Penerapan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar (PLAS) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar melalui penerapan pendekatan lingkungan alam sekitar (PLAS). Penelitian ini merupakan action research dengan dua siklus yang masing-masing terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan 29 siswa kelas V SDN 2 Karangreja. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran, guru telah menerapkan PLAS dengan tepat dan maksimal sehingga motivasi belajar dan hasil belajar siswa meningkat. Rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 56.3% sedangkan pada siklus II sebesar 85.1%, sehingga dapat disimpulkan terdapat peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 28.8%. Rata-rata presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 45.9% sedangkan pada siklus II sebesar 81.9, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 36%. Hal ini juga terlihat dari perbandingan rata-rata kelas pada siklus I sebesar 67.21 sedangkan pada siklus II sebesar 78.45. Simpulan penelitian ini adalah penerapan PLAS dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas V.
Downloads
References
Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Arikunto, Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Pendidikan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Barlia, L. (2006). Mengajar Dengan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar (PLAS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Fitriana, F. (2016). Implementasi Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar Melalui Strategi Inkuiri Siswa Kelas IV SD Salam Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 31(5): 2.935-2.945.
Garnasih, T. (2018). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran di Lingkungan Sekolah pada Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X-MIA Mas Ar-Rosyidiyah. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 8(1): 48-53. DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i1.2926
Hamalik, O. (2010). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Isnanto, H. (2016). Penerapan Pendekatan Alam Sekitar Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses IPA dan Sikap Ilmiah pada Siswa Kelas V di SD Negeri Gedongtengen Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 29(5): 2.757-2.764.
Karmila. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Outdoor Learning Berbasis Kelompok Terhadap Hasil Belajar IPS di SDN. Jurnal of EST, 2(1): 26-32. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v2i1.1888
Lamasari, M. M, Mestyawaty As. A, & Paudi, R. I. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN 10 Gadung. Jurnal Kreatif Online, 5(3):132.
Lisdayeni, S., Darsono, & Sinaga, R. M. (2015). Penerapan Metode Outdoor Study dalam Meningkatkan Minat Belajar dan Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Studi Sosial, 3(3): 1-14.
Muijs, D. & Reynolds, D. (2008). Effective Learning Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nofita, R. M, Gusmaweti, & Satria, E. (2014). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Dengan Pendekatan Lingkungan dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SDN 13 Salak Kota Sawahlunto. E-Journal Bung Hatta University, 2(1): 11-14.
Rohim, A., & Asmana, A. T. (2018). Efektivitas Pembelajaran di Luar Kelas (Outdoor Learning) dengan Pendekatan PMRI pada Materi SPLDV. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(3): 217-229.
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group.
Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. & Rivai, A. (2015). Media Pengajaran. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suherdiyanto. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran di Luar Kelas (Outdoor Study) dalam Materi Permasalahan Lingkungan dan Upaya Penanggulangannya pada Siswa MTS Al-Ikhlas Kuala Mandor B. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 1(1): 95-108.
Syahputera, M. Z., Barlia, L., & Fitriyani, Y. (2016). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar pada Materi Perubahan dan Pengaruh Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV A di SDN Ranca Tales. Kalimaya, 4(2): 1-11.
Uno, H. & Mohamad, N. (2013). Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, dan Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.
Copyright (c) 2020 Widi Eli, Laksmi Evasufi Widi Fajari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.