Strategi Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif pada Pembelajaran IPAS di MI Miftahul Ulum Serpong Utara

Authors

  • Nesya Amanda Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ratna Sari Dewi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ahmad Syachruroji Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5978

Keywords:

Strategi, Keterampilan Komunikasi, Model Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran IPAS, Kualitatif

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak peserta didik yang memiliki keterampilan komunikasi rendah akibat pembelajaran yang kurang efektif, rendahnya kepercayaan diri, dan minimnya kesempatan berkomunikasi aktif di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran IPAS dengan fokus pada beberapa tipe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan guru dalam pembelajaran kooperatif dilakukan secara terstruktur dengan menyusun tujuan pembelajaran berdasarkan ATP dan Platform Merdeka Mengajar, memilih materi sesuai tingkat kesulitan, menentukan media/sumber belajar, menyusun asesmen secara individu maupun kelompok, serta membuat modul ajar pembelajaran kooperatif dengan memanfaatkan platform BuGuruRia dan media sosial, 2) strategi pelaksanaan pembelajaran kooperatif diterapkan melalui lima tipe pembelajaran kooperatif, yaitu Group Investigation (GI), Co-op Co-op, Student Teams Achievement Division (STAD), Team Game Tournament (TGT), dan Jigsaw, yang meliputi langkah-langkah penyampaian tujuan pembelajaran, pembentukan kelompok heterogen, pemberian tugas kelompok, membimbing diskusi dan presentasi, memfasilitasi tanya-jawab antar kelompok, serta pemberian penghargaan individu dan kelompok, 3) keterampilan komunikasi lisan dan tulisan peserta didik meningkat secara positif melalui diskusi, presentasi, dan kerja tim dalam pembelajaran kooperatif. Peserta didik mampu menyampaikan pendapat, bertanya, menjawab, dan menyajikan informasi dengan logis dan jelas, mampu menggunakan grafik/tabel dan menyampaikan laporan secara sistematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmal, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Pada Pembelajaran IPS SD. Urnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 228-235.

Alfiyanti, D. G., & Erita, Y. (2023). Peningkatan Proses Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila (Pp) Pada Kurikulum Merdeka Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (Nht) Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1489–1504. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.824

Ananda, R., & Amiruddin, A. (2019). Perencanaan pembelajaran.

Apriani , T., & Rahayu, P. Y. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 2(2), 44–51. https://doi.org/10.54065/pelita.2.2.2022.100

Chusna, I. F., Aini, I. N., Putri, K. A., & Elisa, M. C. (2024). Literatur Review: Urgensi Keterampilan Abad 21 Pada Peserta Didik. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(4), 1. https://doi.org/10.17977/um065.v4.i4.2024.1

Dewi, A. A. I. K. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio Visual. Mimbar Ilmu, 25(3), 449–459. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.26388

Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (JPPGI), 1(1), 28–42. https://doi.org/10.30598/jppgivol1issue1page28-42

Hajron, K. H. (2024). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Lisan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 403–409. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1336

Hambali, U. N., Natsir, R. Y., & Nasir, N. (2023). Tinjauan Literatur tentang Integrasi Teknologi dalam ProsesPembelajaranKeterampilan Bahasa Inggris. Jurnal Dieksis ID, 3(2), 128–141. https://doi.org/10.54065/dieksis.3.2.2023.346

Hariko, R. (2017). Landasan Filosofis Keterampilan Komunikasi Konseling. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 41–49. https://doi.org/10.17977/um001v2i22017p041

Hayati, M. T. (2021). Learning Natural Science Materials Of Light Through Cooperative Learning Model Class IV SDN Tiyaran 02. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 411. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.53376

Haziratul, H. Q., Yantoro, Y., & Risdalina, R. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 273-283. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.16934

Kusmayadi, M. A., Makki, M., & Syazali, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 255–258.

Magdalena, I., Handayani, S. S., & Putri, A. A. (2021). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Berbicara Siswa di SDN Kosambi 06 Pagi Jakarta Barat. NUSANTARA, 3(1), 107–116. https://doi.org/10.36088/nusantara.v3i1.1281

Maulida, N., Sa’adah, S., & Ukit, U. (2021). Peningkatan Keterampilan Berkomunikasi Siswa Melalui Pembelajaran Berorientasi TPACK Dengan Blended Learning Pada Materi Sistem Gerak. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 11(2), 79–87. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v11i2.14313

Mollah, M. K. (2019). Kepercayaan diri dalam peningkatan keterampilan komunikasi. El-Banat: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 9(1), 1-20. https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.1.1-20

Nurmahwati, N., & Rahmawati, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CO-OP CO-OP terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Minasate’ne Kab. Pangkep. Equals, 3(1), 41–49. https://doi.org/10.46918/eq.v3i1.575

Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548

Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Jaunda, J. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41.

Saputri, D. Y., Rukayah, R., & Wardana, I. G. A. S. (2024). Penerapan Team Game Turnament (TGT) berbantuan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi di Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3). https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91615

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. AS-SABIQUN, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611

Suartina, G. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Co–Op Co-Op untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Yadnya Secara Online. Journal of Education Action Research, 5(2). https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33144

Sumertha, I. G. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 195-202. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17908

Syahputra, W. F., & Novrianti, N. (2022). Pengembangan Podcast Sebagai Media Pembelajaran Siswa SMA pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jurnal Literasi Digital, 2(1), 36–45. https://doi.org/10.54065/jld.2.1.2022.113

Tembang, Y., Harmawati, D., & Rahajaan, J. P. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 230. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17643

Published

2025-06-30

How to Cite

Amanda, N., Dewi, R. S., & Syachruroji, A. (2025). Strategi Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif pada Pembelajaran IPAS di MI Miftahul Ulum Serpong Utara. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 801–816. https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5978

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.