Pelaksanaan Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Model Pembelajaran Di SD Negeri 20 SKPG SP 1 Emparu
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.342Keywords:
supervisi klinis, kompetensi guruAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pelaksanaan supervisi klinis dapat meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan model pembelajaran; dan (2) perubahan kompetensi guru dalam mengembangkan model pembelajaran. Peneliti memilih pendekatan kualitatif dalam penelitian ini serta memilih metode penelitian kualitatif dalam bentuk penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD Negeri 20 SKPG SP 1 Emparu. Pada penelitian ini ada beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi langsung, teknik pengukuran, teknik komunikasi langsung, dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar tes, lembar wawancara dan dokumen. Pelaksanaan supervisi klinis untuk dapat meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan model pembelajaran telah dilaksanakan dalam 2 tahapan kegiatan menghasilkan beberapa hal sebagai berikut: (1) Pelaksanaan supervisi klinis dapat meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan model pembelajaran dalam kategori sedang. (2) Perubahan kompetensi guru dalam mengembangkan model pembelajaran mengalami peningkatan kompetensi disebabkan guru memiliki lebih banyak alternatif di dalam pengembangan pembelajaran.
Downloads
References
Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Djamarah, S. B. (2000). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitriani, F., Baharuddin, M. R., & Kayanti, J. (2019, October). Comparison of Cooperative Learning Model Think Pair Share and Think Pair Square Toward Students’ Mathematical Communication Ability. In International Conference on Natural and Social Sciences (ICONSS) Proceeding Series (pp. 202-208).
Hidayat, K. (2004). Diskusi partisipatif 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Bandung: Nusamedia.
Ignasius, I., Wibowo, D. C., Kurniati, A. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Paradigma Pedagogi Reflektif. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 6(1). https://doi.org/10.31932/jpdp.v6i1.674. DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v6i1.674
Junaid, R., & Baharuddin, M. R. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui PKM Lesson Study. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 122-129. DOI: https://doi.org/10.35914/tomaega.v3i2.413
Sanjaya, W. (2006). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada.
Sulestri, A. I., & Baharuddin, M. R. (2019). Media Pembelajaran Geometri dalam Konsep Behavioristik. Prosiding Semantik, 2(1), 43-46.
Usman, M. U., & Setiawati, L. (2002). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 51-57. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.245.
Zaini, H. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.