Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey

Authors

  • Siti Mustaghfiroh IAIN Metro Lampung

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248

Keywords:

pendidikan, merdeka belajar, progresivisme

Abstract

Progresivisme adalah salah satu aliran filsafat pendidikan modern yang menginginkan adanya perubahan mendasar terhadap pelaksanaan pendidikan ke arah yang lebih baik, berkualitas dan memberikan kemanfaatan yang nyata bagi peserta didik. Aliran progresivisme menekankan pentingnya dasar-dasar kemerdekaan dan kebebasan kepada peserta didik. Peserta didik diberikan keleluasaan untuk mengembangkan bakat dan kemampuan yang terpendam dalam dirinya tanpa terhambat aturan-aturan formal yang terkadang justeru membelenggu kreativitas dan daya pikirnya untuk menjadi lebih baik. Dalam konteks pendidikan di Indonesia, konsep “merdeka belajar” yang dicanangkan oleh Mendikbud RI yang baru dinilai sebagai kebijakan besar untuk menjadikan pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik dan semakin maju. Selain itu, konsep “merdeka belajar” memiliki arah dan tujuan yang sama dengan konsep aliran filsafat pendidikan progresivisme John Dewey. Keduanya sama-sama menawarkan kemerdekaan dan keleluasaan kepada lembaga pendidikan untuk mengekplorasi potensi peserta didiknya secara maksimal dengan menyesuaikan minat, bakat serta kecendrungan masing-masing peserta didik. Dengan kemerdekaan dan kebebasan ini, diharapkan pendidikan di Indonesia menjadi semakin maju dan berkualitas, yang ke depannya mampu memberikan dampak positif secara langsung terhadap kemajuan bangsa dan negara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barnadib, I. (1997). Filsafat Pendidikan: Sistem & Metode. Cetakan ke 9. Yogyakarta: Andi Publishing.

Barnadib, I. (2002). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa

Depdikanas. (2009). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia

Djumransjah. (2002). Filsafat Pendidikan. Jawa Timur: Bayumedia Publishing

Gutek, G. L. (1997). Philosofical Alternatives in Education. Loyala University of Chaniago

Dewey, J. (1950). Democacy and Education, an Introduction to the Philosophy of Education. USA: The Macmillan Company

Dewey, J. (1963). Freedom and Culture. USA: Capricorn Books Edition

Kemendikbud. (2019). “Merdeka Belajar: Pokok-Pokok Kebijakan Merdeka Belajar”. Jakarta: Makalah Rapat Koordinasi Kepala Dinas Pendidikan Seluruh Indonesia DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/67rcq

Muhmidayeli, M. (2011). Filsafat Pendidikan. Bandung: Refika Aditama

Ornstein, A. C. & Levine, D. U. (1985). An Introduction to The Foundation of Education. New York: Hungton Mifflin Company

Sadullah, U. (2003). Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Published

2020-03-30

How to Cite

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.