Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif terhadap Retensi Siswa UPT SD Negeri Sinar Mulyo
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5598Keywords:
Media Pembelajaran, Interaktif, Retensi Siswa, Kartu Edukatif, Pendidikan DasarAbstract
Urgensi dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan retensi siswa sekolah dasar dalam memahami materi pelajaran, khususnya tema Be on Time, sehingga perlunya inovasi media pembelajaran yang interaktif dan sesuai dengan karakteristik anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran interaktif berupa kartu edukatif terhadap kemampuan retensi siswa kelas IV di UPT SD Negeri Sinar Mulyo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental tipe One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian sebanyak 23 siswa kelas IV diambil menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu seluruh populasi dijadikan sampel karena jumlahnya terbatas. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pre-test sebesar 52,96 meningkat menjadi 81,52 pada post-test, dengan selisih 28,57 poin. Data berdistribusi normal, ditunjukkan oleh nilai signifikansi pretest (0,922) dan posttest (0,994). Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi (2-tailed) < 0,001, yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan penggunaan kartu edukatif terhadap retensi siswa. Hasil temuan ini menyimpulkan bahwa media kartu edukatif efektif dalam meningkatkan kemampuan retensi siswa dalam memahami materi. Penggunaan media ini direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran alternatif di sekolah dasar
Downloads
References
Adella, M., & Lestari, M. R. D. W. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard Terhadap Kemampuan Anak Disleksia di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(3), 995-1003. http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3564
Akbar, M. R., Hanafi, S. H., Widayati, U., & Ramli, R. (2024). Kelayakan Media Pembelajaran Flashcard Interaktif dalam Pemanfaatannya pada Pembelajaran yang Berintegrasi pada Budaya Lokal (Leksikon Kuliner Bima). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), 1405-1417. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i4.781
Akramunnisa, A., Prasti, D., & Dodi, D. (2023). Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Macromedia Flash Untuk Siswa Kelas X SMAN 19 Luwu . Jurnal Literasi Digital, 3(2), 75–81. https://doi.org/10.54065/jld.3.2.2023.222
Cahyaningtias, V. P., & Ridwan, M. (2022). Efektivitas penerapan media pembelajaran interaktif terhadap motivasi. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2), 55-62. http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v4i2.5727
Giwangsa, S. F. (2021). Pengembangan media kartu kuartet pada pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal penelitian pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i1.3992
Hardina, R. (2024). Permainan Edukatif Berbasis Kartu dalam Meningkatkan Minat Belajar IPS Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 2(2), 67-76. https://doi.org/10.61650/jptk.v2i2.260
Hasan, H., Rusdin, R., Idhar, I., Jamaah, J., & Nurhayati, N. (2024). Analisis Kebutuhan Peserta Didik terhadap Media Flashcard Edukatif Berbasis Budaya Lokal. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(2), 191-196. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i2.435
Hermawan, A. D. (2015). Pengembangan Kartu Permainan Edukatif Untuk Pengetahuan Cabang-Cabang Olahraga. Journal of Sport Science and Fitness, 4(2). https://doi.org/10.15294/jssf.v4i2.6289
Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12-19. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24981
Kuantitatif, P. P. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Munafiah, N. U., Uminar, A. N., Pralikha, T. P., & Munir, M. (2025). Implementasi Alat Permainan Edukatif Melalui Media Kartu Angka dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Quantum Edukatif: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(1), 11-17.
Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan metode multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2), 121-126. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.139
Nisak, S., & Arifin, Z. (2024). Pengaruh Media Permainan Menyusun Kata Pada Kartu Gambar Terhadap Kemampuan Literasi dan Kemandirian Siswa Kelas II SD Negeri Pesanggrahan 1 Kwanyar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 2109-2114. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2338
Ramadhani, N., Ulya, W. J., Nustradamus, S. B., Fakhriyah, F., & Ismaya, E. A. (2023). Sistematic literature riview: peran media pembelajaran interaktif dan konvensional pada proses pembelajaran di sekolah dasar. Student Scientific Creativity Journal, 1(5), 99-114. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i5.1941
Ramadhani, U. H., & Arifin, M. B. U. B. (2024). Augmented Reality Flashcards for Arabic Vocabulary Learning. Indonesian Journal of Islamic Studies, 12(2). https://doi.org/10.21070/ijis.v12i2.1756
Royani, A., & Muafia, E. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pembelajaran Interaktif pada Materi Huruf Hijaiyah Bersambung dan Harakat di Kelas II SD Negeri 1 Plalangan Situbondo. Journal of Pedagogical and Teacher Professional Development, 1(1), 160-169. https://doi.org/10.35719/jptpd.v1i1.29
Rusdi, M. I., Prasti, D., & Rasyid, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman IPA Kelas VII SMPN 3 Bone-Bone. Jurnal Literasi Digital, 2(3), 168–175. https://doi.org/10.54065/jld.2.3.2022.223
Rusmaidah, R., Masyfufah, S., & Juniarti, J. (2025). Implementasi media pembelajaran alat permainan edukatif (APE) kartu angka untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Jelatik: Jurnal Lentera Pendidikan Islam, 1(1), 1-15.
Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web articulate storyline pada pembelajaran IPA di kelas V sekolah dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237-253. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1109
Susantini, N. L. P., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Media Flashcard Berbasis Multimedia Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 439-448. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37606
Syukri, S., & Humaera, I. (2019). Gaining Motivation on English Learning for Special Need Students Using Flashcards, Foldable Books and Posters in EFL Context. Langkawi: Journal of The Association for Arabic and English, 5(2), 91-101. https://doi.org/10.31332/lkw.v5i2.1303
Utami, A. N., Syarifuddin, F., Humairoh, S. A. F., Sahidi, S. N., Nafiah, T., & Nurrohim, A. (2025). The Effectiveness of Flashcard Media as a Hijaiyah Script Learning Media at TPQ Shaqul Al Husna in Indonesia. Solo Universal Journal of Islamic Education and Multiculturalism, 3(01), 57-66. https://doi.org/10.61455/sujiem.v3i01.249
Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635-3645. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10066
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.