Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw dan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Akrostik Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Putri Naila Nuril Mubin Universitas Muria Kudus
  • Erik Aditia Ismaya Universitas Muria Kudus
  • Lintang Kironoratri Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5511

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Media Kartu Bergambar, Keterampilan Menulis, Puisi Akrostik

Abstract

Akrostik menjadi salah satu komponen penting dalam pembelajaran yang dipercaya mampu membantu peserta didik dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi. Peserta didik SD cenderung mengalami kesulitan dalam menulis puisi, sehingga diperlukan model pembelajaran serta media yang dapat menarik keterampilan peserta didik dalam menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana efektivitas model jigsaw dan media kartu bergambar dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi akrostik peserta didik SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Penelitian dilakukan dalam 3 siklus dimana masing-masing siklus mencangkup 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi serta melibatkan 18 peserta didik kelas V SD 1 Wergu Kulon. Data yang dihasilkan diperoleh dari observasi, tes, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan keterampilan menulis puisi akrostik meningkat dari 70,3 (cukup terampil) pada siklus I menjadi 87,9 (sangat terampil) pada siklus II. Berdasarkan Indikator keberhasilan jika 75% peserta didik menunjukkan peningkatan keterampilan menulis dengan skor ≥71. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa model jigsaw dan media kartu bergambar dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi akrostik peserta didik SD

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alipah, S., & Putra, L. V. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran JIGSAW Berbantu Flashcard dengan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SDN 1 Wanglu. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 17(1), 81-89. https://doi.org/10.26877/mpp.v17i1.14612

Ardiyanti, H., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dengan Penerapan Model Stad (Student Team Achievement Division) Berbantuan Media Puzzle. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 29-33.

Aryani, V., Fajrie, N., & Kironoratri, L. (2023). Pengembangan media e-story book berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran dongeng sastra anak kelas III Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1939-1954. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7827

Cahyani, W. P., & Kironoratri, L. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Predict Observe Explain (Poe) Pada Siswa Kelas V Sd 7 Bulung Kulon. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6346-6358. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8856

Fatihatin, D. A., Fakhriyah, F., & Kironoratri, L. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Berbantuan Media Flipbook Padiku Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas V SD. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(2), 604-618. https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i2.3571

Handika, D., Santoso, S., & Ismaya, E. A. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning dan Problem Based Learnng Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1544-1550. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1449

Hartati, D. (2023). Peningkatan Kompetensi Menghafal Lambang Unsur Golongan A dan Golongan B Dalam Sistem Periodik Unsur (SPU) Melalui Teknik Puisi Akrostik Pada Kelas X-11 SMAN. Jurnal Profesi Keguruan, 9(3), 266-274.

Heriwan, D., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 673-680. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.416

Hikmawati, F., Fathurohman, I., & Ismaya, E. A. (2023). Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Parafrase Puisi Ke Prosa Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1), 10-17.

Joeniarni, L., & Mulyoto, M. (2022). Penerapan model pembelajaran Jigsaw dengan media kartu aksara untuk meningkatkan minat dan hasil belajar keterampilan menulis aksara Jawa. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 10(1), 72-80. https://doi.org/10.30738/wd.v10i1.3646

khasanah Khasanah, R., & Hadi, S. (2024). Implementasi Model Pembelajaran PBL Berbasis STEAM dengan bantuan media Quartet Card Inovation untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi pada pembelajaran IPA. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 4(2), 213-227. https://doi.org/10.21154/jtii.v4i2.3786

Kironoratri, L., Bakhruddin, A., Fardani, M. A., & Ardianti, S. D. (2023). “EMOPUAN” Berbasis Keunggulan Lokal Pati Untuk Menanamkan Pendidikan Karakter Sosial Anak Sekolah Dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 10(3), 788-803. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i3.849

Pratiwi, N., & Koeswanti, H. D. (2024). Penerapan Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 13060-13068. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.14343

Rahayu, S., Fajrie, N., & Kironoratri, L. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Cerita Perang Obor 3d Dalam Masalah Keterampilan Menulis Pada Kelas V SD 2 Karanggondang. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(4), 997-1011. https://doi.org/10.46773/muaddib.v6i4.1319

Sekarwangi, P. A., Cahyaningtyas, M. S., Fakhriyah, F., & Ismaya, E. A. (2024). Systematic Literature Review (SLR): Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Minat Belajar. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 5(1), 60-66. https://doi.org/10.30738/jipg.vol5.no1.a15563

Setiyana, T., Ismaya, E. A., & Ermawati, D. (2023). Media Kartu Dengan Kearifan Lokal Gusjigang Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SD. Educatio, 18(1), 118-128. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.9438

Suherman, A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Metode Akrostik (Penelitian Tindakan Kelas). Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 5(1), 33-48. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v5i1.1720

Sujarwo, T. N., Ismaya, E. A., & Ermawati, D. (2023). Penerapan Model Jigsaw Berbantuan Media Powtoon Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn Sidomulyo 1. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3203-3209. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8596

Yanti, C. H., Neisya, N., Aprilia, F., & Mayrita, H. (2023). Pengembangan Kemampuan Menulis Puisi Untuk Anak: Early Literacy. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma, 3(3), 187-193. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v3i3.2555

Zubaidillah, M. H., & Hasan, H. (2019). Pengaruh Media Kartu Bergambar (Flash Card) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(1), 41-56. http://dx.doi.org/10.35931/am.v2i1.90

Published

2025-03-26

How to Cite

Mubin, P. N. N., Ismaya, E. A., & Kironoratri, L. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw dan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Akrostik Peserta Didik Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 246–255. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5511

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.