Strategi Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif pada Pembelajaran IPAS di MI Miftahul Ulum Serpong Utara
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5978Keywords:
Strategi, Keterampilan Komunikasi, Model Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran IPAS, KualitatifAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak peserta didik yang memiliki keterampilan komunikasi rendah akibat pembelajaran yang kurang efektif, rendahnya kepercayaan diri, dan minimnya kesempatan berkomunikasi aktif di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran IPAS dengan fokus pada beberapa tipe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan guru dalam pembelajaran kooperatif dilakukan secara terstruktur dengan menyusun tujuan pembelajaran berdasarkan ATP dan Platform Merdeka Mengajar, memilih materi sesuai tingkat kesulitan, menentukan media/sumber belajar, menyusun asesmen secara individu maupun kelompok, serta membuat modul ajar pembelajaran kooperatif dengan memanfaatkan platform BuGuruRia dan media sosial, 2) strategi pelaksanaan pembelajaran kooperatif diterapkan melalui lima tipe pembelajaran kooperatif, yaitu Group Investigation (GI), Co-op Co-op, Student Teams Achievement Division (STAD), Team Game Tournament (TGT), dan Jigsaw, yang meliputi langkah-langkah penyampaian tujuan pembelajaran, pembentukan kelompok heterogen, pemberian tugas kelompok, membimbing diskusi dan presentasi, memfasilitasi tanya-jawab antar kelompok, serta pemberian penghargaan individu dan kelompok, 3) keterampilan komunikasi lisan dan tulisan peserta didik meningkat secara positif melalui diskusi, presentasi, dan kerja tim dalam pembelajaran kooperatif. Peserta didik mampu menyampaikan pendapat, bertanya, menjawab, dan menyajikan informasi dengan logis dan jelas, mampu menggunakan grafik/tabel dan menyampaikan laporan secara sistematis.
Downloads
References
Akmal, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Pada Pembelajaran IPS SD. Urnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 228-235.
Alfiyanti, D. G., & Erita, Y. (2023). Peningkatan Proses Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila (Pp) Pada Kurikulum Merdeka Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (Nht) Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1489–1504. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.824
Ananda, R., & Amiruddin, A. (2019). Perencanaan pembelajaran.
Apriani , T., & Rahayu, P. Y. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 2(2), 44–51. https://doi.org/10.54065/pelita.2.2.2022.100
Chusna, I. F., Aini, I. N., Putri, K. A., & Elisa, M. C. (2024). Literatur Review: Urgensi Keterampilan Abad 21 Pada Peserta Didik. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(4), 1. https://doi.org/10.17977/um065.v4.i4.2024.1
Dewi, A. A. I. K. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio Visual. Mimbar Ilmu, 25(3), 449–459. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.26388
Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (JPPGI), 1(1), 28–42. https://doi.org/10.30598/jppgivol1issue1page28-42
Hajron, K. H. (2024). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Lisan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 403–409. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1336
Hambali, U. N., Natsir, R. Y., & Nasir, N. (2023). Tinjauan Literatur tentang Integrasi Teknologi dalam ProsesPembelajaranKeterampilan Bahasa Inggris. Jurnal Dieksis ID, 3(2), 128–141. https://doi.org/10.54065/dieksis.3.2.2023.346
Hariko, R. (2017). Landasan Filosofis Keterampilan Komunikasi Konseling. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 41–49. https://doi.org/10.17977/um001v2i22017p041
Hayati, M. T. (2021). Learning Natural Science Materials Of Light Through Cooperative Learning Model Class IV SDN Tiyaran 02. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 411. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.53376
Haziratul, H. Q., Yantoro, Y., & Risdalina, R. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 273-283. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.16934
Kusmayadi, M. A., Makki, M., & Syazali, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 255–258.
Magdalena, I., Handayani, S. S., & Putri, A. A. (2021). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Berbicara Siswa di SDN Kosambi 06 Pagi Jakarta Barat. NUSANTARA, 3(1), 107–116. https://doi.org/10.36088/nusantara.v3i1.1281
Maulida, N., Sa’adah, S., & Ukit, U. (2021). Peningkatan Keterampilan Berkomunikasi Siswa Melalui Pembelajaran Berorientasi TPACK Dengan Blended Learning Pada Materi Sistem Gerak. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 11(2), 79–87. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v11i2.14313
Mollah, M. K. (2019). Kepercayaan diri dalam peningkatan keterampilan komunikasi. El-Banat: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 9(1), 1-20. https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.1.1-20
Nurmahwati, N., & Rahmawati, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CO-OP CO-OP terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Minasate’ne Kab. Pangkep. Equals, 3(1), 41–49. https://doi.org/10.46918/eq.v3i1.575
Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548
Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Jaunda, J. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41.
Saputri, D. Y., Rukayah, R., & Wardana, I. G. A. S. (2024). Penerapan Team Game Turnament (TGT) berbantuan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi di Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3). https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91615
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. AS-SABIQUN, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611
Suartina, G. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Co–Op Co-Op untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Yadnya Secara Online. Journal of Education Action Research, 5(2). https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33144
Sumertha, I. G. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 195-202. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17908
Syahputra, W. F., & Novrianti, N. (2022). Pengembangan Podcast Sebagai Media Pembelajaran Siswa SMA pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jurnal Literasi Digital, 2(1), 36–45. https://doi.org/10.54065/jld.2.1.2022.113
Tembang, Y., Harmawati, D., & Rahajaan, J. P. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 230. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17643
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nesya Amanda, Ratna Sari Dewi, Ahmad Syachruroji

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.