Peranan Orang Tua dan Guru dalam Mengatasi Degradasi Moral Anak di Sekolah MA Muhammadiyah Pokobulo
Abstract
Peranan Orang Tua dan Guru dalam Mengatasi Degradasi Moral pada Anak MA Muhammadiyah Pokobulo. jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan sosiologi dan pendekatan psikologi yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan orang tua dan guru dalam mengatasi degradasi moral pada anak di MA Muhammadiyah Pokobulo lokasi penelitan ini yaitu Di kecamatan bontoramba kabupaten jeneponto. Informan kunci dalam penelitian ini adalah guru MA Muhammadiyah Pokobulo dan sebagai informan tambahan yaitu orang tua dan siswa MA Muhammadiyah Pokobulo. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanan orang tua dan guru dalam mengatasi degradasi moral pada anak di MA Muhammadiyayh Pokobulo yaitu: memberikan keteladanan, orang tua dan guru memberikan keteladanan baik itu berbicara lemah lembut maupun bicara sopan santun terhadap sesama, memberikan nasehat, orang tua dan guru memberikan nasihat kepada anak jika mereka mendapati anak atau siswanya melakukan kesalahan, tentunya dengan nasihat lemah lembut. Selanjutnya melalui pembiasaan orang tua dan guru membiasakan anaknya untuk bersikap sopan santu, membiasakan tata karma kepada sesamanya serta memberikan hukuman dan penghargaan. Hambatan yang dihadapi orang tua dan guru dalam mengatasi degradasi moral pada anak di MA Muhammadiyah Pokobulo yaitu:: faktor lingkungan, lingkungan salah satu penyebab menurunnya moral anak, sehingga orang tua perlu memberikan arahan dan bimbingan kepada anak agar tidak terlalu jauh dalam melangkah. Faktor pembawaan, danpengaruh gadget. Gadget merupakan salah satu membuat menurunnya degradasi moral pada anak karena ketika orang tua atau guru tidak mengontrol apa yang mereka nonton setiap harinya maka anak bisa mengalami perubahan
Downloads
References
Alia, S., Resma, N., Nurali, R., & Hamara, H. (2020). Budaya Lembaga Pendidikan sebagai Pilar Utama Melawan Degradasi Moral. Khazanah Pendidikan Islam, 2(2), 84-89. DOI: https://doi.org/10.15575/kp.v2i2.9283
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 195-205.
Budiyono, Y. H., & Harmawati, Y. (2017). Penguatan pendidikan karakter melalui nilai-nilai keteladanan guru dan orang tua pada siswa sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional PPKn III (pp. 1-12).
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2010. Pembinaan Pendidikan Karakter Grafindo Persada.
Gunawan H. 2012. Pendidikan Karakter, (Konsep dan Implementasi),Bandung : Alfabeta
Jahroh, W. S., & Sutarna, N. (2016, August). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Moral. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.
Junaid, R., & Baharuddin, M. R. (2020). Pemenuhan Hak Belajar Siswa melalui PKM Lesson Study. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 522-534.
Junaid, R., & Baharuddin, M. R. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui PKM Lesson Study. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 122-129. DOI: https://doi.org/10.35914/tomaega.v3i2.413
Nur, S., & Sudarsono, S. (2018). Implementasi Pendidikan Demokrasi Dalam Pembelajaran IPS Study Kasus Sma Negeri 6 Takalar. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 6(2), 95-103. DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v6i2.2585
Marsen, C., Neviyarni, S., & Murni, I. (2021). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan moral peserta didik sekolah dasar di era revolusi industri 4.0. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(1), 49-52. DOI: https://doi.org/10.29210/02928jpgi0005
Martono, N. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raya
Muthohar, S. (2016). Antisipasi degradasi moral di era global. Nadwa, 7(2), 321-334. DOI: https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.2.565
Norla V. (2011). Panduan Menerapkan Pendidikan karakter Di sekolah, Jakarta:Laksana,
Sugiyono, (2007), Metodologi Penelitian Bisnis, PT. Gramedia, Jakarta
Sukardi, R. (2017, May). Pendidikan Nilai; Mengatasi Degradasi Moral Keluarga. In Prosiding
Copyright (c) 2021 Sudarsono Sudarsono, Sulvahrul Amin, Abd Rajab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.