Metode Pembelajaran Bahasa Inggris yang Digunakan Guru pada Lembaga Pendidikan Non-Formal LP3N Kerinci
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.564Keywords:
Metode pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Inggris, Lembaga Pendidikan Non FormalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran Bahasa Inggris yang digunakan oleh guru pada lembaga pendidikan non formal LP3N Kerinci. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua instrumen yakni observasi dan wawancara. Subjek dari penelitian ini adalah 3 orang guru Bahasa Inggris di LP3N Kerinci yang terdiri dari 2 guru perempuan dan 1 guru laki – laki. Guru-guru ini mengajar pada level kelas yang berbeda. Mereka sudah mengajar lebih dari 5 tahun di lembaga pendidikan non formal ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pembelajaran Bahasa Inggris guru menerapkan metode yang berbeda tergantung pada level siswa yang diajar dan materi yang diajarkan. Kemampuan Bahasa Inggris siswa juga menjadi salah satu faktor dalam pemilihan metode oleh guru. Pada kelas Beginner dan Elementary guru cenderung menerapkan metode TPR, karena pada level kelas ini siswa yang diajar adalah siswa SD dengan rentan umur 7-10 tahun. Siswa pada rentan usia ini mudah bosan saat belajar maka untuk membuat mereka lebih tertarik dan termotivasi saat belajar guru menggunakan metode TPR dimana dalam kegiatan pembelajaran banyak menggunakan gerakan. Pada kelas Intermediate, Upper Intermediate, Advance dan TOEFL metode yang digunakan guru adalah GTM. Guru memilih metode ini karena pada level ini siswa banyak diajarkan tentang Grammar seperti Tenses, Comparison, Preposition dan lainnya. Sehingga agar siswa lebih mudah memahami pelajaran maka guru menggunakan dua bahasa yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam menjelaskan materi. Selanjutnya pada kelas percakapan, guru menggunakan metode Direct Method karena kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam pengajaran Bahasa Inggris di lembaga non formal LP3N Kerinci guru menerapkan metode TPR, GTM, dan Direct Method tergantung dari level kelas dan materi yang akan diajarkan.
Downloads
References
Brown. 2000. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy Second Edition. California: Longman
Creswell, J. 2012. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research 4th Edition. USA: Pearson Education.
Gay, L.R. 1990. Educational Research Third Edition. Singapore: Merrill
Harmer, J. 2007. The Practice of English Language Teaching. Cambridge: Pearson Longman
Ilyas & Syahid. 2018. Pentingnya Metodologi Pembelajaran Bagi Guru. Jurnal Al Aulia 4 (1)
Krashen, S. 2009. Principles and Practice in Second Language Acquisition. University of California
Mukminatien, N. 2003. Methods of Language Teaching Modul I.
Pido, N. W. & Dewi, E. 2019. English Teaching Method Applied by Teachers in MTs Negeri Model Limboto. Al Lisan Journal Bahasa dan Pengajarannya 4 (1) http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/al DOI: https://doi.org/10.30603/al.v4i1.592
Radiustias, E. 2021. A Personal Interview with Pretty Elisa Ayu Ningsih about LP3N Kerinci. LP3N Kerinci: Sungai Penuh.
Richard, J. & Rodgers, T. 2007. Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press
Shaikh, F. S. 2013. Effective Methods of Teaching English as Second Language in the Classroom. International Journal of Science and Research (IJSR) 4 (2) www.ijsr.net
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.