Peningkatan Motivasi Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Media Audio Visual

  • Rusmiati Rusmiati Universitas Tadulako
  • Dhevy Puswiartika Universitas Tadulako
  • Mahfud Mahmud Gamar Universitas Tadulako
Keywords: Motivasi, Siswa Sekolah Dasar, Pembelajaran IPS, Media Audio Visual

Abstract

This research aims to describe teachers' efforts to increase student motivation, find out the learning media used and the magnitude of the increase in student motivation in learning social studies using audio-visual media. The subjects of this research were fifth grade students at SDN Dampala, Bahodopi District, who were active in the even semester of the 2023/2024 academic year. This research uses a qualitative description method based on an assessment rubric in the form of observation sheets, documentation and interviews. The results of the research show that teachers' efforts to increase student motivation can be seen from the better student response to the learning process, collaboration between students and also between students and teachers, as well as the creation of a supportive learning environment which is an important factor in increasing student motivation. The use of learning media can be seen from. The positive impact on student motivation during the learning process and increasing student motivation in social studies learning shows that effective integration of audio-visual media in learning can increase students' attention to social studies learning material.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeniyah, W., & Meilana, S. F. (2021). Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Putra Jaya. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 888-894. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1287

Almagofi, F., & Sari, E. F. (2024). Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran IPS untuk siswa kelas V SD negeri tugurejo 02 kota semarang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5093-5107. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12569

Amini, A., Siregar, A., Wulandari, I. S., Dianti, I. A., & Sipahutar, N. A. (2023). Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas X IIS MAS Islamic Centre Medan. Journal on Education, 5(3), 9322-9331.

Antoro, W. D., & Sridiyatmiko, G. (2022). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 197-202. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.378

Arsyad, A., & Sulfemi, W. B. (2018). Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual Pendidikan dalam Meningkatkan Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(2), 41-46. https://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v3i2.1012

Avania, W. F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2531-2538. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.885

Daniati, N., Novianti, Y., & Mashuri, K. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas VII di SMP PAB 7 Tandem Hilir. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5611-5617. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2547

Fahreza, F., & Julianda, R. (2018). Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran IPS siswa kelas V SDN Langung. Visipena, 9(1), 31-46. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.428

Fauziah, I. N. N., Saputri, S. A., & Rustini, T. (2023). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 125-135. https://doi.org/10.58401/dirasah.v6i1.789

Has, S. A. (2021). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Masa New Normal. Atta'dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 52-66. http://dx.doi.org/10.30863/attadib.v2i2.1766

Hasan, H., Juraid, J., & Suyuti, S. (2022). Penggunaan model pembelajaran blended learning dalam penerapan aplikasi audacity pada mata pelajaran sejarah di sma labschool untad palu. Nosarara: Jurnal Pendidikan dan ilmu Sosial, 10(2), 113-125.

Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17-28. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1977

Ikhsan, M., & Humaisi, M. S. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran audio visual dalam mengembangkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i1.45

Kahfi, M., Ratnawati, Y., Setiawati, W., & Saepuloh, A. (2021). Efektivitas pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media audiovisual dalam meningkatkan motivasi dan prestasi siswa pada pembelajaran IPS terpadu. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1). http://dx.doi.org/10.58258/jime.v7i1.1636

Kindangen, M., Tulung, J. M., & Massang, B. (2022). Media Audio Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen: Studi Tentang Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(1), 337-343. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.2050

Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Model proses inovasi kurikulum merdeka implikasinya bagi siswa dan guru abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408-423. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1516

Laratu, W. N., Darsikin, D., & Wahyono, U. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Animasi Dan Kemampuan Awal Terhadap Pemahaman Konsep Listrik Dinamis Siswa SMA Negeri 8 Palu. Mitra Sains, 4(2), 78-85. https://doi.org/10.22487/mitrasains.v4i2.217

Lestari, S., Untari, M. F. A., & Fajriyah, K. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Zoom Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 56-63. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.33343

Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid–19: Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1). https://doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.31311

Mulyosari, E. T., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2395-2405. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5037

Nurcahyanti, R. M., & Tirtoni, F. (2023). Media pembelajaran audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 265-270. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4605

Nurparida, N., & Srirahayu, E. (2021). Efektivitas Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VII MTS. Al Yusufiah. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(1). http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v5i1.1628

Rezkyana, R., Nursalam, N., & Sulfasyah, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan Media Audio-Visual Video Terhadap Kemampuan Higher Order Thinking Skills Pada Pembelajaran IPS dan Self-Efficacy Siswa Kelas IV SD Wilayah II Kecamatan Simbang Kabupaten Maros. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 1526-1541. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3018

Salamah, S., Wiramanggala, A. N., Aprilianti, A. D., Tunissa, I. F., & Nugraha, D. (2022). Pengembangan media audio-visual IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 145-153. http://dx.doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.49251

Santika, I. D. A. D. M., Agung, I. G. A. M., & Apriliani, K. (2021). Video Pembelajaran untuk Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 5(4), 342-352. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i4.40865

Sulfemi, W. B. (2018). Penggunaan metode demontrasi dan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Ips. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 151-158.

Sulfemi, W. B. (2019). Model pembelajaran kooperatif mind mapping berbantu audio visual dalam meningkatkan minat, motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13-19. https://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204

Susanti, Y. E., Ananda, K., Albi, V., Noviyanti, S., & Chan, F. (2024). Meningkatkan Motivasi Pembelajaran IPS pada Siswa dengan Menggunakan Media Audiovisual. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 2282-2292. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10756

Syarwah, R. A., Fauziddin, M., & Hidayat, A. (2019). Peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan media audio visual pada pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal pendidikan tambusai, 3(3), 936-945. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.300

Widhayanti, A., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Media Audiovisual Berbantuan Power Point Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.627

Windasari, T. S., & Syofyan, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 1-12. https://doi.org/10.21009/jpd.v10i1.11241

Yusnaldi, E., Pramayshela, A., Zahratunnisa, E., Qadaria, L., Pulungan, R. M. I., & Rianti, T. D. (2023). Pemanfaatan Media Audiovisual pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 29008-29012. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11645

Published
02-06-2024
How to Cite
Rusmiati, R., Puswiartika, D., & Gamar, M. M. (2024). Peningkatan Motivasi Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Media Audio Visual. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(1), 211-221. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.3624
Section
Regular Articles