Metode Pembelajaran Bahasa Inggris yang Digunakan Guru pada Lembaga Pendidikan Non-Formal LP3N Kerinci

  • Pretty Elisa Ayu Ningsih STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh
Keywords: Metode pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Inggris, Lembaga Pendidikan Non Formal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran Bahasa Inggris yang digunakan oleh guru pada lembaga pendidikan non formal LP3N Kerinci. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua instrumen yakni observasi dan wawancara. Subjek dari penelitian ini adalah 3 orang guru Bahasa Inggris di LP3N Kerinci yang terdiri dari 2 guru perempuan dan 1 guru laki – laki. Guru-guru ini mengajar pada level kelas yang berbeda. Mereka sudah mengajar lebih dari 5 tahun di lembaga pendidikan non formal ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pembelajaran Bahasa Inggris guru menerapkan metode yang berbeda tergantung pada level siswa yang diajar dan materi yang diajarkan. Kemampuan Bahasa Inggris siswa juga menjadi salah satu faktor dalam pemilihan metode oleh guru. Pada kelas Beginner dan Elementary guru cenderung menerapkan metode TPR, karena pada level kelas ini siswa yang diajar adalah siswa SD dengan rentan umur 7-10 tahun. Siswa pada rentan usia ini mudah bosan saat belajar maka untuk membuat mereka lebih tertarik dan termotivasi saat belajar guru menggunakan metode TPR dimana dalam kegiatan pembelajaran banyak menggunakan gerakan. Pada kelas Intermediate, Upper Intermediate, Advance dan TOEFL metode yang digunakan guru adalah GTM. Guru memilih metode ini karena pada level ini siswa banyak diajarkan tentang Grammar seperti Tenses, Comparison, Preposition dan lainnya. Sehingga agar siswa lebih mudah memahami pelajaran maka guru menggunakan dua bahasa yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam menjelaskan materi. Selanjutnya pada kelas percakapan, guru menggunakan metode Direct Method karena kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam pengajaran Bahasa Inggris di lembaga non formal LP3N Kerinci guru menerapkan metode TPR, GTM, dan Direct Method tergantung dari level kelas dan materi yang akan diajarkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Brown. 2000. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy Second Edition. California: Longman

Creswell, J. 2012. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research 4th Edition. USA: Pearson Education.

Gay, L.R. 1990. Educational Research Third Edition. Singapore: Merrill

Harmer, J. 2007. The Practice of English Language Teaching. Cambridge: Pearson Longman

Ilyas & Syahid. 2018. Pentingnya Metodologi Pembelajaran Bagi Guru. Jurnal Al Aulia 4 (1)

Krashen, S. 2009. Principles and Practice in Second Language Acquisition. University of California

Mukminatien, N. 2003. Methods of Language Teaching Modul I.

Pido, N. W. & Dewi, E. 2019. English Teaching Method Applied by Teachers in MTs Negeri Model Limboto. Al Lisan Journal Bahasa dan Pengajarannya 4 (1) http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/al

Radiustias, E. 2021. A Personal Interview with Pretty Elisa Ayu Ningsih about LP3N Kerinci. LP3N Kerinci: Sungai Penuh.

Richard, J. & Rodgers, T. 2007. Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press

Shaikh, F. S. 2013. Effective Methods of Teaching English as Second Language in the Classroom. International Journal of Science and Research (IJSR) 4 (2) www.ijsr.net

Published
02-04-2021
How to Cite
Ningsih, P. E. A. (2021). Metode Pembelajaran Bahasa Inggris yang Digunakan Guru pada Lembaga Pendidikan Non-Formal LP3N Kerinci. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 173-179. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.564
Section
Regular Articles