Peranan Orang Tua dan Guru dalam Mengatasi Degradasi Moral Anak di Sekolah MA Muhammadiyah Pokobulo

  • Sudarsono Sudarsono Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sulvahrul Amin Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Abd Rajab Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Peran Orang Tua, Peran Guru, Degradasi Moral

Abstract

Peranan Orang Tua dan Guru dalam Mengatasi Degradasi Moral pada Anak MA Muhammadiyah Pokobulo. jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan sosiologi dan pendekatan psikologi yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan orang tua dan guru dalam mengatasi degradasi moral pada anak di MA Muhammadiyah Pokobulo lokasi penelitan ini yaitu Di kecamatan bontoramba kabupaten jeneponto. Informan kunci dalam penelitian ini adalah guru MA Muhammadiyah Pokobulo dan sebagai informan tambahan yaitu orang tua dan siswa MA Muhammadiyah Pokobulo. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanan orang tua dan guru dalam mengatasi degradasi moral pada anak di MA Muhammadiyayh Pokobulo yaitu: memberikan keteladanan, orang tua dan guru memberikan keteladanan baik itu berbicara lemah lembut maupun bicara sopan santun terhadap sesama, memberikan nasehat, orang tua dan guru memberikan nasihat kepada anak jika mereka mendapati anak atau siswanya melakukan kesalahan, tentunya dengan nasihat lemah lembut. Selanjutnya melalui pembiasaan orang tua dan guru membiasakan anaknya untuk bersikap sopan santu, membiasakan tata karma kepada sesamanya serta memberikan hukuman dan penghargaan. Hambatan yang dihadapi orang tua dan guru dalam mengatasi degradasi moral pada anak di MA Muhammadiyah Pokobulo yaitu:: faktor lingkungan, lingkungan salah satu penyebab menurunnya moral anak, sehingga orang tua perlu memberikan arahan dan bimbingan kepada anak agar tidak terlalu jauh dalam melangkah. Faktor pembawaan, danpengaruh gadget. Gadget merupakan salah satu membuat menurunnya degradasi moral pada anak karena ketika orang tua atau guru tidak mengontrol apa yang mereka nonton setiap harinya maka anak bisa mengalami perubahan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alia, S., Resma, N., Nurali, R., & Hamara, H. (2020). Budaya Lembaga Pendidikan sebagai Pilar Utama Melawan Degradasi Moral. Khazanah Pendidikan Islam, 2(2), 84-89. DOI: https://doi.org/10.15575/kp.v2i2.9283

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 195-205.

Budiyono, Y. H., & Harmawati, Y. (2017). Penguatan pendidikan karakter melalui nilai-nilai keteladanan guru dan orang tua pada siswa sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional PPKn III (pp. 1-12).

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2010. Pembinaan Pendidikan Karakter Grafindo Persada.

Gunawan H. 2012. Pendidikan Karakter, (Konsep dan Implementasi),Bandung : Alfabeta

Jahroh, W. S., & Sutarna, N. (2016, August). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Moral. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Junaid, R., & Baharuddin, M. R. (2020). Pemenuhan Hak Belajar Siswa melalui PKM Lesson Study. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 522-534.

Junaid, R., & Baharuddin, M. R. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui PKM Lesson Study. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 122-129. DOI: https://doi.org/10.35914/tomaega.v3i2.413

Nur, S., & Sudarsono, S. (2018). Implementasi Pendidikan Demokrasi Dalam Pembelajaran IPS Study Kasus Sma Negeri 6 Takalar. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 6(2), 95-103. DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v6i2.2585

Marsen, C., Neviyarni, S., & Murni, I. (2021). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan moral peserta didik sekolah dasar di era revolusi industri 4.0. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(1), 49-52. DOI: https://doi.org/10.29210/02928jpgi0005

Martono, N. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raya

Muthohar, S. (2016). Antisipasi degradasi moral di era global. Nadwa, 7(2), 321-334. DOI: https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.2.565

Norla V. (2011). Panduan Menerapkan Pendidikan karakter Di sekolah, Jakarta:Laksana,

Sugiyono, (2007), Metodologi Penelitian Bisnis, PT. Gramedia, Jakarta

Sukardi, R. (2017, May). Pendidikan Nilai; Mengatasi Degradasi Moral Keluarga. In Prosiding

Published
07-08-2021
How to Cite
Sudarsono, S., Amin, S., & Rajab, A. (2021). Peranan Orang Tua dan Guru dalam Mengatasi Degradasi Moral Anak di Sekolah MA Muhammadiyah Pokobulo . Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 437-445. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1335
Section
Regular Articles