Penerapan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar (PLAS) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar

  • Widi Eli SDN 2 Karangreja, Purbalingga
  • Laksmi Evasufi Widi Fajari Universitas Sebelas Maret
Keywords: Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar melalui penerapan pendekatan lingkungan alam sekitar (PLAS). Penelitian ini merupakan action research dengan dua siklus yang masing-masing terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan 29 siswa kelas V SDN 2 Karangreja. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran, guru telah menerapkan PLAS dengan tepat dan maksimal sehingga motivasi belajar dan hasil belajar siswa meningkat. Rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 56.3% sedangkan pada siklus II sebesar 85.1%, sehingga dapat disimpulkan terdapat peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 28.8%. Rata-rata presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 45.9% sedangkan pada siklus II sebesar 81.9, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 36%. Hal ini juga terlihat dari perbandingan rata-rata kelas pada siklus I sebesar 67.21 sedangkan pada siklus II sebesar 78.45. Simpulan penelitian ini adalah penerapan PLAS dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas V.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Arikunto, Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Pendidikan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Barlia, L. (2006). Mengajar Dengan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar (PLAS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Fitriana, F. (2016). Implementasi Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar Melalui Strategi Inkuiri Siswa Kelas IV SD Salam Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 31(5): 2.935-2.945.

Garnasih, T. (2018). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran di Lingkungan Sekolah pada Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X-MIA Mas Ar-Rosyidiyah. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 8(1): 48-53. DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i1.2926

Hamalik, O. (2010). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Isnanto, H. (2016). Penerapan Pendekatan Alam Sekitar Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses IPA dan Sikap Ilmiah pada Siswa Kelas V di SD Negeri Gedongtengen Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 29(5): 2.757-2.764.

Karmila. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Outdoor Learning Berbasis Kelompok Terhadap Hasil Belajar IPS di SDN. Jurnal of EST, 2(1): 26-32. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v2i1.1888

Lamasari, M. M, Mestyawaty As. A, & Paudi, R. I. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN 10 Gadung. Jurnal Kreatif Online, 5(3):132.

Lisdayeni, S., Darsono, & Sinaga, R. M. (2015). Penerapan Metode Outdoor Study dalam Meningkatkan Minat Belajar dan Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Studi Sosial, 3(3): 1-14.

Muijs, D. & Reynolds, D. (2008). Effective Learning Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nofita, R. M, Gusmaweti, & Satria, E. (2014). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Dengan Pendekatan Lingkungan dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SDN 13 Salak Kota Sawahlunto. E-Journal Bung Hatta University, 2(1): 11-14.

Rohim, A., & Asmana, A. T. (2018). Efektivitas Pembelajaran di Luar Kelas (Outdoor Learning) dengan Pendekatan PMRI pada Materi SPLDV. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(3): 217-229.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group.

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. & Rivai, A. (2015). Media Pengajaran. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suherdiyanto. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran di Luar Kelas (Outdoor Study) dalam Materi Permasalahan Lingkungan dan Upaya Penanggulangannya pada Siswa MTS Al-Ikhlas Kuala Mandor B. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 1(1): 95-108.

Syahputera, M. Z., Barlia, L., & Fitriyani, Y. (2016). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar pada Materi Perubahan dan Pengaruh Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV A di SDN Ranca Tales. Kalimaya, 4(2): 1-11.

Uno, H. & Mohamad, N. (2013). Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, dan Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
24-02-2020
How to Cite
Eli, W., & Fajari, L. E. W. (2020). Penerapan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar (PLAS) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar . Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 58-66. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.234
Section
Regular Articles