Penerapan Strategi The Power of Two melalui Media Roda Putar untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik Materi Salat Kelas IV di SDN 364 Labokke Puty

Authors

  • Muhammad Agil Amin Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Ilham Ilham Institut Agama Islam Negeri Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5576

Keywords:

Penerapan Strategi, The Power of Two, Media Pembelajaran, Roda Putar, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini memiliki urgensi yang tinggi karena rendahnya minat belajar peserta didik terhadap materi salat, yang berdampak pada kurangnya pemahaman dan pengamalan salat dalam kehidupan sehari-hari, sehingga diperlukan pendekatan yang lebih inovatif untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran agama, khususnya salat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi the power of two melalui media roda putar untuk meningkatkan minat belajar pada materi salat kelas IV SDN 364 Labokke Puty. Jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dua sikus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN 364 Labokke Puty. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti berupa observasi dan angket. Data yang dikumpul akan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi ini efektif meningkatkan minat belajar peserta didik. Pada siklus I, dari 22 peserta didik, hanya 5 peserta didik (22,73%) yang menunjukkan peningkatan minat belajar, sementara 17 siswa lainnya (77,27%) belum meningkat. Namun, pada siklus II, minat belajar peserta didik meningkat secara jelas hingga mencapai 100%. Rata-rata minat belajar juga mengalami kenaikan, dari 68,18% pada siklus I menjadi 89% pada siklus II. Strategi The Power of Two dengan media roda putar terbukti berhasil menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif, meningkatkan perhatian, partisipasi, serta perasaan peserta didik dalam proses pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, M. A. (2022). Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Religiusitas Peserta Didik di MTs Al-Muhaimin Palopo. INCARE, International Journal of Educational Resources, 3(4), 400-408. https://doi.org/10.59689/incare.v3i4.502

Amin, M. A. (2022). Penggunaan Media Kartu Pembelajaran dalam Menemukan Isi Kandungan QS. Al-Ikhlas (112): 1-4. INCARE, International Journal of Educational Resources, 3(4), 365-375. https://doi.org/10.59689/incare.v3i4.501

Arifin, M. Z., & Sofa, A. R. (2025). Pengaruh shalat lima waktu terhadap disiplin dan kualitas hidup. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(1), 70-78. https://doi.org/10.55606/lencana.v3i1.4458

Budiman, S. H., Setiawan, C., & Yumna, Y. (2022). Konsep terapi salat menurut perspektif Moh. Ali Aziz. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 2(3), 648-665. https://doi.org/10.15575/jpiu.16827

Dewi, E. (2019). Potret pendidikan di era globalisasi teknosentrisme dan proses dehumanisasi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 93-116. https://doi.org/10.32533/03105.2019

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 01-17. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.938

Fitrianto, Y., Rustan, E., & Takwim, M. (2022). Minat kunjung pembaca ditinjau dari desain interior dan koleksi buku di Perpustakaan IAIN Palopo. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 8(1), 13-24. https://doi.org/10.14710/lenpust.v8i1.38306

Hadi, M. N., Inganah, S., & Lutifati, E. (2022). Efektivitas metode the power of two Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SDN lemahbang II sukorejo. Jurnal Mu'allim, 4(2). https://doi.org/10.35891/muallim.v4i2.3101

Hamzah, H., Utami, L. S., & Zulkarnain, Z. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Roda Putar Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 5(2), 77-81. https://doi.org/10.31764/orbita.v5i2.1192

Hasriadi, H., Ihsan, M., Arifuddin, A., Yamin, M., Al-Hamdany, M. Z., & Putri, D. M. (2023). Media pembelajaran inovatif berbasis lingkungan pembelajaran pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren Pengkendekan Luwu Utara. Madaniya, 4(2), 531-539. https://doi.org/10.53696/27214834.426

Hasyim, H., Wulandari, S., & Syahputra, E. (2024). Penerapan model pembelajaran the power of two untuk meningkatkan minat dan hasil belajar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(2), 131-137. https://doi.org/10.29210/1202424693

Hidayat, A., Sa'diyah, M., & Lisnawati, S. (2020). Metode pembelajaran aktif dan kreatif pada madrasah diniyah takmiliyah di kota bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 71-86. https://doi.org/10.30868/ei.v9i01.639

Kartini, K., Syamsuddin, N., Mustafa, M., Pamessangi, A. A., Nurmiati, N., Sukirman, S., ... & Chaeril, M. (2022). Pelatihan Penerapan Media Inovatif Dalam Pembelajaran di Pondok Pesantren Putra Dato Sulaeman. Madaniya, 3(4), 737-744. https://doi.org/10.53696/27214834.272

Mariana, N., Relita, D. T., & Marganingsih, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp Panca Setya 1 Sintang. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 9(1), 99-109. https://doi.org/10.31932/jpe.v9i1.3302

Marwiyah, S., & Alauddin, A. (2023). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 8(2), 233-248. https://doi.org/10.24256/kelola.v8i2.4153

Meinhardi, A. (2022). Implementasi model pembelajaran discovery learning guna meningkatkan minat belajar pada pelajaran penjasorkes peserta didik kelas XI IPA 1 di MAN 2 Kota Padang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(14), 471-480. https://doi.org/10.5281/zenodo.7016081

Mutahar, L. F., & Abdullah, A. (2024). Metode Dakwah Ustadz Evri Heika Tentang Hikmah Salat Pada Pengajian Masjid Al-Musannif Al-Amin Kecamatan Sunggal. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 7(3), 624-636. https://doi.org/10.31538/almada.v7i3.5137

Najiah, N. F., Fakhrunnisaa, N., & Assafari, A. F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Berbasis Web Kelas XIPA di SMAN 1 Enrekang. ISLAMIKA, 6(3), 699-711. https://doi.org/10.36088/islamika.v6i3.4632

Nurhayati, A. (2023). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran the Power of Two. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1386-1392. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1688

Rahmajati, D. A. R., & Dewi, K. K. (2024). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Kelas VII F di SMP Negeri 11 Surakarta. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 84-91.https://doi.org/10.20961/inkuiri.v13i1.78714

Rahman, U., & Rahma, N. (2021). Pengamalan Nilai Tauhid Uluhiyah Dalam Ibadah Salat Pada Remaja. Jurnal Sipakalebbi, 5(1), 1-17. https://doi.org/10.24252/jsipakallebbi.v5i1.20313

Rani, H. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran SKI Melalui Model Pembelajaran The Power Of Two. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(1), 35-44. https://doi.org/10.58230/27454312.78

Rusdiyawanti, N., Hikmah, N., Azmi, S., & Hayati, L. (2021). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe the power of two terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 3 Mataram. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 232-238. https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.50

Selfara, T. S. R. A., Wijayanti, R., & Faulina, R. (2022). Pengaruh Model Quantum Learning Berbantu Media Roda Putar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(1), 80-88. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i1.5617

Simanjuntak, G. G., & Andayani, L. S. (2022). Efektivitas Permainan Roda Putar terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa Mengenai COVID-19 di SD Cahaya Pengharapan Abadi Deli Serdang. Perilaku dan Promosi Kesehatan: Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior, 4(1), 7. https://doi.org/10.47034/ppk.v4i1.5997

Veranda, W., & Yamin, M. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Mengembangkan Kompetensi Sikap Spiritual Dan Sikap Sosial Siswa. Indonesian Journal of Islamic Educational Review, 1(1), 15-21. https://doi.org/10.58230/ijier.v1i1.48

Zenni, N., & Arini, N. W. (2024). Pengembangan media pembelajaran roda putar pada materi cerita rakyat di kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 6(2), 265-274. https://doi.org/10.26555/jg.v6i2.11128

Published

2025-03-26

How to Cite

Amin, M. A., & Ilham, I. (2025). Penerapan Strategi The Power of Two melalui Media Roda Putar untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik Materi Salat Kelas IV di SDN 364 Labokke Puty. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 329–334. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5576

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.