Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Kerja Kelompok pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SDN 33 Cece

Authors

  • Ardiyanti Suherman Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Muhammad Idham Khalid Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Aminullah Aminullah Universitas Muhammadiyah Enrekang

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5660

Keywords:

Meningkatkan, Motivasi Belajar, Kerja Kelompok, Pendidikan Pancasila, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada rendahnya motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila, yang berdampak pada kurangnya keterlibatan aktif dan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai dasar kebangsaan, sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih partisipatif dan kolaboratif untuk mengatasi permasalahan tersebut secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui penerapan metode kerja kelompok pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian tindakan kelas (PTK) dipilih sebagai metodologi penelitian dengan dua siklus, di mana setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 15 siswa kelas V SDN 33 Cece yang dipilih berdasarkan kriteria motivasi belajar rendah. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan evaluasi, serta dianalisis dengan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa dari Siklus I ke Siklus II. Hasil pada Siklus I, persentase siswa dengan motivasi sangat baik hanya 13,33%, skala baik 46,66%, skala cukup 40%, dan skala kurang 0%. Siklus II terjadi peningkatan dengan 80% siswa berada pada skala sangat baik, 20% pada skala baik, dan 0% pada skala cukup dan kurang. Ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Pancasila juga meningkat dengan 93,33% siswa berada pada skala sangat baik. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode kerja kelompok dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila terbukti efektif meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirudin, A., Supriyatin, S., Dewi, S., & Ismeliantika, Y. (2021). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Kelompok Belajar. Eduprof: Islamic Education Journal, 3(1), 1-13. https://doi.org/10.47453/eduprof.v3i%601.82

De Backer, L., Van Keer, H., & Valcke, M. (2021). Examining the relation between students’ active engagement in shared metacognitive regulation and individual learner characteristics. International Journal of Educational Research, 110, 101892. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2021.101892

Dewi, K. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Metode Kerja Kelompok di SMP Negeri 3 Palembang. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(3). https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i3.1432

Mohtar, I. (2019). Hubungan antara motivasi kerja dan pengalaman kerja dengan kinerja guru madrasah. Uwais Inspirasi Indonesia.

Muhamad, N., & Ricky, H. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Kerja Kelompok Pada Pelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(2), 519-527. https://doi.org/10.52434/jp.v15i2.1392

Musdalifah, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(1), 47-66. https://doi.org/10.56436/mijose.v2i1.221

Nanda, I. (2021). Pengertian Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif, 1, A1-dq.

Ningsih, S., & Jailani, M. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Kerja Kelompok Kelas VII pada SMP PGRI Tumbang Mirah Kecamatan Katingan Tengah: Efforts to Improve Learning Outcomes of Ips Students Through the Application of Working Methods of Class VII Groups in the Tumbang Mirah Middle School PGRI in Central Katingan District. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 1-5. https://doi.org/10.33084/neraca.v4i2.698

Nurhayati, R. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Undang–Undang No, 20 Tahun 2003 Dan Sistem Pendidikan Islam. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 57-87. https://doi.org/10.31943/afkar_journal.v3i2.123

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49-60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Puspitasari, J. (2022). Penerapan Teknik Dramatisasi Melalui Media Cerita Bergambar dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas I SDN Kajang Sawahan . Jurnal Dieksis ID, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.54065/dieksis.2.1.2022.194

Rahmandani, F., Hamzah, M. R., Handayani, T., & Fatimah, S. (2024). Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Peningkatan Keaktifan dan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SMAN 2 Batu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 1016-1027. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.674

Riady, A. (2021). Pendidikan Berkualitas di Era Digital: (Fokus: Aplikasi Sebagai Media Pembelajaran). Jurnal Literasi Digital, 1(2), 70–80. https://doi.org/10.54065/jld.1.2.2021.15

Sumatraputra, A. N., Tapanuli, F. M., & Maringgita, I. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Interaktif Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Literasi Digital, 3(3), 160–170. https://doi.org/10.54065/jld.3.3.2023.599

Susanti, D., & Mitaru, I. H. (2022). Pengaruh Metode Kerja Kelompok Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Fiqh. Ambarsa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 38-53. https://doi.org/10.59106/abs.v2i1.50

Sutri, R. (2018). Metode Pembelajaran Matematika Dan Ips Dengan Penemuan Kembali Dan Pengamatan Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. SUARA GURU, 4(1), 7-12. http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i1.5482

Tahir, L. D. (2019). Meningkatkan interaksi sosial anak melalui metode kerja kelompok. ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal), 2(3). https://doi.org/10.31934/eceij.v2i3.998

Widiarsa, I. N. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa melalui metode diskusi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 234-253. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.37

Wilkinson, I. A., Reznitskaya, A., & D'Agostino, J. V. (2023). Professional development in classroom discussion to improve argumentation: Teacher and student outcomes. Learning and Instruction, 85, 101732. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2023.101732

Zahir, A., & Supriadi, S. (2023). Refleksi Akhir Tahun Menggunakan Model 4F Berbasis Data Rapor Pendidikan Sekolah Penggerak. Jurnal Literasi Digital, 3(2), 51–63. https://doi.org/10.54065/jld.3.2.2023.278

Published

2025-05-31

How to Cite

Suherman, A., Khalid, M. I., & Aminullah, A. (2025). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Kerja Kelompok pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SDN 33 Cece. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 513–524. https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5660

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.