ilmu sosial, 28(1), 42.
Oktavia, N. T., Astuti, D., & Nurhayati, W. (2023). The Use Of Book Creator In The Blended Learning Model In Social Studies Learning.
Prathiwi, S. (2021). Pentingnya keterampilan TIK guru PAUD pada abad 21. Pedagogika, 194-200. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i2.662
Pujiani, T., Zuhrufillah, I., & Sukmawati, I. D. (2023). Sosialisasi Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-storybook Menggunakan Aplikasi Book Creator. Jurnal Pengabdian Masyarakat-PIMAS, 2(3), 176-183. https://doi.org/10.35960/pimas.v2i3.1094
Puspasari, Y., Wardhani, I. S. K., & Karinda, D. (2025). Pengembangan Media E-Book Creator Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan Siswa. Jurnal Pena Karakter: Jurnal Pendidikan Anak dan Karakter, 7(1), 86-92. https://doi.org/10.62426/fs0kdt87
Qomara, D. A., Wijayanto, A., & Erfiana, N. A. N. E. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Digital Menggunakan Book Creator untuk Optimalisasi Pembelajaran IPAS Materi Harmoni Ekosistem. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 9(2), 245-260. https://doi.org/10.21154/ibriez.v9i2.612
Rahmawati, S. P. K., & Prasetyo, W. (2024). Book Creator: Narrative Learning Media in Vocational High School. LinguA-LiterA: Journal of English Language Teaching Learning and Literature, 7(1), 1-10.
Rofiah, B. K., & Romelah, R. (2025). Implementasi Assesmen Akidah Akhlak pada Lembaga Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Misbahul Adhim dalam Era Digital. Moral: Jurnal kajian Pendidikan Islam, 2(1), 224-230. https://doi.org/10.61132/moral.v2i1.582
Sespen, A. P. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Menggunakan Book Creator di SDN Percobaan Padang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 122-134. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i04.4491
Susanto, D. (2014). Pesantren dan Dakwah Pemberdayaan Masyarakat Islam. An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam, 6(2). https://doi.org/10.34001/an.v6i2.228
Syahputra, M. A., Wibowo, S., Ginting, P. T. B., & Nasution, J. (2024). Pemanfaatan “Book Creator” Dalam Literasi Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era 4.0 Bagi Wirausaha Muda. Jurnal Pendidikan Integratif, 5(4).
Velasufah, W. (2020). Nilai pesantren sebagai dasar pendidikan karakter.
Yunianti, S. S., & Arochman, T. (2023). Pemanfaatan Bookcreator untuk Optimalisasi Literasi Digital Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 278-288. http://dx.doi.org/10.33061/awpm.v7i2.9814
Zaimina, A. B. (2024). Literasi Digital Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di Era Society 5.0: Analisis Pustaka Tematik. Al-Adabiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 199-208. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v5i2.1093
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nuzul Rahmatullah Anshori, Nilam Permatasari Munir, Fatmarida Sabani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.