Pengaruh Simulasi PhET Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri Puraseda 01 Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6563Keywords:
Simulasi PhET, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Pembelajaran MatematikaAbstract
Keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh metode dan model pembelajaran yang bermakna, menarik, serta mampu menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik. Hal ini menjadi sangat penting dalam pembelajaran matematika, yang sering dianggap sulit oleh peserta didik, sehingga banyak dari mereka belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Puraseda 01 Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 responden. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan simulasi PhET terhadap motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik kelas V pada materi pecahan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain kelompok kelas eksperiman dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan simulasi PhET, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Variabel independent pada penelitian ini adalah penggunaan simulasi PhET dan variabel dependennya adalah motivasi dan hasil belajar. Pengukuran variabel dilakukan dengan menggunakan skala Likert. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata nilai peserta didik di kelas eksperimen mencapai 85,90, di atas KKM 70, dan seluruh peserta didik tuntas belajar. Sebaliknya, dikelas kontrol hanya memperoleh rata-rata 67,5, dengan tingkat ketuntasan 45%. Selain itu, motivasi belajar peserta didik di kelas eksperimen juga lebih tinggi. Analisis statistik menggunakan uji Hotelling’s Trace menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok dalam hal hasil belajar dan motivasi. Temuan ini menguatkan hasil penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa simulasi PhET mampu meningkatkan pemahaman konsep secara visual dan interaktif, membuat pembelajaran lebih aktif, kreatif, dan menyenangkan. Dengan demikian, penggunaan simulasi PhET dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi peserta didik pada pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Downloads
References
Alami, Y. (2020). Media pembelajaran daring pada masa covid-19. Tarbiyatu wa Ta'lim, 2(1), 49-56.
Alam, Y., Putra, F. N., & Sholichin, R. (2021). Pengaruh Simulasi PhET (Physic Education and Tecnology) Terhadap Kualitas dan Hasil Belajar. BRILIANT: Jurnal riset dan konseptual, 6(1), 225-231. https://doi.org/10.28926/briliant.v6i1.599
Andjarwati, T. (2015). Motivasi dari sudut pandang teori hirarki kebutuhan Maslow, teori dua faktor Herzberg, teori xy Mc Gregor, dan teori motivasi prestasi Mc Clelland. JMM17: Jurnal Ilmu ekonomi dan manajemen, 2(01). http://dx.doi.org/10.30996/jmm17.v2i01.422
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Aprilia, D. A., Miftahul, M., Nuraini, L., & Sedayu, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Vektor Dengan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Scientific. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 12(2), 176-180. https://doi.org/10.23887/jjpf.v12i2.40396
Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi aksara.
Arsyad, A. (2017). Media pembelajaran. Rajawali Pers.
Dewi, P. T. (2023). Motivasi belajar peserta didik pasca pandemi covid-19. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 5(1), 12–24. https://doi.org/10.52483/ijsed.v5i1.96
Djamarah, S. B. 5 Marzuki, Pendidikan Karakter Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 2015), 66. 6 Departemen Agama RI, Al-qur’an dan Terjemahannya (Bandung: CV Penerbit J-Art, 1994), 450.
Ekawati, Y., Haris, A., & Amin, B. D. (2015). Penerapan media simulasi menggunakan phet (physics education and technology) terhadap hasil belajar fisika peserta didik Kelas x sma muhammadiyah limbung. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 74-82.
Mølstad, C. E., & Karseth, B. (2016). National curricula in Norway and Finland: The role of learning outcomes. European educational research journal, 15(3), 329-344. https://doi.org/10.1177/1474904116639311
Hadiyanti, D. R., Mahardika, I. K., & Astutik, S. (2018). Efektivitas model pbl berbantuan simulasi phet untuk meningkatkan kemampuan representasi matematik siswa SMA. Fkip E-Proceeding, 3(2), 119-124.
Hastuti, N. (2016). George Terry, Prinsip – prinsip manajemen , (Jakarta : Bumi Aksara, 1996), hal 131 13. NLD Hastuti, 13–53.
Hikma, N., & Ili, L. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Phet Simulation Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 19-28. https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i1.5
Maliki, S. M. (2021). Developpement Commercial Et Digitalisation: Etude De Cas D’une Banque Privee En Algerie. Revue Française d'Economie et de Gestion, 2(3).
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 1(1), 128.
Prihartanta, W., Perpustakaan, J. I., & Komunikasi, D. (2015). Teori-teori motivasi. Jurnal Adabiya, 1(83), 1-14.
Putra, R. R. C., & Sugihartono, T. (2019). Penerapan Algoritma Fisher-Yates Shuffle pada Computer Based Test Ujian Sekolah di SMKN 1 Payung. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, 18(2), 276-283.
Rohman, A. A., & Karimah, S. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa kelas XI. At-Taqaddum, 95-108. https://doi.org/10.21580/at.v10i1.2651
Saputra, R., Susilawati, S., & Verawati, N. N. S. P. (2020). Pengaruh penggunaan media simulasi phet (physics education technology) terhadap hasil belajar fisika. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 110-115. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1459
Sirait, S. H., Ginting, J. P. B., & Sembiring, S. B. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Phet Terhadap Hasil Belajar Materi Pecahan Siswa SD 056604 Purwobinangun. Jurnal Curere, 7(2), 38-43. http://dx.doi.org/10.36764/jc.v7i2.1213
Subiki, S., Hamidy, A. N., Istighfarini, E. T., Suharsono, F. Y. H., & Putri, S. F. D. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Plus Sukowono Materi Usaha dan Energi Tahun Pelajaran 2021/2022. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 8(2), 200-204. https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.9586
Sundayana, R. (2016). Kaitan antara gaya belajar, kemandirian belajar, dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dalam pelajaran matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75-84.
Trisnawati, W. W., & Sari, A. K. (2019). Integrasi keterampilan abad 21 dalam modul sociolinguistics: Keterampilan 4c (collaboration, communication, critical thinking, dan creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455-466. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.179
Warti, E. (2018). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 123–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.273
Hidayatulloh, T., Winardi, A., Yusuf, L., Suhada, S., & Bahri, S. (2021). Feasibility Test Of Poor Rice Recipients In Bencoy Sukabumi Village Using Naive Bayes. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 17(1), 93-98. https://doi.org/10.33480/pilar.v17i1.2227
Wulan, A. R. (2010). Taksonomi Bloom-Revisi Taksonomi Bloom. Jurnal, 9.
Yuafi, M. E. D. (2015). Pengaruh penerapan media pembelajaran PhET (Physics Education Technology) simulation terhadap hasil belajar siswa Kelas X TITL pada standar kompetensi mengaplikasikan rangkaian listrik di SMKN 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2).
Zahara, S. R., Yusrizal, Y., & Rahwanto, A. (2015). Pengaruh penggunaan media komputer berbasis simulasi physics education technology (PhET) terhadap hasil belajar dan keterampilan berfikir kritis siswa pada materi fluida statis. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 3(1), 251-258.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Supriyadi Supriyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.